myDeden.Kom

Pemulung yang Berusaha Memanfaatkan Limbah Sebaik Mungkin

Apa Itu Jaringan Nirkabel ?

Posted by kang deden pada 20 Februari, 2007

Teknologi jaringan nirkabel sebenarnya terbentang luas mulai dari komunikasi suara sampai dengan jaringan data, yang mana membolehkan pengguna untuk membangun koneksi nirkabel pada suatu jarak tertentu. Ini termasuk teknologi infrared, frekuensi radio dan lain sebagainya. Peranti yang umumnya digunakan untuk jaringan nirkabel termasuk di dalamnya adalah komputer, komputer genggam, PDA, telepon seluler, tablet PC dan lain sebagainya. Teknologi nirkabel ini memiliki kegunaan yang sangat banyak. Contohnya, pengguna bergerak bisa menggunakan telepon seluler mereka untuk mengakses e-mail. Sementara itu para pelancong dengan laptopnya bisa terhubung ke internet ketika mereka sedang di bandara, kafe, kereta api dan tempat publik lainnya. Di rumah, pengguna dapat terhubung ke desktop mereka (melalui bluetooth) untuk melakukan sinkronisasi dengan PDA-nya.

Standarisasi
Untuk menekan biaya, memastikan interoperabilitas dan mempromosikan adopsi yang luas terhadap teknologi nirkabel ini, maka organisasi seperti Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE), Internet Engineering Task Force (IETF), Wireless Ethernet Compatibility Alliance (WECA) dan International Telecommunication Union (ITU) telah berpartisipasi dalam berbagai macam upaya-upaya standarisasi. Sebagai contoh, kelompok kerja IEEE telah mendefinisikan bagaimana suatu informasi ditransfer dari satu peranti ke peranti lainnya (dengan menggunakan frekuensi radio atau infrared misalnya) dan bagaimana dan kapan suatu media transmisi sebaiknya digunakan untuk keperluan komunikasi. Ketika membangun standarisasi untuk jaringan nirkabel, organisasi seperti IEEE telah mengatasi pula masalah power management, bandwidth, security dan berbagai masalah unik yang ada pada dunia jaringan nirkabel.

Tipe dari Jaringan Nirkabel
Sama halnya seperti jaringan yang berbasis kabel, maka jaringan nirkabel dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa tipe yang berbeda berdasarkan pada jarak dimana data dapat ditransmisikan.

  • Wireless Wide Area Networks (WWANs)
    Teknologi WWAN memungkinkan pengguna untuk membangun koneksi nirkabel melalui jaringan publik maupun privat. Koneksi ini dapat dibuat mencakup suatu daerah yang sangat luas, seperti kota atau negara, melalui penggunaan beberapa antena atau juga sistem satelit yang diselenggarakan oleh penyelenggara jasa telekomunikasinya. Teknologi WWAN saat ini dikenal dengan sistem 2G (second generation).
    Inti dari sistem 2G ini termasuk di dalamnya Global System for Mobile Communications (GSM), Cellular Digital Packet Data (CDPD) dan juga Code Division Multiple Access (CDMA). Berbagai usaha sedang dilakukan untuk transisi dari 2G ke teknologi 3G (third generation) yang akan segera menjadi standar global dan memiliki fitur roaming yang global juga. ITU juga secara aktif dalam mempromosikan pembuatan standar global bagi teknologi 3G.

  • Wireless Metropolitan Area Networks (WMANs)
    Teknologi WMAN memungkinkan pengguna untuk membuat koneksi nirkabel antara beberapa lokasi di dalam suatu area metropolitan (contohnya, antara gedung yang berbeda-beda dalam suatu kota atau pada kampus universitas), dan ini bisa dicapai tanpa biaya fiber optic atau kabel tembaga yang terkadang sangat mahal. Sebagai tambahan, WMAN dapat bertindak sebagai backup bagi jaringan yang berbasis kabel dan dia akan aktif ketika jaringan yang berbasis kabel tadi mengalami gangguan. WMAN menggunakan gelombang radio atau cahaya infrared untuk mentransmisikan data. Jaringan akses nirkabel broadband, yang memberikan pengguna dengan akses berkecepatan tinggi, merupakan hal yang banyak diminati saat ini. Meskipun ada beberapa teknologi yang berbeda, seperti multichannel multipoint distribution service (MMDS) dan local multipoint distribution services (LMDS) digunakan saat ini, tetapi kelompok kerja IEEE 802.16 untuk standar akses nirkabel broadband masih terus membuat spesifikasi bagi teknologi-teknologi tersebut.

  • Wireless Local Area Networks (WLANs)
    Teknologi WLAN membolehkan pengguna untuk membangun jaringan nirkabel dalam suatu area yang sifatnya lokal (contohnya, dalam lingkungan gedung kantor, gedung kampus atau pada area publik, seperti bandara atau kafe). WLAN dapat digunakan pada kantor sementara atau yang mana instalasi kabel permanen tidak diperbolehkan. Atau WLAN terkadang dibangun sebagai suplemen bagi LAN yang sudah ada, sehingga pengguna dapat bekerja pada berbagai lokasi yang berbeda dalam lingkungan gedung. WLAN dapat dioperasikan dengan dua cara. Dalam infrastruktur WLAN, stasiun wireless (peranti dengan network card radio atau eksternal modem) terhubung ke access point nirkabel yang berfungsi sebagai bridge antara stasiun-stasiun dan network backbone yang ada saat itu. Dalam lingkungan WLAN yang sifatnya peer-to-peer (ad hoc), beberapa pengguna dalam area yang terbatas, seperti ruang rapat, dapat membentuk suatu jaringan sementara tanpa menggunakan access point, jika mereka tidak memerlukan akses ke sumber daya jaringan.
    Pada tahun 1997, IEEE meng-approve standar 802.11 untuk WLAN, yang mana menspesifikasikan suatu data transfer rate 1 sampai 2 megabits per second (Mbps). Di bawah 802.11b, yang mana menjadi standar baru yang dominan saat ini, data ditransfer pada kecepatan maksimum 11 Mbps melalui frekuensi 2.4 gigahertz (GHz). Standar yang lebih baru lainnya adalah 802.11a, yang mana menspesifikasikan data transfer pada kecepatan maksimum 54 Mbps melalui frekuensi 5 GHz.

  • Wireless Personal Area Networks (WPANs)
    Teknologi WPAN membolehkan pengguna untuk membangun suatu jaringan nirkabel (ad hoc) bagi peranti sederhana, seperti PDA, telepon seluler atau laptop. Ini bisa digunakan dalam ruang operasi personal (personal operating space atau POS). Sebuah POS adalah suatu ruang yang ada disekitar orang, dan bisa mencapai jarak sekitar 10 meter. Saat ini, dua teknologi kunci dari WPAN ini adalah Bluetooth dan cahaya infra merah. Bluetooth merupakan teknologi pengganti kabel yang menggunakan gelombang radio untuk mentransmisikan data sampai dengan jarak sekitar 30 feet. Data Bluetooth dapat ditransmisikan melewati tembok, saku ataupun tas. Teknologi Bluetooth ini digerakkan oleh suatu badan yang bernama Bluetooth Special Interest Group (SIG), yang mana mempublikasikan spesifikasi Bluetooth versi 1.0 pada tahun 1999. Cara alternatif lainnya, untuk menghubungkan peranti dalam jarak sangat dekat (1 meter atau kurang), maka user bisa menggunakan cahaya infra merah.
    Untuk menstandarisasi pembangunan dari teknologi WPAN, IEEE telah membangun kelompok kerja 802.15 bagi WPAN. Kelompok kerja ini membuat standar WPAN, yang berbasis pada spesifikasi Bluetooth versi 1.0. Tujuan utama dari standarisasi ini adalah untuk mengurangi kompleksitas, konsumsi daya yang rendah, interoperabilitas dan bisa hidup berdampingan dengan jaringan 802.11.

 

 Sumber : www.sony-ak.com

About these ads

37 Tanggapan to “Apa Itu Jaringan Nirkabel ?”

  1. regi said

    Mohon bantuannya untuk memberikan bahan tentang konfigurasi CACTI pada linux server.Sebelum & sesudahnya saya ucapkan terima kasih..

  2. ridh4 said

    ada yang tau tentang pemrograman database Visual Basic n tipsny ,tolong kirim ke email saya.thanxs

  3. Sundy said

    Bagi sapa aja yang tau tentang penggunaan mail server dengan sendmail dan horde..,tolong kirimin datanya ke alamat email aq yach.. Makasih atas bantuan.

  4. wahyudianto said

    saya lagi skripsi nih. bisa dikasih contoh nggak instalasi wlan dari awal sampai akhir. kirim ke email saya ya.. matur suwun

  5. mukhlis said

    thanks, artikelnya bisa lebih beragam

  6. mukhlis said

    thanks artikelnya

  7. rudi said

    kok tampilanny aminimalis banget sih mas

    >> Makasih masukannya .. Dengan berbagai alasan, tapi yang paling penting adalah untuk kecepatan,
    dan mudah-mudahan isinya dapat bermanfaat, ya mencontoh google .. minimalis jg kan

  8. Guntoro.P said

    bagaimana jaringan nir-cable menyeluruh digunakan jarak jauh dan apa bisa umpan balikkan ke transmiter up-link

  9. suhartono said

    trima kasih artikel ni sgt membantu q.

  10. dewi said

    trima kasih banyak, c0z artikel ini sangat membantu. akan tetapi akan lebih baik jika dilengkapi lagi tentang arti yg sesungguhnya “Jaringan Nirkabel”

  11. tya said

    boleh gak diterbitkan gambar tentang topoligi nirkabel,,

  12. kahfi said

    sy lg butuh makalah tentang jar. nirkabel yang lengkap donk.tolong naskahnya yg kira2 bs di donload donk.mksh

  13. ade said

    di dalam jaringan itu ada apa saja?

  14. ir.WAHIDI said

    BAGAIMANA CARA MENGGUNAKAN JARINGAN NIRCABLE JARAK JAUH

  15. Anggrek bulan said

    bagaimana cara menggunakan jaringan nirkabel?

  16. Raztra said

    Weh,artikelna cip bgt..

    Makacih iiah,,

  17. mbulet ceeeeeeeee
    tp oce deh.bagus2
    sneng bcnya……….
    bwt yg pcinta kabel2 gtu deh,g’ slah dah

  18. aab73 said

    Kren bgt mas blognya……

  19. gaara said

    terima kasih sebelumnya,,

  20. AVEV said

    GUA LG BUTUH NI….?????????? REFRENSI TENTANG KONSEP” JARINGAN YANG BSA GUA PLAJARI….. TRUS BS D LOAD JG ….. TANHKS.

  21. bg gw mau mnta tlg< perbedaan jaringan wirelees di dalam n diluar tu pa ya bg?

  22. remon said

    eyaaa BeNer…

  23. winda triana said

    duh..
    susah amt sich xisi2 tik@….

  24. [...] Teknologi Jaringan Nirkabel Januari 22, 2010 Diarsipkan di bawah: Uncategorized — argyan @ 2:33 am Apa Itu Jaringan Nirkabel ? [...]

  25. Ekawati said

    Mksh atas pngth’an ini, ini bs nmbh pngth’anqu tntng jaringan. . . Læn wktu tlg tmbh lg z pljrn tntng jaringan in,,,i!!!

  26. bambang ladjamba said

    gue lagi bingung…

  27. Mus said

    Thanks!!! materinya bisa buat tambahan ilmu gua.

  28. yusuf syafii said

    thanks yeach…………….artikelnya ngebantu bngt!!!!

  29. nirkabel itu sama tidak dengan jaringan tampa kabel…

  30. pebrina yanti said

    mantap yaaa…makasih artikel nya,,,,

  31. mau tanya dong gan
    Perangkat baru bernama “rgtreytey” masuk ke akun Facebook Anda (14 Januari 2012 pukul 3:37) dari Ujung Pandang, SN, ID (IP=180.249.55.169).(Catatan: Lokasi ini berdasarkan informasi dari ISP atau penyedia jasa nirkabel Anda.)
    maksudnya apaan sih??

  32. valeri ember said

    Aku mau tau yang namanya blackberry id tu apa?

  33. jogjabolic said

    Nice Info gan. kunjungi juga http://www.jogjabolic.com untuk mendapatkan informasi perangkat internet murah dan berkualitas. :)

  34. This article is actually a nice one it assists new internet visitors, who are wishing in favor of blogging.

  35. After going over a handful of the articles on your web site, I truly like your way of
    writing a blog. I added it to my bookmark website list and will be checking back soon.
    Take a look at my website too and let me know how you feel.

  36. anha said

    bagaimana cara memulihkan jaringan nirkabel??

  37. […] – http://dedenthea.wordpress.com/2007/02/20/apa-sih-jaringan-komputer-nirkabel-itu/ […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 124 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: