myDeden.Kom

Pemulung yang Berusaha Memanfaatkan Limbah Sebaik Mungkin

E-Learning Dengan MOODLE Bag. 01

Posted by kang deden pada 12 Februari, 2007

Sebelum masuk ke perangkat pendukung e-learning, ada baiknya kita mengenal dulu istilah e-Learning, seperti kata pepatah “Tak Kenal Maka Tak Sayang” (Red. Deden)

Apa yang dimaksud dengan e-Learning ?

Pembelajaran elektronik atau e-Learning telah dimulai pada tahun 1970-an (Waller and Wilson, 2001). Berbagai istilah digunakan untuk mengemukakan pendapat/gagasan tentang pembelajaran elektronik, antara lain adalah: on-line learning, internet-enabled learning, virtual learning, atau web-based learning. Dalam kaitan ini, yang diperlukan adalah kejelasan tentang kegiatan belajar yang bagaimanakah yang dapat dikatakan sebagai e-Learning? Apakah seseorang yang menggunakan komputer dalam kegiatan belajarnya dan melakukan akses berbagai informasi (materi pembelajaran) dari Internet, dapat dikatakan telah melakukan e-Learning?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut di atas, ilustrasi berikut ini mungkin akan dapat membantu memperjelas pengertian tentang e-Learning (Newsletter of ODLQC, 2001).

Ada seseorang yang membawa laptop ke sebuah tempat yang berada jauh di gugusan kepulauan kecil yang terpencil. Dari tempat yang sangat terpencil ini, orang tersebut mulai menggunakan laptop-nya dan melakukan akses terhadap berbagai materi program pelatihan yang tersedia. Tidak ada layanan bantuan belajar dari tutor maupun dukungan layanan belajar bentuk lainnya. Dalam konteks ini, apakah orang tersebut dapat dikatakan telah melaksanakan e-learning? Jawabannya adalah TIDAK. Mengapa? Karena yang bersangkutan di dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukannya tidak memperoleh layanan bantuan belajar dari tutor maupun layanan bantuan belajar lainnya. Bagaimana kalau yang bersangkutan mempunyai telepon genggam dan kemudian berhasil menggunakannya untuk menghubungi seorang tutor? Apakah dalam konteks yang demikian ini dapat dikatakan bahwa yang bersangkutan telah melaksanakan e-Learning? Jawabannya adalah YA.

Dari ilustrasi tersebut di atas, setidak-tidaknya dapat ditarik 3 (tiga) hal penting sebagai persyaratan kegiatan belajar elektronik (e-Learning), yaitu:

(a) kegiatan pembelajaran dilakukan melalui pemanfaatan jaringan (“jaringan” dalam uraian ini dibatasi pada penggunaan internet. Jaringan dapat saja mencakup LAN atau WAN). (Website eLearners.com), (b) tersedianya dukungan layanan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh peserta belajar, misalnya CD-ROM, atau bahan cetak, dan (c) tersedianya dukungan layanan tutor yang dapat membantu peserta belajar apabila mengalami kesulitan.

Di samping ketiga persyaratan tersebut di atas masih dapat ditambahkan persyaratan lainnya, seperti adanya:

(a) lembaga yang menyelenggarakan/mengelola kegiatan e-Learning, (b) sikap positif dari peserta didik dan tenaga kependidikan terhadap teknologi komputer dan internet, (c) rancangan sistem pembelajaran yang dapat dipelajari/diketahui oleh setiap peserta belajar, (d) sistem evaluasi terhadap kemajuan atau perkembangan belajar peserta belajar, dan (e) mekanisme umpan balik yang dikembangkan oleh lembaga penyelenggara.

Dengan demikian, secara sederhana dapatlah dikatakan bahwa pembelajaran elektronik (e-Learning) merupakan kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan jaringan (Internet, LAN, WAN) sebagai metode penyampaian, interaksi, dan fasilitasi serta didukung oleh berbagai bentuk layanan belajar lainnya (Brown, 2000; Feasey, 2001). Dalam uraian lebih lanjut, istilah “e-Learning”, “online learning” atau “pembelajaran elektronik” akan digunakan secara bergantian namun tetap dengan pengertian yang sama seperti yang telah dikemukakan.

Seiring kemajuan teknologi dan perubahan trend serta gaya hidup manusia yang cenderung bergerak secara dinamis (mobile), kebutuhan akan proses belajar jarak jauh atau yang biasa disebut dengan teleedukasi semakin meningkat pula. E-learning sebagai salah satu bagian dari teleedukasi memberikan alternatif cara belajar baru dimana antara murid dan guru tidak berada dalam ruang dan waktu yang sama, meskipun demikian, proses belajar dan mengajar tetap dapat berjalan dalam lingkungan virtual oleh karena itu E-learning sering disebut juga dengan Virtual Learning Environment (VLE).

Pengertian Lebih Mendetail Mengenai e-Learning :
http://www.depdiknas.go.id/Jurnal/42/sudirman.htm
http://elcom.umy.ac.id/index.php?option=com_content&task=view&id=18&Itemid=43 

Moodle : Course Management System (CMS) – Tempat Belajar Dinamis dengan Menggunakan Model Berorientasi Objek

Mungkin sebelumnya anda sudah tahu dengan istilah CMS dengan aplikasi-aplikasinya seperti PHP Nuke, Post Nuke atau MamboServer, mungkin anda berpikiran singkatan diatas salah karena selama ini CMS yang kita kenal adalah singkatan dari Content Management System bukan Course Management System, namun tahukah anda CMS yang penulis maksudkan memang Course Management System yaitu suatu paket software yang didesain untuk membantu pendidik dalam membuat suatu kursus online yang berkualitas dengan mudah tanpa membangun dari awal, CMS yang dimaksud adalah paket software dengan nama Moodle, http://www.moodle.org yang dikembangkan oleh Martin Dougiamas.

Apa yang menjadi keunggulan dan yang kita dapatkan dari membangun E-Learning dengan menggunakan moodle:

  • Sederhana,efisien, ringan dan kompatibel dengan banyak browser

  • Mudah cara instalasinya serta mendukung banyak bahasa termasuk Indonesia

  • Tersedianya manajemen situs untuk pengaturan situs keseluruhan, mengubah theme, menambah module dan sebagainya.

  • Tersedianya manajemen pengguna

  • Manajemen kursus, penambahan jenis kursus, pengurangan atau pengubahan kursus

  • Modul Chat, modul pemilihan (polling), modul forum, modul untuk jurnal, modul untuk kuis, modul untuk survey dan workshop serta masih banyak yang lainnya

  • Free dan opensource software

Moodle Untuk Institusi Pendidikan

Sejalan dengan kebijakan pemerintah dengan IGOS-nya, moodle bersifat free dan opensource. Oleh karena itu moodle sesuai digunakan di lingkungan pendidikan. Disamping itu moodle bisa dimodifikasi dan disesuaikan dengan kultur yang ada di Indonesia. Moodle dapat di peroleh di http://moodle.org/download versi terbaru sampai tulisan ini dibuat adalah versi 1.7.1 sudah stabil sedangkan 1.8.1 belum stabil

Kebutuhan Untuk Instalasi Moodle

Moodle dikembangkan di lingkungan platform LAMP (Linux, Apache, MySQL dan PHP) namun telah dites juga dengan database PostgreSQL, lingkungan Windows XP dan Netware 6. Untuk menjalankan moodle di Linux diperlukan :

Webserver, kebanyakan Apache

PHP versi 4.1.0 keatas, dengan setting sebagai berikut:

  • dukungan terhadap pustaka GD diaktifkan, mendukung JPG dan PNG

  • dukungan terhadap pustaka zlib diaktifkan

  • dukungan terhadap session diaktifkan

  • dukungan terhadap upload file diaktifkan

  • dukungan terhadap Safe Mode harus dinonaktifkan

  • Database server, MySQL atau PotgreSQL, versi selanjutnya akan ditambah program databasenya.

Pengguna Moodle di Indonesia

Berikut ini adalah daftar institusi pengguna moodle yang terdaftar di situs moodle:

Mau Belajar atau Lihat-Lihat Moodle Bisa Di Klik Link Dibawah Ini :

http://www.drupalmalaysia.org/BELAJAR

 

 

Instalasi Moodle di OS Windows

Dasar teorinya adalah kita membuat localhost, kemudian kita menginstall program moodle pada localhost kita. Dengan demikian kita bisa belajar melakukan setting percobaan kita di komputer yang tidak terhubung ke internet.

Untuk praktek belajar bersama/simulasi belajar online kita bisa buat jaringan lokal dengan beberapa komputer, tidak mesti harus pakai server. salah satu komputer kita install moodle, yang bisa diakses melalui komputer lain dalam jaringan dengan internet explorer dengan mengetikkan alamat IP nya

Berikut langkah-langkahnya:

1. MEMBUAT LOCALHOST PADA KOMPUTER KITA
Download program freeware :
XAMPP Windows 1.5.4a dari alamat
http://www.apachefriends.org/en/xampp-windows.html#641

Kemudian install pada komputer kita dengan mendouble klik file download tersebut dan ikuti semua petunjuk instalasi sampai selesai.
Untuk mengecek apakah localhost kita sudah berjalan. Bukalah internet explorer dan ketikkan alamat berikut:
http://localhost/
Jika menampilkan halaman seperti halaman internet umumnya berarti instalasi sudah berhasil

2. MENGINSTALL MOODLE
Download moodle dari internet, (bisa moodle 1.5.4 atau lebih baru)
http://download.moodle.org/
kemudian ekstrak ke folder mana saja. Setelah itu hasil ekstrak dalam hal ini direktori moodle beserta isinya kita copy dan kemudian paste di direktory berikut:
C:\Program Files\xampp\htdocs
sehingga direktori moodle letaknya
C:\Program Files\xampp\htdocs\moodle
Sebelum instalasi anda bisa merubah nama direktori moodle dengan nama classroom atau lainnya, sehingga direktori moodle kita adalah
C:\Program Files\xampp\htdocs\classroom

Untuk instalasi moodle alamatkan internet explorer pada:
http://localhost/classroom

Selanjutnya lakukan instalasi Moodle seperti yang tertulis pada manual instalasi moodle

3. INSTALASI BAHASA INDONESIA

Download paket bahasa indonesia id_utf8.zip dari alamat berikut:
http://download.moodle.org/lang16/
Kemudian ekstrak paket tersebut pada suatu direktori yang kita tentukan dengan cara mendouble klik file
id_utf8.zip dan arahkan pada direktori yang kita inginkan agar mudah ditemukan.

Pada windowsXP anda dapat langsung mengunzip file tersebut dengan double klik. Pada windows98, anda harus menginstall aplikasi winzip terlebih dahulu yang dapat didownload dari alamat berikut http://www.download.com/3000-2250-10003164.html. Sedang untuk menginstallnya cukup dengan double klik file winzip100.exe hasil download tersebut.

Proses unzip file id_utf8.zip akan menghasilkan direktori id_utf8 yang berisikan beberapa file dan folder.

Jika anda baru akan menginstall moodle di komputer anda (local host/ internet) setelah extract file moodle dan sebelum proses instalasi moodle dilakukan, anda dapat mengcopy folder id_utf8

 

Sumber : Manual instalasi Moodle, FAQ Moodle di situs moodle, Pengalaman pribadi

Bersambung Ke Bagaimana mengoperasikan Moodle ..

About these ads

65 Tanggapan to “E-Learning Dengan MOODLE Bag. 01”

  1. Emm ini hal baru buat saya kang. saya baca dulu yah.

  2. kang deden said

    Ok .. pak, mudah-mudahan dapat bermanfaat .. saya lagi editing untuk bagaimana cara penggunaannya ..

  3. Gilbert,Dhany said

    ……..kang klo aplikasi tuk pendidikan pake moodle ada yang bisa di download gak ya aplikasinya+source codenya.. trus downloadnya dimana ya kang…. saya lagi buat TA nih kang bisa bantu nggak???

  4. caraka said

    thank’s infonya sayang langkah installasi modlenya gak bisa tak copy

  5. irfan said

    saya sedang membuat elearning untuk kampus saya menggunakan moodle, saya mau tanya pada role nya terdapat “course creator” dan “techer”; bedanya apa ya, dari segi hak akses? kemudian dosen atau pengajar dimasukkan ke kategori yang mana? terimakasih banyak

  6. andreas aritnoko said

    masih bingung struktur nya nih..saya ingin mengaplikasikan di sekolahan dari sd smp smu..ada yang bisa bantu?

  7. cnied said

    kebetulan lagi butuh sekali segala hal tntg moodle
    makasih bnyk yah…

  8. Asep Parid Soleh said

    Tolong dong kasih tahu saya, bagaimana cara menginstall moodle di LAN? dan bagaimana supaya hasilnya bisa diakses oleh client? yang lengkap ya….? Soalnya saya pernah menginstal moodle tsb., tapi gak bisa diakses oleh client….?

  9. putra said

    Saya tertarik belajar moodle. saya mau tanya tentang versi moodle yang stabil dan dapat di download dimana??

  10. aris said

    kang situs apa yang cocok untuk moodle di indonesia, dan caranya gimana tolong donk

  11. niez said

    hatur nuhun kang, btw, sy mau tanya kalo di indo udah ada yg mengadaptasi moodle for mobile ga yah..??nuhun..

  12. hendra said

    mas..saya sudah membuat elearning menggunakan moodle,
    ketika saya buat ip komputer saya adalah 192.168.1.25,
    setelah selesai jalan dengan mulus….
    tapi setelah saya pindahkan ke komputer lain yang memiliki ip address yang berbeda malah gambarnya ga muncul..lalu saya lihat properties gambar tersebu..ternyata path filenya masih mengarah ke komputer yang awal dibikin…
    yang saya tanyakan gimana supaya ip address nya bisa cocok kesemua komputer ??dalam arti kata saya tidak perlu lagi setting path file gambarnya lagi..

    thx banget mas..

    mohon di jawab ya bagi teman2 yang tahu
    saya butuh banget ..

    terima kasih

  13. helos said

    halo mas
    saya mau tanya gimana cara nginstall moodle di linux?, saya sudah pernah nyoba tapi kok gak pernah berhasil, mungkin mas punya cara yang lain.

    trims……..

  14. dippo said

    wah baru tahu nih ada cms e-learning yang siap pakai, bagus.

  15. nurdin said

    mau tanya gimana upload moodel ke internet/webhosting

  16. Freedytat said

    Sounds intersting.. I like to show off my historic escape Sorry, for off top, i wanna tell one joke) Why did Willie Nelson get hit by a car? He was playing on the road again.

  17. Sajo said

    mas, artikelnya saya kutip !
    my blog

  18. aldacipta said

    ada ga ya web e-learning dimana kita bisa register dan log in sebagai administrator dan guru dan mendesain sebuah media pembelajaran di situ dimana web tersebut sudah menggunakan CMS/CMLS. Sehingga kita bisa membuat soal online didalamnya dan siswa juga bisa register dan log in untuk belajar secara online atau mengerjakan soal secara online. thanks masukanya

  19. ulla said

    saya sudah install moodel, tapi kok muncul pesan seperti ini ya?

    Checking your environment …

    We are checking if the various components of your system meet the system requirements

    lama banget ga hilang2, gimana ya

  20. syahrul said

    pisssssing…… install moodle ga jadi-jadi.. kenapa ya

  21. budi said

    ga bisa-bisa jadi

  22. calmcoy said

    mantaf……klo pake wamp (yang oto) bisa nggak y…
    klo xammp kan manual….

    nuhun pisan…..

  23. [...] http://dedenthea.wordpress.com/2007/02/12/e-learning-dengan-moodle-modular-object-oriented-dynamic-b… Tagged with: Model Belajar Dinamis [...]

  24. M. Arifin said

    Salam kenal Kang..

    Saya tertarik artikelnya, minta izin copas ya…

  25. Danu Legowo said

    Terima kasih atas artikel yang bermanfaat ini. Saya mohon di informasikan untuk artikel bagian keduanya. Mohon dikirim alamat websitenya. Terima kasih banyak. Terus berkarya yach, semoga sukses.

  26. bang…tolonglah gimane caranya biar eleearning yang sudah kita bikin tersebar ke internet dimanapun kita buka

  27. Harun said

    Kang, punten saya dapat masalah dalam penggunaan moodle…
    Muncul terus keterangan “Your session has timed out. Please login again.”, kira-kira bagaimana pemecahannya ya ????
    Makasih

  28. sawahlega said

    coba ke http://www.videobelajar.net/ disitu ada panduan dalam bentuk video.free
    ga perlu khawatir bukan tipuan ko

    salam kenal semua

  29. [...] PERSIAPAN PEMANFAATAN E-LEARNING DARI MOODLE Posted on Agustus 27, 2010 by programadawaktu| Tinggalkan komentar E-Learning Dengan MOODLE Bag. 01 [...]

  30. Khaira said

    Kang…!
    Saya ga bisa install ni, pas submit database….
    OS yang saya gunakan satu win vista dan yang satunya lagi win7, aya-aya wae malahan macet ah…
    Panduannya dong di tunggu…..

  31. Basri said

    waduh pusing sy mau cari buku membangun e-learning menggunakan moodle, kareena kbetln sy punya judul TA berhubungan dengan moodle….

  32. Mr Odin said

    bagaimana ni cara mengonlinekan atau uplod moodlenya??

  33. cepi said

    maaf saya mau tanya nih,.saya sudah menguploadkan moodle ke hosting, cuma ketika login koq gak bisa? padahal file beserta database yang di upload merupakan data ketika di bikin d localhost,.semua database sudah masuk termasuk file nya cuma ketika mau login tidak bisa,.mohon penjelasannya,

  34. Ira rahmawati said

    klu mau bwt online learning gmna?tlg penjelasannya coz
    hrs segera diserahkan ke dosen,trimakash atas bantuannya.

  35. pipin said

    waduuuuuuh makasih buanget kang saya jadi pengen belajar, ntar tolong dbantuin ya. makasih atas ilmunya. moga kita semua diberi sehat wal afiat dan keselamatan dunia akhirat. amin

  36. [...] E-Learning Dengan MOODLE Bag. 01 [...]

  37. Tutorial menarik dan sangat membantu, terimakasih

  38. wahyudi said

    sudah sy coba ttp gak bisa…? selain pake xammp bisa ndak? sy pake apache..

  39. langsung tancap gas

  40. Pandu Dharma P said

    Pak, saya sudah install xampp, lalu jika ingin membuat e-learning dgn moodle apa hrs dgn windows xp krn saya pakai windows 7, apa bisa pak?
    lalu gmn tutorialnya dlm windows 7?
    terima kasih pak
    tolong bantu pak

  41. luki said

    salam kenal…
    informasinya bagus dan menarik..oh iya bisa dibuatkan format pdnya kah ?.. lumayan buat bahan belajar dirumah.

  42. viverdy memah said

    thanks ya kang dedeng, saya baru mulai dan yakin dapat menggunakan e-learning, sementara blum punya info….

  43. [...] Apa yang dimaksud dengan e-Learning? [...]

  44. [...] Apa yang dimaksud dengan e-Learning? [...]

  45. [...] Apa yang dimaksud dengan e-Learning? [...]

  46. [...] Apa yang dimaksud dengan e-Learning? [...]

  47. salonk1807 said

    wah tutorialya mantabzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz

  48. Wah,kebetulan skali saya lg mau mengembang elearning ,tentunya info ini sangat berguna sekali ..makasih ya

  49. revi said

    mungkin bisa disharekan contoh pemodelan databasenya

  50. Tolong dibantu ada yang tahu bagaimana caranya install moodle di jaringan LAN, terima kasih

  51. kojex said

    master, bingung gw buatnya.. :(

  52. DUDUNG said

    BANYAK YANG NANYA TAPI KAGAK ADA JAWABAN…. KMANA NIH ADMIN

  53. sapto margono suwito said

    Makasih mas atas infonya yang sangat bermanfaat n banyak yang menjelaskan install moodle malah jadi modal model dan melalui pengarahan anada saya bisa mengaktifkan moodle yang selama ini saya pusing dibuatnyatnya thank’s

  54. smart comp said

    wah artikel ini sangat berguna bagi saya ..trimakasih sekali atas ilmunya.

  55. Waaah… posting yang sangat bagus… Kebetulan saya juga sedang mengembangkan sebuah web yang mengulas tentang E-Learning khususnya Moodle…

  56. Hi, i feel that i saw you visited my website so i came to
    return the choose?.I’m trying to in finding things to enhance my site!I guess its good enough to make use of some of your concepts!!

  57. Wow, this post is pleasant, my sister is analyzing these things, thus I am going to let know her.

  58. I needed to thank you for this very good read!! I definitely loved every bit of it.

    I have you book-marked to look at new things you post…

  59. What’s up mates, fastidious paragraph and good urging commented at this place, I am in fact enjoying by these.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 124 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: