myDeden.Kom

Pemulung yang Berusaha Memanfaatkan Limbah Sebaik Mungkin

FreeBSD (Sebuah Sistim Operasi yang tangguh)

Posted by kang deden pada 31 Januari, 2007

Pencinta ‘Open Source’ dapat dipastikan – cepat atau lambat – akan mencoba FreeBSD, sebuah sistem operasi yang tangguh, dikembangkan di University of California at Berkeley dan disebarluaskan sebagai Berkeley Software Distribution (BSD). FreeBSD versi untuk prosesor Intel ‘PC-Compatible, dikembangkan oleh ribuan relawan programer dan merupakan open-source yang sangat lengkap. Kode-Asal [Sources] dari aplikasi-aplikasi UNIX termasuk Linux dan SCO-UNIX  yang jumlahnya sangat besar dan merupakan standar industri, dapat dikompilasi dan dimanfaatkan untuk FreeBSD.

Ke-piawaian dan profesionalitas dari FreeBSD telah dibuktikan dalam sebuah instalasi sangat besar yang diterapkan oleh Yahoo! Inc. Lebih dari 1000 komputer menggunakan sistim operasi FreeBSD tersebut, telah melayani lebih dari 80 juta pengunjung setiap bulannya 24/7 (laporan Wall Street Journal 10 September 1999). Server FTP milik WalnutCreek CDROM yang menggunakan FreeBSD misalnya, melayani 750 GB download setiap harinya dan sanggup melayani 3600 koneksi secara simultan, cukup dengan satu komputer single 200MHz Pentium Pro dengan 1 GB memori dan 500 GB RAID hard-drives.

  

Disain kernel FreeBSD dikenal superior terutama dalam berbagai hal, seperti virtual memory manager (VM) dan networking. Dalam kenyataan-nya, website-website tersibuk didunia seperti Yahoo dan cdrom.com misalnya, bertopang sepenuhnya pada FreeBSD untuk me-manage beban yang sangat tinggi tanpa masalah yang serius.
Tidak heran bila selama ini FreeBSD merupakan pilihan utama ‘first choice’ untuk aplikasi server di Internet: ‘The Power To Serve’.

Di Indonesia, FreeBSD mendapat sambutan baik terutama oleh para profesional dunia maya. Kunjungi situs utama keluarga BSD Indonesia: www.freebsd.or.id untuk mendapatkan informasi lebih rinci dan bergabung dengan milis-nya. Seperti tersirat dari namanya FreeBSD adalah bebas (biaya) lisensi.

Acuan:
Linux 2.4 vs. FreeBSD 4.1.1
By Moshe Bar, ByteCom Jan 31, 2001 (6:48 AM)

Satu Tanggapan to “FreeBSD (Sebuah Sistim Operasi yang tangguh)”

  1. […] FreeBSD (Sebuah Sistim Operasi yang tangguh) source = https://dedenthea.wordpress.com/2007/01/31/freebsd-sebuah-sistim-operasi-yang-tangguh/ […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: