myDeden.Kom

Pemulung yang Berusaha Memanfaatkan Limbah Sebaik Mungkin

Lupa Password root Mysql di FreeBSD

Posted by kang deden pada 7 Februari, 2007

Lupa password root  mysql sering di alami , mengapa demikian  ? karena biasanya password root mysql selalu di bedakan dari password shell kita ,  dengan asumsi jika password  mysql kita ketahuan sama yang tidak berkepentingan maka mesin kita masih selamat. sering terjadi ketika bugs di web aplikasi diketemukan dan orang berhasil melihat password root mysql nya dan kebetulan password user shell nya sama dengan password root mysql. dan   akhirnya orang tersebut dapat melakukan full control terhadap mesin FreeBSD kita. dengan fenomena tersebut diatas maka kebanyakan admin selalu membedakan password root shell dengan password  root mysql.cdan hal tersebut seringsekali menyebabkan anda lupa  password root mysql terlebih akses ke mysql database jarang di lakukan.

ok mari kita mulai langkah langkah me reset passowrd root mysqlcpertama kali yang harus anda lakukan adalah login sebagai root ke server andacdan lakukan langkah demi langkah di bawah ini dengan baik dan benar.cjika mysql server kita sedang running maka kita harus mematikan nya terlebih dahulu  :

dedenfreebsd# /usr/local/etc/rc.d/mysql-server.sh stop

lalu masuk ke user mysql

dedenfreebsd # su mysql

$ id
uid=1217(mysql) gid=1217(mysql) groups=1217(mysql)

dan jalankan perintah

$/usr/local/bin/mysqld_safe –skip-grant-table &

jalankan mysql client 

$mysql

Welcome to the MySQL monitor.  Commands end with ; or \g.
Your MySQL connection id is 1 to server version: 4.1.18
Type ‘help;’ or ‘\h’ for help. Type ‘\c’ to clear the buffer.

mysql>

lalu masuk ke database mysql

mysql> use mysql
Reading table information for completion of table and column names
You can turn off this feature to get a quicker startup with -A
Database changed

lalu reset password root mysql anda dengan cara  

mysql> UPDATE user SET Password=PASSWORD(‘dedenthea‘)
    -> WHERE Host=’localhost’ AND User=’root’;
Query OK, 1 row affected (0.00 sec)
Rows matched: 1  Changed: 1  Warnings: 0

dan flush privileges

mysql> flush privileges;
Query OK, 0 rows affected (0.00 sec)

keluar deh dari mysql monitor


mysql> exit
Bye

keluar dari user mysql dan kembali ke root 

$exit

dedenfreebsd#

cari pid mysql server tadi

dedenfreebsd#ps ax|grep mysql  

12132  p2  I      0:00.01 /bin/sh /usr/local/bin/mysqld_safe –skip-grant-table
12145  p2  S      0:00.36 /usr/local/libexec/mysqld

–basedir=/usr/local –datadir=/var/db/mysql –pid-file=/var/db/mysql/ind

12169  p2  R+     0:00.00 grep mysql

lalu kill pid tersebut

dedenfreebsd#  kill -9   12132  12145

pastikan proses mysql tadi bener bener mati 

dedenfreebsd# ps ax | grep mysql

dedenfreebsd#

kalo belum mati matikanlah masa matiin aja gak bisa. lalu jalankan mysql server anda seperti biasa

dedenfreebsd#/usr/local/etc/rc.d/mysql-server.sh start
Starting mysql.

dedenfreebsd#

lalu test  password baru anda

dedenfreebsd#mysql -p

Enter password:dedenthea

Welcome to the MySQL monitor.  Commands end with ; or \g.
Your MySQL connection id is 3 to server version: 4.1.18
Type ‘help;’ or ‘\h’ for help. Type ‘\c’ to clear the buffer.

mysql>

dah berhasil deh anda boleh tersnyum sekali lagi , anda dapatkan password root mysql  tanpa harus menginstall ulang mysql. Langkah terakhir jangan lupa keluar dari mysql monitor

mysql> exit
Bye

dedenfreebsd#

– Selamat Mencoba –

3 Tanggapan to “Lupa Password root Mysql di FreeBSD”

  1. darkstar said

    tanks….

  2. Dwinawan Hariwijaya said

    Mas, kalo lupa password root gimana?…..

  3. sinto said


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: