myDeden.Kom

Pemulung yang Berusaha Memanfaatkan Limbah Sebaik Mungkin

Solusi Banjir di Jakarta Ala Orang Awam

Posted by kang deden pada 6 Februari, 2007

Kita ketahui bahwa banjir sudah merupakan agenda di ibu kota kita ini, suka ngak suka, mau ngak mau, ridho ngak ridho itu memang ngak bisa kita elak lagi, banyak kerugian yang didapatkan .. solusi demi solusi sering dilontarkan oleh para ahli, rayuan-rayuan gombal dikemukakan oleh para calon pejabat ketika kampanye al hasil banjir tetep aja terjadi, memang kalo dipikir-pikir apa yang dapat menghalangi banjir tidak terjadi .. wong ahlak manusianya sendiri seperti itu (memang tidak semuanya) saya ngak perlu menjelaskan detailnya ..

Suatu ketika saya bertemu dengan kakek orang betawi asli .. dia bercerita mengenai kondisi DKI Jakarta Tempo Doeloe .. ketika jaman penjajahan Belanda .. katanya pada saat itu pemerintahaan Hindia Belanda ato di kenal ame name Kompeni melarang keras membangun di daerah “SUNTER” karena itu merupakan resapan air dari Laut .. dan mereka saat itu sangat wanti-wanti banget akan hal tersebut … nah coba dech ketika pemerintahnya sudah bangsa kita sendiri .. waduh mentang-mentang orang pribumi asli .. maen perbolehkan saja .. bangun sana-sini di daerah “SUNTER” al hasil lihat lah dampaknya .. nah sekarang ada proyek Banjir Kanal .. kalo menurut saya seeh percuma saja .. kenapa karena .. air laut sudah naik .. jadinya nanti banjir kanal akan dipenuhi oleh air laut dan akan tersumbat saja .. hehehe maklum orang awam jadi pake kenyataan saja.

Jadi kalo menurut saya selaku orang awam solusinya adalah buatlah penampungan untuk para korban banjir, buatlah pabrik untuk perahu karet, buat perda untuk mewajibkan di setiap tempat-tempat umum ada perahu karet siap pakai, seperti alat pemadam kebakaran dan buat sebuah instansi seperti pemadam kebakaran, khusus menanggulangi banjir .. dan n kalo saya boleh usul pada saat musim hujan jalur bus way bisa digunakan untuk jalur Perahu Way, jadi kalo banjir para pengguna Bus Way bisa menggunakan penggantinya Perahu Way ..

Salam Korban Banjir 

3 Tanggapan to “Solusi Banjir di Jakarta Ala Orang Awam”

  1. bete said

    thanks to your news…

  2. jutek said

    emang ide dodol itu namanya pengobatan bukan pencegahan om!

  3. solusi dari mana, itu namanya tetep melihara banjir, pinter amat ngasi solusi kya gtu, seharusnya memahami hulu hilir air yg datang kemudian di rumuskan solusi yang baik seperti membuat saluran-saluran untuk membuang air yang datang dengan jumlah banyak.. dll

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: