Belajar sendiri pasang kabel UTP untuk jaringan

2018 Practical Children Anti Open Drawer Lock Multifunction Baby Anti Pinch Hand Cabinet Lock Baby Safety Protection New Arrival
Waterproof Stuffed Animal Storage/Toy Bean Bag Solid Color Oxford Chair Cover Large Beanbag(filling is not included)-35

Tutorial singkat ini cocok sekali buat Anda yang sedang membuat jaringan komputer ‘MURAH’ khususnya yang terdiri lebih dari dua client yang pake hub (jauh lebih murah daripada router ). To the point! Apa sih kabel UTP itu? Kabel UTP itu adalah kabel khusus buat transmisi data. UTP, singkatan dari “Unshielded Twisted Pair”. Disebut unshielded karena kurang tahan terhadap interferensi elektromagnetik. Dan disebut twisted pair karena di dalamnya terdapat pasangan kabel yang disusun spiral alias saling berlilitan. Ada 5 kategori kabel UTP. Dari kategori 1 sampai kategori 5. Untuk jaringan komputer yang terkenal adalah kategori 3 dan kategori 5.

kabel1.jpg

Kategori 3 bisa untuk transmisi data sampai 10 mbps, sedang kategori 5 sampai 100 mbps. Kalau hanya buat misalnya jaringan komputer di kantor atau kampus atau warnet, paling hemat  ya menggunakan yang kategori 3. Itu sudah lebih dari cukup.Setahu penulis ada banyak merek yang beredar di pasaran, hanya saja yang terkenal bandel dan relatif murah adalah merek Belden – made in USA. Kalau mau yang lebih murah dan penggunaannya banyak, maka beli saja yang satu kotak, panjangnya sekitar 150 meter. Jangan lupa beli konektornya. Konektornya bentuknya seperti colokan telepon hanya saja lebih besar. Bilang saja mau beli konektor RJ-45.

kabel2.jpg

Foto RJ – 45 yang masih baru, belum di gencet pake tang

 

Satu lagi yang sangat penting, Anda harus punya tang khusus buat memasang konektor ke kabel UTP, istilah kerennya adalah “crimp tool”. Alat ini gunanya untuk ‘mematikan’ atau ‘menanam’ konektor ke kabel UTP. Jadi sekali sudah di ‘tang’, maka sudah tidak bisa dicopot lagi konektornya. Dan kalau mau yang lebih OK, biar tidak nanggung maka beli pula sebuah LAN tester. Anda bisa membeli yang merek dari Taiwan saja agar lebih murah. Bentuknya seperti kotak dan ada lampu LED-nya delapan pasang dan bisa kedap-kedip.

 

kabel3.jpg

OK sekarang peralatan udah siap, penulis mulai saja. Secara umum, pemasangan kabel UTP tersebut ada dua tipe, yaitu tipe straight dan tipe cross. Disebut tipe straight soalnya masing-masing kabel yang jumlahnya 8 itu berkorespondensi 1-1, langsung. Sedangkan disebut cross soalnya ada persilangan pada susunan kabelnya. Bingung?OK! Untuk tipe straight itu digunakan untuk menyambungkan kabel dari client ke hub. Sedangkan untuk tipe cross adalah untuk client langsung terhubung ke client (cpu to cpu) atau juga dari hub ke hub.

Kita bahas dulu yang tipe straight

Tipe ini adalah yang paling gampang dibuat. Kenapa? Soalnya langsung korespondensinya 1-1. Standar urutannya begini (dilihat dari lubang konektor, dari kiri ke kanan – lihat Gambar 4) : 2 oranye – 1 hijau – 2 biru – 1 hijau – 2 coklat . 2 oranye disini maksudnya pasangan oranye muda sama oranye tua dan seterusnya. Tapi tidak usah ikut standar pewarnaan itu juga sebenarnya tidak masalah. Yang penting urutan kabelnya. Misal ujung pertama urutan pin pertamanya oranye muda, maka ujung yang lain urutan pin pertamanya juga harus oranye muda, jadi antar ujung saling nyambung. Sebenarnya tidak semua pin tersebut digunakan.

 

kabel4.jpg

Yang penting adalah pin nomor 1,2,3 dan 6. Jadi misal yang disambung hanya pin 1,2,3 dan 6 sedangkan pin yang lain tidak dipasang, tidak jadi masalah. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar di bawah yang penulis foto dari sebuah buku.

kabel5.jpg

Yang kiri urutan korespondensi buat tipe straight, yang kanan yang cross

Waktu akan memasangnya, maka potong ujung kabelnya, kemudian susun kabelnya trus diratakan dengan pisau potong yang ada pada crimp tool. Andak tidak perlu repot harus melepaskan isolasi pada bagian ujung kabel, karena waktu Anda memasukan kabel itu ke konektor lalu ditekan (pressed) dengan menggunakan crimp tool, sebenarnya saat itu pin yang ada di konektor menembus sampai ke dalam kabel. Perhatikan, agar penekannya (pressing) yang keras, soalnya kalau tidak keras kadang pin tersebut tidak tembus ke dalam isolasi kabelnya. Kalau sudah kemudian Anda test menggunakan LAN tester. Masukkan ujung ujung kabel ke alatnya, kemudian nyalakan, kalau lampu led yang pada LAN tester menyala semua, dari nomor 1 sampai 8 berarti Anda telah sukses. Kalau ada salah satu yang tidak menyala berarti kemungkinan pada pin nomor tersebut ada masalah. Cara paling mudah yaitu Anda tekan (press) lagi menggunakan tang. Kemungkinan pinnya belum tembus. Kalau sudah Anda tekan tetapi masih tidak nyambung, maka coba periksa korespondensinya antar pin udah 1-1  atau belum. Kalau ternyata sudah benar dan masih gagal, berarti memang Anda belum beruntung. Ulangi lagi sampai berhasil.

kabel6.jpg

 LAN TESTER – alat untuk memeriksa benar tidaknya sambungan kabel. Untuk tipe straight jika benar maka led 1 sampai 8 berkedip.

Berikut adalah gambar dari bawah dari ujung kabel UTP yang sudah dipasangi konektor dan berhasil dengan baik (urutan pewarnaan pinnya ikut standar):

kabel7.jpg

urutan pin standar

Dan kalau yang ini tidak standar, coba perhatikan urutan warna pinnya, sangat tidak standar, tapi tetap saja bisa, yang penting korespondensinya satu satu (khusus tipe straight):

kabel8.jpg

urutan pin TIDAK standar

 

Tipe Cross


Untuk tipe cross itu digunakan untuk menyambungkan langsung antar dua PC, atau yang umumnya digunakan untuk menyambungkan antar hub. (misalnya karena colokan di hubnya kurang). Cara pemasangannya juga sebenarnya mudah, sama seperti tipe straight, pin yang digunakan juga sebenarnya hanya 4 pin saja, yaitu pin 1, 2, 3 dan 6. Yang berbeda adalah cara pasangnya. Kalau pada tipe cross, pin 1 disambungkan ke pin 3 ujung yang lain, pin 2 ke 6, pin 3 ke 1 dan pin 6 ke 2. Praktisnya begini, pada ujung pertama Anda bisa susun pinnya sesuai standar untuk yang tipe “straight”, sementara itu di ujung yang lain Anda susun pinnya sesuai standar buat tipe “cross”.
Masih bingung? Begini cara mudahnya:Ujung pertama:

  1. oranye muda
  2. oranye tua
  3. hijau muda
  4. biru muda
  5. biru tua
  6. hijau tua
  7. coklat muda
  8. coklat tua

Maka di ujung yang lain harus dibuat begini:

  1. hijau muda
  2. hijau tua
  3. orange muda
  4. biru muda
  5. biru tua
  6. orange tua
  7. coklat muda
  8. coklat tua

Sudah agak lebih mengerti? Jadi disini posisi nomor 1, 2, 3 dan 6 yang ditukar. Nanti jika dites menggunakan LAN tester, maka nantinya led 1, 2, 3 dan 6 akan saling bertukar. Kalau tipe straight menyalanya urutan, sedangkan tipe cross ada yang lompat-lompat. Tapi yang pasti harus menyalasemua setiap led dari nomor 1 sampai 8.OK, selamat membangun jaringan komputer. Semoga Anda bisa berhasil sewaktu memasang konektor pada kabelnya. Semoga ilmu ini berguna buat Anda, soalnya waktu dulu penulis pertama kali membuat jaringan hasilnya lucu sekali, untuk mengupas kabelnya penulis masih menggunakan cutter, padahal sudah ada fasilitasnya di crimp toolnya. Tambah lagi ujung-ujungnya tiap kabel penulis kelupas lagi menggunakan cutter, padahal yang betul tidak perlu dikupas satu-satu, biarkan saja rata, karena nantinya apabila di ‘crimp tool’ maka pin tersebut masing-masing akan tembus ke dalam kabelnya. Semoga Anda tidak melakukan hal sama seperti penulis dulu.Demikian tulisan mengenai cara membuat sambungan kabel UTP untuk jaringan komputer. Semoga berguna bagi Anda semua. Terima kasih.

Sumber : Sony AK Knowledge Center dengan alamat di www.sony-ak.com

 

4pcs/lot Plastic Office chair leg pads Covers Bumper Damper stool foot Anti-front tilting u-type tube mat 22mm steel pipe clamp
Office School 24pcs Colors Refills Markers Watercolor Gel Pen Replace Supplies Multi-color Brush Painting DIY Card Decor /C

488 tanggapan untuk “Belajar sendiri pasang kabel UTP untuk jaringan

  1. trima kasih juga mas atas ilmunya…??kl bisa dikasih tau dunk mas cara setting konfigurasi dari rooter yang menggunakan ubuntu terus ke windows agar bisa koneks ke internet makasih …

  2. ThanKs bangeT YAC.
    ATaz ilmu nya.
    sebenernya aq juga dah di ajarin cara pasang kabel UTP di skul,tapi kurang jelazzz.tapi aq masih penasaran pengen biza pasang kabel UTP yac udah aq lari aja ke warnet truz buka situz nya.n” situz ini bener2 sangat membantuku.skali lG thank’s yac

  3. bagus, tapi utk straight apa bila di buat tidak standart…..
    untuk ke dua ujungnya apakah harus sama juga (urutan kabel yang ke konektor pertama dan yang kedua)

    >> Sebenarnya tidak harus sama kalo konsepnya sudah paham, tapi biasakan gunakan yang pasti-pasti saja
    yang ada di artikel sudah teruji dan sudah bisa jalan .. dari pada pusing-pusing mending langsung praktekin saja
    saya waktunya .. mending belajar yang lain .. heheheh … mudah-mudahan membantu

  4. mas apa sih bedanya Hub dengan Router ???? trus klo pemasangan kabel kemodem bisa straigh/cross ya????

    >> Perbedaan mendasar adalah hub berfungsi untuk menghubungkan beberapa komputer agar saling berkomunikasi atau lebih dikenal denga LAN (Local Area Network, sedangkan Router berfungsi sebagai media yang menghubungkan beberapa LAN .. untuk kabel modem mungkin agak sedikit rumit .. apalagi kalo modem eksternal karena menggunakan tipe ISDN .. dan biasanya jacknya jg berbeda biasanya untuk model menggunakan RJ11 .. mudah-mudahan membantu

  5. Ini sangat bagus karena bisa menambah pengetahuan kita dalam pembuatan jaringan,walaupun itu masih ada yang belum aku mengerti tapi kalau kita berusaha mempelajarinya pasti kita bisa. ?

  6. Mas Deden apakah ada perbedaan kecepatan transfer data antara tipe straight dengan tipe cross?

    >> waduh kalo ditanya kecepatan transfer seeh, saya belum pernah ukur tepatnya berapa, tapi intinya
    kita harus membedakan penggunaan kedua tipe tersebut, karena digunakan dalam fungsi yang berbeda
    penggunaan tipe cross biasanya saya gunakan untuk console produk CISCO atau hubungan 2 komputer
    saja (Peer to Peer) tanpa Hub/Switch .. sedangkan untuk Straight digunakan untuk jaringan LAN ..
    Jadi apabila mau menggunakan kabel dilihat dulu fungsinya apabila anda memiliki hub untuk membangun
    jaringan maka gunakanlah tipe straight … mudah-mudahan membantu

  7. Mas Deden kalo yg tipe cross apakah harus memasang 2 LAN card? soalnya di setiap LAN card hanya terdapat 1 colokan kabel UTP

    >> Cross cable biasanya hanya digunakan untuk console (misalnya pc/laptop dengan produk cisco) atou koneksi pc ke pc tanpa hub atau switch jadi ngak perlu memasang 2 LAN Card dalam satu pc yang sama. Karena LAN Card dapat digunakan untuk kedua tipe tersebut, tetapi tidak secara bersamaan … mudah-mudahan dapat membantu

    1. maksudnya tidak bisa di gunakan bersamaan gi mana ya mas,,, saya ada 2 slot utp,,yang satu udah kepasang untuk ke modem adsl,, yang satu lagi rencananya mau buat crossing itu bisa ato nggak ya mas,,, ato di 1 slot lagi saya colok straight lalu di kompi satu lagi saya colok cross atau gimana ya mas. btw nice info……..thanks before

  8. mas.. bisa gak dijelaskan kabel CAT6 dan pemasangannya untuk jaringan Gigabit?
    kemudian apakah perlu rj45 khusus CAT6?

    salam,
    kenal

    1. mas diatas kan sudah dijelaskan …..
      straight : untuk membangun jaringan lan dari pc ke hub/router
      kalau cross untuk pear 2 pear menghubungkan antara 2 kompi atau antara hub/router

      jadi jawabanya adalah : ……. cross ….. !!

  9. Koreksi dikit,Itu ada yang salah tuh urutan pin standart yang anda tulis :

    1. oranye muda
    2. oranye tua
    3. hijau muda
    4. biru muda –\ Kebalik nih
    5. biru tua —/
    6. hijau tua
    7. coklat muda
    8. coklat tua

    Kalau dari gambar yang diatas dah bener, cuman tulisannya nih salah.

    Nice Tutor, very helpfull

  10. wah makasih bgt nih mas..
    klo bisa mas tampilin cara membangun sebuah jaringan internet sampai bisa connect, soalnya saya baru buka warnet nih,, tQ

  11. Kalo ada yang mau eksperimen…
    silahkan coba konfigurasi tipe cross (cpu to cpu) yang saya lakukan:

    kabel 1 ke 6
    kabel 2 ke 3
    kabel 3 ke 2
    kabel 6 ke 1
    yang lain samakan.
    saya coba di 3 LAN Card berbeda, dan semuanya lancar. tanpa kendala.

    Ada yang tau logika kenapa hal ini bisa berjalan ??
    atau silahkan di coba dulu dech.

    1. karena kabel 1&2 itu Tx(Transmit), sedangkan kabel 3&6 itu Rx(Receive), kan pasangan Tx kan Rx, jadi terserah mau 1 ke 3 dan 2 ke 6 atau 1 ke 6 dan 2 ke 3

  12. wuah makacih buanget ats artikelnya, yg pasti terusin aja artikel2 TOP seiring perkembangan teknologi, ocret!!!
    aku wing ndeso sing Ajibarang-Purwokerto-melu2 urun rembug gitooh!

  13. Wah…wah…ini dia artikel yang sudah lama saya cari…thank ya atas sajiannya

    semoga lebih tajam lagi artikel yg disajikan

  14. mas setelah saya praktekkan (peer to peer dua-duanya make XP) yang ada cuma icon network di notification area ada tanda serunya dan dua komputer belum dapat terhubung. mohon pencerahnnya dunk..

  15. mas,,saya kan udah memasang kabel UTP ke masing2 komputer..(cross) yaitu Pc ke Laptop,,dengan stting IP addressnya..192.168.02/03
    dan subnetmask..255.255.255.0
    gateway kosong..
    apa sudah benner??

    tapi kok belum konek ya??

    mohon petunjuk..thx bgt!!

  16. Mau nanya nih…
    Warna sebenarnya ga terlalu penting kan? Cuma supaya gampang dilihat gitu?
    Jadi kalo straightnya terserah saya (orens-orens putih, coklat-coklat putih, dst), bukan standar spt yg orens putih duluan, tinggal crossnya saja yg disesuaikan 1-3 2-6 gitu kan?
    Aku ngajar nih di kampus… takutnya nanti salah ajar mati aku T_T

    btw pernah gw liat kabel utp yg kabel dlmnya warna-warni (ada warna hitam, pink, coklat, ungu, merah, putih, dst). Kabel yg gt sama aja kan dgn yg utp standar?

    1. bener mas, warna ga ngaruh kalau kabel di switchnya dikit,tapi kalo ngejelimet trus antar gedung pula, kan pusing krimpingnya, makanya ada standarisasi

  17. masalah ngak konek nya d karenakan setting IP nya salah
    setting Ip 192.168.0.2 itu baru konek san subnet nya 255.255.255.0 dan gateway nya 192.168.0.1

    pasti konek,coba ping ke IP PC dah pada konek blum.dan pas pengimpingan nya bener ngak ??????
    sebener nya untuk konek ke internet apa konek ke sesama PC tu sebener nya gampang yg penting dalam set IP nya bener kurang
    DOT aja ngak konek mass klo ngak pakai gateway sebener nya bisa tapi gateway kan trun buat ke internet nya acces keluar

    met mencoba 🙂

  18. Kalo meneurut saya warna sangat berpengaruh karena klo buat standara risari
    kabel UTP udah ada urutan nya sendiri 2 misal nya klo memakai standar risasi panduit
    harus memakai putih orange,orange.putih hijau,buru.putih biru,hijau.pitih coklat coklat.itu untuk standar risasi cable UTP
    urutan ini udah jalan d luar negri d singapur. terutama bapak pengajar d Kampus makan nya ikut sertifikasi panduit
    biar lebih tau gimana untuk standari sasi cable UTp ,dan pemasangan yg standar,routingan yg bener>>>>

    bukan nya saya sok pintar ya
    🙂

  19. Salam buat Kang deden

    Saya mohon petunjuk, bagaimana cara untuk menarik jalur koneksi/ jaringan yang sudah konek dengan bandwith 512 dari kantor Dinas Pendidikan kota saya, ke sekolah saya

  20. Aku sangat berterima kasih atas website ini, karena saya banyak belajar dari website ini.
    sekali lagi terima kasih banyak.
    eno

  21. sangat baik sekali dapat memudahkan warga masyarakat untuk memahami tentang yang namanya jaringan komputer dan internet, selamat dan sukses untuk kemajuan bangsa kita

  22. Mas.. saya mau tanya.. klu saya mempunyai 3 PC trus ketiga nya saya mau hubungkan pake jaringan tanpa HUB, cara ngesetnya gimana? agar ketiga PC saya bisa saling berinteraksi misalnya di pake game.
    terima kasih.

    wanto

  23. mkasih bgt buat ilmuny mas, tp aku mo tanya kalo buat jaringan yang client server, buat nyambungin user baru ke server yang emang udh ada gmana sh caranya,.. padahal aku ud nyamain nama worgroupnya, trus pengkabelannya jga ga ada masalh,tp di servernya ga k detect,, settingan di servernya sendiri gmana yah mas, mkasih bgt buat jwabannya

    1. kalo warnet harus sama software billingnya.trus ip adressnya angka terakhirnya ga boleh sama dgn yg lain contohnya server ip 192.168.0.1 / clientnya 192.168.0.2 .tapi ga boleh sama dengan client yg lain

  24. aku memuji mu menjaga mu….
    mungkin rintihan hatiku memanggilmu….
    dapatkau mendengar nyawa hidupku…

    kreen kreen

  25. saya kuliah semester enam dan jurusan saya teknik komputer, tapi tah mengapa saya tidak bisa tentang jaringan…
    sebenarnya saya ingin sekali belajar, tapi saya tidak punya tutorial tentang jaringan dan tidak ada teman rumah yang bisa ditanyakan…..
    tolong saya berikan tutorial tentang jaringan dan kirim ke email saya….
    tanks dah mo dengerin dan bantuin saya……

  26. bagus bangetz n bhs ya dpake gampang bgt buat dngertiin.asyik bgt bc tulisannya n g bosen + pusing2 dech……!!!!baca keterangan yang dtulis ma akang:)knp cm di internet aja?????….ko g bkn buku sekalian j kn enk biar banyak yg tau n banyak yang cpt ngerti jg klo pengen bljr komputer……..!!!!!
    tp oks……!!!!bangetzzzz……!!!!!sukses y buat akang………!!!!!!!!

  27. buat Yang bikin ini thanks bangets gw jd lebih tau tentang internet and gw tambah suka sama loe.besok kita jalan nyoek!!!!!!!!!!!!!x!!!!!!

  28. Tonk Tulas-Tulis Nu teu bener !!!
    Tonk Kutrat-Kotret Di Cabok Ku aink ??
    Jadi Seolah-olah Pindah ke kanan tapi tidak Pindah???
    1/2 X 1/2 = 1 heeeeebat, Cabok ku aink..
    minggu harep kopi teu berlaku euy !!!

  29. Nama gw Danang ..
    w mw taubat ni di bulan puasa ini gw dah banyak dosa sama loe semua maafin gw yach !!
    minal aidin wal fa idin ??
    mohon maaf lahir dan batin

  30. Assalammlkm.Saya mau nanya,berapa sich harga komputer yang pentiumnya 10?Soalnya saya belum punya komputer buat praktek,tapi saya punya kabel UTP,BAGAIMANA SAYA NYOL0KIN KABELNYA kalau sy tdk punya prakteknya???Mau nyolokin di warnet nanti mahal?Wassalam

  31. mow tanya,saya konek 2 hub( hub a & hub b) , hub a terhubung dengan router yang terkoneksi dengan w-lan. mengapa koneksi internet dengan hub b ada yang mau ada yang tidak. mohon pencerahan.

  32. saya pingin banget buat warkos aliaze
    warnet kos2an servernya pakai linux apa ya bagusnya biar agak aman dari virus settingnya gmn? dan kalan pakai 10 client pakai windows ok’s banget nggak serta aku rencana pakai info asia bagus nggak ya itu? aku buta banget masalah jaringan mohon bantuan jawabannya. thank’s

  33. Wah sangat bermanfaat sekali nich. Kebetulan saya mahasiswa TI yang membutuhkan banyak referensi. Makasih banyak … semoga trus bersemangat. OK

  34. Ok juga, tapi urutan gak standar pun tetap bisa berjalan. BTW bos punya cara pasang kabel FO gak ? plus alat apa saja yg digunakan
    thanks yo

  35. Makasih atas ilmunya, kebetulan sekali saya lagi mencari informasi bagaimana cara memasang kabel jaringan,thanks sekali lagi atas informasinya semoga sukses selalu.!!!

  36. bacot lw smua

    deden say : ya namanya juga manusia normal jadi wajar lah kalo berbicara .. kecuali orang bisu kali yang tidak bisa bicara

  37. Artikelnya bagus, menurut saya kalau bisa lebih detail lagi jangan hanya yang dibahas cuma tipe “pier to pier” coba yang lainnya.Trima kasih banyak semoga ilmunya dapat bermanfaat bagi yang memerlukan. Amin.

  38. yehhhh aku baru tahu nihh pada ilmunya disini juga heeeee Makasih atas ilmunya, kebetulan sekali saya lagi mencari informasi bagaimana cara memasang kabel jaringan,thanks sekali lagi atas informasinya semoga sukses selalu.!

  39. dcni bnyak bgt ilmuna, tapi pas Q nyari ttg program MYOB akuntansi koq ga” ada ya.. bantuin donkk!!!! pleasejug kasih gmb aplikasinya thankss

  40. Artikelnya OK deh, tapi apa bisa dibahas juga bagaimana cara menghubungkan beserta alamat2 IP, DNS, WINS dalam OS windowsXP, karena di sekolah kami menggunakan dua HUB dalam ruangan yang berbeda tapi tidak bisa berkomunikasi, walaupun kabel UTP antar HUB sudah di”switch”..? Thanx.

  41. wah keren banget ne kita bisa nimba ilmu di sini palagi untuk mahasiswa kayak saya yang sering gak conek ma dosen, kan bisa conek di sini hehehehehehehewheleh

  42. saya punya hub, pc 3 trus mo dibuat jaringan LAN, gmn caranya??
    os yg saya pakai windows xp sp 2, apakah perlu dibuat ip addresnya? thx

  43. assalamualaikum….wahh…makasih banget mas info nya,,,sangat berguna,mas aku lagi ada masalah,aq lagi coba buat router yang menggunakan redhat9,ya lagi belajar sih,,,ya dalam penyetingan kurang ngerti bahasa linux,,maklum baru pemula mas,,mas tolong kirimi artikel nya donk ke email ku wahyudi_tk@yahoo.com…maaf jika ada bahasa yang kurang sopan…
    makasih,,,
    waalaikumsalam

  44. saya mau tanya…
    giaman cara mentransfer data dari laptop ke komputer..?
    kabel apa yang di butuhkan untuk memindahkan data tersebut../?
    kalo kabel converter ID to USB bisa gak…?
    tapi saya gak tau apa itu converter ID to USB…?

  45. mas gimana cara nyetting kompeter server dan client bila kita memakai os windows xp, dengan jumlah komputer 10 unit. mohon bantuannya mas

  46. dulu aku di suruh masang kabel rj 45 dari hub ke komputer terus aku pergi ke warnet cari solusinya and aku mendapatkan solusinya……….thanks nyaaaaaaaaaaaaaaaaaa

  47. thanks, dengan penjelasan di atas, saya dapat mengerjakan soal ulangan KKPI saya dengan sangat mudah dan saya yakin saya akan mendapat nilai yang memuaskan

  48. heheh ternyata..banyak yaa yang jadikan refrensi dari Bli Budi ( Baliwae) untuk tutorial ini.., dan semuanya rata2 tinggal copas aja 😦

  49. Lumayan kang,.. Cukup Membantu. Gak sah dengerin yang komentar aneh2. Teruskan aja buat artikelnya. tak tgg bahasan menarik selanjutnya. Good Luck……

  50. Trimaksih dah maw bca,
    saya maw tanya nie mdah2an boleh.
    saya lg blajar yang namanya jaringan, baca dan ada pertanyaan.
    Di buku saya membaca, pada metode Straight maupun Cross terdapat kode antara lain :
    -Tx data + (transmiter/pengirim data +)
    -Tx data – (transmiter/pengirim data -)
    -Recv/Rex data + (Receiver/penerima data +)
    -Recv/Rex data – (Receiver/penerima data -)

    Pertanyaan saya, apa sih maksudnya tanda + dan – pada masing2 kode tersebut?
    Dan tolong berikan contoh tentang data +/- tersebut?

    Mohon jawabannya dikirimkan ya ke e-mail saya,
    hehehe…sori terlalu banyak nanya…
    Terima Kasih..

  51. Pertanyaan : mas-mas saya mau tanya sedikit menganai Fungsi-fungsi kabel UTP;
    1. Kabel warna Oranye Muda dan oranye tua fungsinya apa ?
    2. Kabel warna hijau muda dan Biru Tua Fungsinya apa ?
    3. Kabel warna biru muda dan hjau tua fungsinya apa ?
    4. Kabel warna coklat muda dan coklat Tua Fungsinya apa ?

    Terima kasih mohon penjelasan

    Obed Nissi dari NTT.

  52. kalau kita lihat kabel UTP ada 8 urat untuk itu kalau ada pengalaman tetang cara kerja dan fungsi dari kabel-kabel ini tolong juga di jelaskan.

  53. Wah bermanfaat sekali nich artikelnya, cuma ada satu hal yang mesti saya tambahkan untuk mas admin blognya menganai susunan warna kabel utp yang benar sesuai standart, yaitu :

    1. orange muda
    2. orange tua
    3. hijau muda
    4. biru (biru tua)
    5. biru muda (biru putih)
    6. Hijau tua
    7. coklat muda
    8. coklat tua

    Coba mas perbandingkan susunan saya dengan susunan mas diatas, letak perbedaannya terletak pada urutan kabel no 4&5 yang tertukar susunannya berdasarkan standart …

    Coba mas berkunjung ke sini : http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:UTP-Crossover.png

    Terima kasih …

    by
    ranggolawi

  54. Hmm.. Bener bgt tuh Mas Ranggolawi. Aku juga tertarik mau tambahin informasinya sedikit ya.. Sebenarnya apapun urutan warna yang akan kita pasang tidak akan menjadi masalah, asalkan kedua ujung UTP yang akan kita buat memiliki urutan warna yang sama. Namun, gmn jadinya jika kita bekerja di lingkup network yang besar, yang melibatkan banyak orang. Atau kita diharuskan meneruskan pekerjaan orang lain dalam mambuat jaringan. Tentu akan membingungkan bukan..? Karena itu penting dibuat standardisasi pemasangan kabel. Tentu kita tidak perlu juga membuat standard sendiri karena sudah ada lembaga yang membuat standard tersebut secara internasional yaitu TIA/EIA. Mereka mengeluarkan dua buah standard yang umum kita kenal yaitu EIA/TIA-568A dan EIA/TIA-568B.

    Urutan warna untuk kabel straight standard EIA/TIA-568A adalah sbb :
    1. Hijau putih
    2. Hijau
    3. Oranye Putih
    4. Biru
    5. Biru Putih
    6. Oranye
    7. Coklat Putih
    8. Coklat

    Sedangkan untuk kabel straight standard EIA/TIA-568B adalah sbb:
    1. Oranye Putih
    2. Oranye
    3. Hijau Putih
    4. Biru
    5. Biru Putih
    6. Hijau
    7. Coklat Putih
    8. Coklat
    Umumnya di Indonesia memakai standard EIA/TIA-568B.

    Sedangkan untuk urutan kabel cross-over adalah sbb:
    Ujung 1 Ujung 2
    1. Hijau putih 1. Oranye Putih
    2. Hijau 2. Oranye
    3. Oranye Putih 3. Hijau Putih
    4. Biru 4. Biru
    5. Biru Putih 5. Biru Putih
    6. Oranye 6. Hijau
    7. Coklat Putih 7. Coklat Putih
    8. Coklat 8. Coklat
    Intinya, dalam membuat kabel cross-over, kita memakai urutan standard 568A di ujung yang satu, dan memakai standard warna 568B di ujung lainnya. Hehehe, mudah bukan..? 🙂

    Lalu kapan kita menggunakan kabel straight & cross-over..?
    Kabel straight dipakai untuk menghubungkan alat-alat sbb :
    – PC to HUB
    – PC to Switch
    – Router to Switch
    – Router to HUB
    Kabel Cross-Over dipakai untuk menghubungkan alat-alat sbb :
    – PC to PC
    – Hub to Hub
    – Switch to Switch
    – PC to Router
    – Router to Access Point

    Yah, segitu aja dulu informasinya, kalo ada yang salah tolong dibenerin yah..

    Regards,

    anto

    1. Wah mas, yg sangat pintar, terima kasih yg sangat tak terhingga,.. krna sudah mau berbagi Ilmu seperti ini, yg sudah lama sy cari namun ga tau & ga ketemu, apa mungkin saking bodohx saya, … yg ingin saya tanyakan, klo jaringn dari PC 1 ke PC 2 langsung, bagai mana cara settingx klo kita ingin share data atau printers, misalx di PC1 ada printerx, terus di PC 2 ingin melihat data di PC 1 & ngeprint lewat jaringan, bagaimana ya mas mohon dijelaskn, sebelumx terima kasih maaf sy org deso yg bodoh ingin belajar, sy bener2 belum tau……!!!!!

  55. Mas, saya mau tanya kenapa kabel LAN saya selalu putus nyambung terus.
    sedang kan pada saat merangkai telah saya test menggunakan test dan hasil nya normal.
    saya sangat berharap mendapat informasi untuk memperbaiki jaringan LAN saya, terima kasih

  56. terimas kasih atasinformasinya. ingat perkara yang dibawa pada saat kita meninggal adalah ilmu yang berguna bagi orang banyak. makasih mas deden salam kenal yah

  57. Thanks atas info nya..smoga bermanfaat bagi kita semua..n aku ga jadi beli buka “membuat jaringan komp” di gramedia..hehe
    n smoga berlimpah pahala n rahmat dari Allah, atas ilmu yg dibagi tanpa pamrih:)

  58. Thanks atas ilmunya, sekalian tanya nih, gimana kalau mau pasang dari access point ke lan, pakai urutan staight atau cross, apakah semua lan card bisa di pakai?

  59. Permisi OM yg punya Blog.

    salam kenal buat semua,
    bagi yg suka donlod software, ebook, film, lagu, game dll yg berada di server Rapidshare.com ato Megaupload.com, dan belum punya acc premium, saya menawarkan Acc Premium Rapidshare.com n Megaupload.com, mulai dari yg 1 bulan ato lebih.

    Yg minat silahkan hubungi Yahoo Messenger “ikhtiarku” ato sms di 0857-10684397.

    thanks

  60. salam

    saya mau membuat jaringan LAN dengan menggunakan OS windows XP, tetapi saat kabel saya hubungkan ke hub dan PC saya ternyata tidak mau connect, padahal saat saya tester semua lampu led menyala. mohon penjelasannya

  61. saya baerterima kasih kepada oramg yang telah membuat jaring an yang asang ta di butuh kan di dunia ini saya sangat kagum kepada oran gyang telah memberikan ilmu baru kepada oramg-orang yang sangat membutuhkan nya termasuk saya sendirri.

  62. terus kalau sudah berhasil konek.bagaimana setting supaya bisa sharing file.saya sudah sukses berbagi internet (laptop ber-wifi vs pc).

  63. mas…bknnya kalo hubungin PC ke router mesti pake kabel rollover(bkn kabel cross)???mohon penjelasannya….thx

    Komentar oleh jo — 11 Agustus, 2008 @ 12:23 pm

    Mas Jo, mohon maaf ada kesalahan pada komen saya di atas tentang penggunaan kabel. Untuk pertanyaan Mas di atas (sekaligus ralat dari komen saya) adalah sebagai berikut :
    – Untuk menghubungkan PC – Router, menggunakan kabel straight (menggunakan ethernet port di masing2 device).
    – Untuk menghubungkan PC – Router (biasanya untuk mengatur konfigurasi router), menggunakan kabel UTP dengan urutan warna rollover. Dalam hal ini, router menggunakan console port (bukan ethernet port) dan pada PC menggunakan port COM(1/2), sehingga kita memerlukan konverter RJ45 to DB9.

    Mohon maaf ya atas kesalahan di atas, dan semoga jawaban ini bisa membantu.

    -anto-

  64. mas…mohon pencerahannya
    kalau di kantorku ada PORT untuk ke HUB… jadi Type yg di gunakan dari PORT ke HUB ( pakai STRAIGHT atau CROSS )

    Terima Kasih

  65. Ping-balik: Ba3h4q1’s Blog
  66. Sebenarnya penjelasannya udah sangat jelas sekali, mungkin akunya aja yang oon (jadi agak lambat nyambungnya)mas bagus euy tulisannya. akan ku coba terus tuk mempelajrinya. makasih ya mas!!

  67. tolong donk mas kalo bisa jelasin juga fungsi dari masing2 kabel, misalnya fungsi dari kabel oranye pada tipe straight buat apa? atau dan lain2nya. makasih.

  68. Alo Bro….!!
    mana yang punya blog kok gak beri tanggapan ….sibuk ya ….???
    tuh banyak teman-tamne dah sempatkan mampir ke blogmu dan banyak juga teman-teman yang kurang paham…. dan minta penjelasan ..!!
    klo Bro punya Waktu alias tidak sibuk …… luangkan waktumu untuk memberi tanggapan ato jawaban biar teman-temang gak selalu kecewa lihat balasan dari bro …..???
    tq bro …. !!!

  69. mas mas ato pak pka
    maaf saya mo buat blog temane tentang LAN sebagai tugas sekolah
    saya udah buat n temane persis yang anda buat
    gpp y
    makasih sebelume

  70. Sekedar menambahkan.
    Berdasar pengalaman pribadi, saya seting jaringan dgn 7 pc pakai hub dengan urutan warna tidak sesuai aturan CAT 5 ( asal warna di ujungnya sama ) memang tidak ada masalah. Akan tetapi setelah hub saya ganti dengan switch masalah mulai muncul. Hanya pc yang kabelnya pendek sj yg bisa konek. Utk yang jaraknya lebih dr 10 meter tidak mau konek. Setelah urutan kabel saya rubah mengikuti aturan CAT 5 baru semuanya bisa nyambung. Dan jaringan tsb tdk ada masalah selama 5 tahun ini. Akan tetapi setelah switch saya rusak dan aku beli yg baru merk ASUS ( 8 port ), kok setiap pagi pada saat ngidupin komputer seringnya gak mau konek seolah-olah gak dapat IP (seting obtain IP automatically). Harus direstart dulu switch saya baru mau nyambung lg. Ada yg tahu solusinya gak ya?

  71. walah jadi lebih pengen tau tentang jaringan…
    nah misalnya qta ga punya crimp tool apa yang bisa dipake untuk mematikan kabel UTP dikonektornya????

    thx….

  72. Sebelumnya makasih kepada Kang Deden..
    cara diatas udah saya praktekkan.. saya pasang jaringan LAN untuk komputer dikantor saya pake cara diatas.. dengan bantuan HUB D-Link cuma dapet Speed 10 Mpbs..

    begitu saya modifikasi hanya pakai 4 PIN seperti ini…
    1. Biru Tua
    2. Biru Muda
    3. Orange Tua
    6. Orange Muda

    wow… Speed jadi 100 Mpbs
    alhamdulillah.. akhirnya berhasil juga..

  73. Kang kira-kira berapa maks jarak kabel yang dibutuhkan untuk menyampaikan data menggunakan hub, karena kemaren saya test memakai kabel +- 30 meteran data tidak nyampe – Hub to Hub menggunakan Cross

  74. Mas tolong kasih tau bagaimana caranya memasang kabel UTP untuk menghubungkan dua komputer tanpa memakai HUB.
    Terima Kasih.

  75. terimakasih yahhh ilmunya, cape cari-cari tanya-tanya orang, pada gak genah jelasinnya malah di bawa ke “jurang” + ada yang pelit ilmu…. 😦

  76. oke, ilmu ini sangat bermanfaat sekali bagi ku dan mudah-mudahan dapat bermanfaat sekali…..tiada hal yang tidak mungkin liat saja bawasannya ketidakpastian mash ada…

  77. Mas saya adalah tenaga suka rela pada salah satu instansi pemerintah, saya belajar komputer dari otodidak karena saya gk mampu beli buku apa lagi kursus, besar harapan saya agar Mas dapat mengajari saya pada bidang pemasangan jaringan mulai dari Instalasi hardware sampai manajemennya. Smoga Mas dapat membantu saya,,

    ini e-mail sy echa_dt44@yahoo.com

    Saya haturkan banyak terima kasih.

  78. Senang aja dengan situs ini, kalau memberikan informasi tidak setengah-setengah, langsung ke inti permasalahannnya. tidak seperti web-web free lain….kudu di link kan ke sana kemari, bagi orang awam akan bingung deh…. mana banyak iklan web lagi,,,, ampe pusing dan kesal…. nah kalau di sini sederhana tetapi mengena…. makasih yah Ilmunya…..

  79. thenk kyu atas infonya yang bermanfaat bos cos selama ini kalo ngeimping q jarang nganut standartnya yang penting ujung 1 sama 1 nya sama 🙂

  80. mantap mas..
    sungguh artikel yang bagus banget..
    sama kayak yang diajarin sama dosen jaringan komputer di kampus..
    boleh neh mas jadi dosen jaringan komputer.

    habis nya expert banget di bidang jaringan
    hoohoho…

  81. keren abis, mohon ijin untuk beberapa tulisan saya copy dan diterbitkan kembali di blog untuk anak2 didik saya.
    makasih sebelumnya.

    Bravo IT

  82. memahami cara kerjanya Q kira rumit tapi semakin dipelajari semakin isa???dan mengerti??
    lain kali saya mohon yang ada gambarnya detai y pak???
    jangan separu-separuh???
    he………3x??
    salam kenal aja dari aQ???

  83. CLIENT-SERVER

    Client Server merupakan model jaringan yang menggunakan satu atau beberapa komputer sebagai server yang memberikan resource-nya kepada komputer lain (client) dalam jaringan, server akan mengatur mekanisme akses resource yang boleh digunakan, serta mekanisme komunikasi antar node dalam jaringan.

    Jenis layanan Client-Server antara lain :

    v File Server : memberikan layanan fungsi pengelolaan file.

    v Print Server : memberikan layanan fungsi pencetakan.

    v Database Server : proses-proses fungsional mengenai database dijalankan pada mesin ini dan stasiun lain dapat minta pelayanan.

    v DIP (Document Information Processing) : memberikan pelayanan fungsi penyimpanan, manajemen dan pengambilan data.

    Semoga bermanfaat.

    Salam dari kami :
    KOMUNITAS PELAJAR ILMU KOMPUTER INDONESIA

  84. terimakasih banyak untuk mas sony,,
    aq setelah baca artikel ini jadi lebih tau tentang nyambung kabel utp,moga bermanfaat dan menjadi energi positif bagi pembaca lain yang awam

  85. koreksi dikit ya….
    urutan kabel tutorial diatas tuh ada yang salah…
    seharusnya tuh:

    straight:
    1. putih orange
    2. orange
    3. putih hijau
    4. biru
    5. putih biru
    6. hijau
    7. putih cokelat
    8. cokelat

    Cross:
    1. putih hijau
    2. hijau
    3. putih orange
    4. biru
    5. putih biru
    6. orange
    7. putih cokelat
    8. cokelat

    terus….
    kalau memakai rumus 1-3 2-6 memang bisa tapi kalau di pakai untuk area yang jauh (>50M)itu akan bermasalah (ga bisa konek)makanya saya sarankan gunakan urutan standarisasi internasional untuk memaksimalkan koneksi anda

    (kalau ada yang salah silahkan di koreksi, jangan di koleksi)

  86. *acungkan jempol…
    pelajaran yang sangat bagus…
    cuman sayang, saya tahunya setelah menghabiskan 25 buah RJ-45 :((
    Setelah mengikuti “petunjuk” diatas, langsung jadi connectionnya..hebat..
    Emang belajar itu ternyata ada ongkosnya ya hehe…

  87. mas kok ruwet c tutorialnya, mbok yo sing gampang wae… tsedikit tapi yang terpenting mudah gt lho
    yang terpenting urutanya trus gambar di bawahnya gt lho,,, jangan banyak bacot

    1. iya saya juga heran kalau cm berguna 4 kenapa harus sampe 8 >.< emang 4 lg itu buat apa? mgkn pengawalnya kali wkwkw

  88. minta pencerahan ,misalnya ada 5 laptop dan 2 PC dibuat lan kabel tanpa hub apakah bisa dan bagai mana jaringan penyambungan.
    matur nuwun. mas

  89. Ping-balik: MoehQi's Blog
  90. pa kabar semua…

    ginilo, aq ada kendala ne…di scoll aq tu ada fasilitas hot spot ya, trus aq coba bawa laptop aq ke scoll buat conec ke internet pake wi-fi tu kok susah banget. uda nyambung tapi dak bisa ol,,,

    gimana za caranya agar bisa ol gitu…
    mohon bantuan tips and triknya!!!
    ma’lum ne soalnya masi siswa jadi lom seberapa ngerti tentang hal yang seperti itu.

  91. ka BANTUIN AKU BELAJAR PENGKABELAN JARINGAN DONX??????????
    SOALNYA AKU SEKOLAH ambil jurusan teknik komputer jaringan
    plizzz kasih aku tips buat bisa mempelajari pengkabelan jaringan yang cepet ea……
    kirim ke email aku aja
    sebelumnya makasih 🙂

  92. sipp sip.. thanks bgt boy,, uda dr dl aq sbenere pengen blajar jaringan ,tp yang gampang lum taw almt web nya..

    bwt deden sukses ya .

  93. kurang mengerti maksudnya tlg dijelaskan lebih jelas lagi …

    oyyaa ..
    bgaiman cara beljar mudah supaya cepat mengerti cra pemasangan kbel jaringan itu…

  94. MAU NTANYA NICH OM……… apa sich masing-masing fungsi dari 8 kabel yang terbungkus mulai dari putih orange, orange, putih ijo, ijo, putih biru, biru, dan putih coklat, coklat………….tolong balas di email saya kie_chikychikz@yahoo.com

  95. ow………..
    ngoten thow…makaci aku jadi punya tambahan referensi dech….
    o iya mo tanya.
    “masa lo kabel 4,5,7, & 8 gag di pasang gak papa.??gag ada efeke gitu..??

  96. keren mas, terima kasih informasinya. tapi yang alinea terakhir agak bingung. pin itu maksude yang mana? terus yang ini “ujung-ujungnya tiap kabel penulis kelupas lagi menggunakan cutter” ? bukankah memang harus diratakan agar terkoneksi 1-1 dengan konektornya? tolong dijawab ya…

  97. trimakasih banyak………………………………… ^_^

    kalau pake buat maen game online atau pc to pc bagusnya menggunakan kategori apa yah……………..

  98. nah saya pun karna tidak di ulang2 lupa urutan kabel ny..
    terimakasih anada sudah mengingatkan kami semua dan memberikan sedikit ilmu nya pada kita sema.. thx sob..

  99. Terima kasih banget ya bro …atas ilmu yang loh kasih,
    ,,,,,
    mudah2an kamu akan mendapatkan ilmu yang belum kamu ketahui.,,,
    sehingga dapat berbagi kepada temen2 ,,,,,
    🙂 thaks banget loooo

  100. tiada kata lain yg bsa q ucapkn kecuali “TRIMAKASIH”, krna brother q jdi mngerti ,,, thanks..thanks.. thanks..

  101. mas, bisa gag masang kabel utp tanpa crimping tool, soalnya gag punya neh…..
    tolong pencerahan nya…….

  102. kalo untuk penyetingan IP sama yang lainnya sama cross dg yang straigt.
    dan kalo untuk mengoptimalkan transfer data bagaimana caranya…. balas ya ke e mail saja
    . blognya keren mas makasih

  103. saya udah berhasil pasang kabelnya tapi tdk semua lampu di tester nyala waktu sy coba pake berhasil cuma kecepatan downloadnya sangat kecil d banding yg lain apa ada pengaruhnya??

  104. assm kumaha damang kang deden sakuluwargi di bandung,kang deden mohon maaf teu tiasa ka bandung,trus akang kapan ka jakarta,kang abdi hoyong belajar tentang it lebih dalam,

  105. kang saya bingung gimana caranya 10 komputer di sekolahan saya yang biasa untuk praktek tinkom bisa saya pantau dari komputer saya yang ada di kantor (berbeda ruangan)

    Postingin ya kang. beri tahu di emailku : ahmad.sumargono@yahoo.co.id

  106. saya pasang internet atau jaringan dirumah…
    trus yg saya mau tanyakan gmna cara nyambungin jaringan biar PC dikmar adik saya bsa internetan..
    yg singkat dan mudah ya agan…
    mksih

  107. saya lagi mau ada kerjaan untuk pemasangan kabel tray mohon penjelasan alat/perkakas apa2 yg harus di sediakan

    Terimakasih

    Balas

  108. Hatur nuhun kang Deden kanggo elmu na…, kantor abdi teh nembe pisan ngalih…
    abdi janten tiasa ngagentos konektor anu parantos reksak…

  109. mas mo nanya, ceritanya saya kan beli kabel UTP 5e belden yang dicrimping cross, buat koneksi ad hoc pc ma laptop
    trus setelah disambungin ternyata gak bisa konek, lan devicenya tetep unplug padahal tuh kabel udah dicolok..,
    lalu inisiatif saya nyoba nyolok pake kabel yang straight eh malah ternyata bisa konek,
    yang saya bingung itu kenapa kabel cross saya gak bisa konek padahal klo kabel straight bisa., aneh banget secara klo koneksi ad hoc 2 komputer kan pake kabel cross yah??, mohon dikoreksi kalau salah..

  110. standar buat tipe “cross”.Masih bingung? Begini cara mudahnya:Ujung pertama:

    1. oranye muda
    2. oranye tua
    3. hijau muda
    4. biru muda
    5. biru tua
    6. hijau tua
    7. coklat muda
    8. coklat tua

    ngak salah tu?? 🙂
    4. biru muda
    5. biru tua

  111. gimana mas kalau memakai barel rj45, apakah ad pengaruh
    krn wkt saya dpet job pmasangan LAN kbel.nya gk sampe
    trus sy smbung pke barel, dan hsilnya putus-nyambung……

  112. nanya bozz..
    kan yg dipake itu urutan 1, 2, 3, dan 6, dan beberapa saya lihat kabel dapat dari beli access point maupun router urutan 4, 5, 7, 8 tidak terpasang (untuk straight) dan bisa digunakan, setalah saya coba salah satu urutan 4, 5, 7, 8 itu tidak terpasang, malah tidak nyambung.. switchnya kedip2 tapi pelan.. apakah ada pengaruh dari salah satu urutan yg tidak terpasang itu? ato memang harus semuanya nyala kan yg cuma terpakai 1,2,3,6 ?? mohon solusinya… bingung nih.. makasih

  113. Saya ingin berdiskusi Mas. Sy ada memsg Speedy ngambil paket familia, sy tanyakan ke telkom katanya paket tsb dirancang utk 10 unit Komp (Posisi Modem ada dirmh saya). sy beri gambaran skema pemasangannya :
    Dari Modem (D-link) ke switch (D-Link 10/100 Fast Ethernet Switch 8 Port) saya bagi untuk 2 Komp (1 sy sendiri 1 lg tetangga sy dgn jarak ±20m) kemudian saya bentang kabel sepanjang ±70m masuk ke switch 8 port utk dibagi 3 unit Komp (1 dgn jarak ±15m, 1=20m & 1=40m) dari switch tsb sy bentang lg kabel sepanjang ±100m ke switch 8 port (swith ke3/terakhir) dr sini saya bagi utk 7 Komp. dgn jarak bervariasi dari 15m hingga 50m.
    Jadi jumlah pengguna seluruhnya 11 Unit.
    Agar seluruh pengguna jaringan internet tsb dpt menggunakannya secara optimal walaupun ada sebagian pengguna ada yg sdg download dan sebagian lg browsing, bgmn cara pemasangan yg benar dan apakah alat yg sy pergunakan tsb sdh memenuhi standar atau mungkin ada perangkat bantu lain utk menunjang jaringan tsb.
    Demikian mas, mhn maaf apabila ada kesalahan/kekurangan dlm penulisan sy.
    Trims, Febry.

  114. ok Lah…. mas deden,,,, jgn bosan teruskan….ke yang lebih jauh lagi………………………………..!!!!
    semoga bermanfaat…….

  115. wah makasih banyak atas ilmunya,

    saya mau nanya om, kata guru SMP saya klo dari PC ke Router pake jenis rollover kan, nah konfigurasi kabelnya gmana,
    trus bedanya UTP sama STP apa ya om?

    sebelumnya maaf klo banyak nanya, hhehe.
    terima kasih

  116. Sesuai judul.. mau jual Kabel UTP CAT 5e merk FIRST LINK
    “Daripada beli merk lain yang murah tapi tidak tahu kualitas nya, lebi baik pakai FIRST LINK saja.. Harga Murah, Produk Berkualitas, Bahan FULL ALUMINIUM, dan jacket cover terbuat dari karet yang TEBAL dan TIDAK MUDAH SOBEK (Ga percaya? Datang, Lihat dan Buktikan!).. Kualitas dan mutu terjamin! Koneksi DIJAMIN 100% BAGUS (Sudah diuji coba 120 METER Konek dari PC ke PC alias Peer to Peer Masi CONNECTED dan BISA TRANSFER DATA”

    http://indonetwork.co.id/ptmetroglobal/2302664/firstlink-cable

  117. ok mas bagus banget informasinya terimakasih ya…..!

    mas saya juga mau nanya kalau ada dua komputer dihubungkan dengan kabel cros misalnya komputer A mempunyai jaringan atau modem untuk mengakses internet sedangkan komputer B tidak mempunyai modem untuk mengakses internet, nah yang mau saya tanya jika komputer A dan B dihubungkan dengan kabel cros lalu di setting sedemikian rupa apakah komputer B juga akan bisa mengakses internet ?

  118. Apa Yang Terjadi Jika Kipas Processor Tiba-Tiba Berhenti

    Percobaan melepas kipas processor pada saat komputer sedang aktif Salah satu komponen komputer yang memegang peranan penting dalam menjaga kestabilan komputer pada saat beroperasi adalah fan processor atau kipas processor. Jika kipas processor bermasalah sehingga putarannya tidak maksimal maka efeknya adalah naiknya suhu processor. Jika suhu processor terlampau tinggi maka komputer biasanya suka nge-hang atau tiba-tiba nge-restart sendiri.

    Nah.. apa yang terjadi jika tiba-tiba kipas processor berhenti sama sekali pada saat komputer dalam keadaan aktif ?? untuk menjawab pertanyaan tersebut saya mencarinya di situs YouTube, dan ya.. saya berhasil menemukan sebuah video yang isinya merupakan percobaan terhadap beberapa jenis processor untuk mengetahui apa efeknya jika kipas dan heatsink processor dilepas dalam keadaan komputer sedang aktif, klik disini jika kalian tertarik untuk melihat videonya

  119. T.O.P…… pas…. dr pd pake tenaga teknisi yg ngeluarin fulus gede, lbh baik masang ndiri, walaupun byk konektor yg kebuang wkwkwkwkwkwk…..
    MAKASI PENGALAMANx

  120. salam…sy nk tnye mengenai smbungan peer to peer komp…IP setting yg betul sbnrnye cmne ye? n selain settingkn IP nye n gune Cross Cable ape lg yg perlu ye tuk mmbuat smbgn antara 2 komp ni? tq…

  121. kakak maksih yach udah ngebantuin cara masangin sendiri kabel utp untuk jaringan><<<<<<<<<<<<<<<<<<<<trims

  122. PC-PC ato PC-HUH…OK

    bagai mana kalau
    1. LAN ke LPT Printer
    2. LAN ke COM / LPT
    3. USB ke LPT / LAN

    nb: menggunakan kabel jaringan

    TOLONG INFONYA KALAU ADA YG TAU…

  123. terimakasih atas artikelnya. artikel ini sangat berguna bagi saya untuk membangun sebuah jaringan…..

    thanks

  124. Numpang coret gan,sebenarnya yang sangat menarik adalah artikel yang mampu mengundang berbagai macam polemik dalam komentar,terima kasih jika mengisinkan kementar ini dimuat karen saya juga menyediakan beberapa panduan dan cara belajar memasang LAN dan konfigurasianya yang di paket dalam master produk 12GB yang murah karena bisa nego

  125. ass,
    mas sya mw tnyaa doong,
    gmna cii cra mmbuat kbeel jringn dngn cara yg simple…!

    tlong d.jwab yaa massa…

  126. wah ,,,lengkap sekali itu pengetahuan nya .
    lebih lengkap dari yang di ajarkan sama guru smk saya.
    thanks iyya udah mau kasih informasi nya
    info nya berguna banget bagi saya.

    1. sudah jelas ditegaskan saya ini pemulung yang mencoba memanfaatkan limbah sebaik mungkin …. mungkin bagi anda yang pintar dan hebat ini sampah, tapi ingat masih banyak orang yang memang masi membutuhkan sampah …

  127. Terima kasih yaa …. atas informasi tentang ini berguna nih untuk tugas aku.
    sekali lagi makasih…………. haha akhirnya selese.. Tq!

  128. bos,ditempatku warnet 10 client,paket speedy ku 1 mega.tapi klo di tes kgk pernah dapet 1mega,napa ya bos…tolong ilmunya dong makasih sebelomnya.

    1. 1 mgps (Mega Byte Per Second) itu dibagi-bagi ke komputer yang lain dan semua aplikasi yang mengecek update secara otomatis. Kalau mau yang cepat, makanya belajar HACKING!

  129. Wah mas, yg sangat pintar, terima kasih yg sangat tak terhingga,.. krna sudah mau berbagi Ilmu seperti ini, yg sudah lama sy cari namun ga tau & ga ketemu, apa mungkin saking bodohx saya, … yg ingin saya tanyakan, klo jaringn dari PC 1 ke PC 2 langsung, bagai mana cara settingx klo kita ingin share data atau printers, misalx di PC1 ada printerx, terus di PC 2 ingin melihat data di PC 1 & ngeprint lewat jaringan, bagaimana ya mas mohon dijelaskn, sebelumx terima kasih maaf sy org deso yg bodoh ingin belajar, sy bener2 belum tau……!!!!!

    mohon carax, jika berkenan Inbox ke email saya ya mas.
    poetrasulung17@gmail.com

    terima kasih

  130. Ass..

    Mau tanya kenapa pada kabel UTP yang dipakai cuman 4 pin padahal isinya ada 8 pin, sama satu lagi kenapa juga kerapatan tiap katagori pada kabel UTP berbeda.

    thanks

  131. assalamu’alaikum

    saya ingin tau cara menginstal jaringan komputer..
    bisa g di kirim ke e_mail saya..

    makasih sebelumnya…

  132. aku pucing ni dan aku ada masalah dalam kantor di pt aku,,
    masalhanya gak bza ngeprint dari user ke epson n ada yg bisa bantu aku manduin gak supaya bisa ngeprint kembali,,,
    makcihhh

  133. warna kabel lan berfumgsi untuk apa saja??
    misalnya :
    warna kabel untuk download warna nya :orange putih,orange,hijau putih,biru dll…

    kasii tau donkz…

    terima kasiii… 🙂

  134. Kabel Stright menggunakan UTP kat 5e sebaiknya mengikuti standard TIA/EIA 368B/368A, saya sudah coba untuk membuat aturan sendiri yang penting sama pada ujungnya, ternyata hanya mampu dibawah 10meter, diatas 10 sudah saya coba berulang-ulang mengganti rj45 tidak ada efek dan tidak bisa konek. Setelah mengikuti standard kabel sampai 30meter sekali coba langsung konek..

  135. saya tertarik dengan website ini,menurut saya website ini bisa membuat saya jadi lebih tau dan bertambah segala ilmu saya untuk men dalami suatu jaringan yang mungkin sekarang masi saya pelajari, dalam pelajaran jaringan yang saya pelajari saat ini di sekolahan saya belum bisa detail dalam pengertian jaringan itu sendiri, saya minta penjelasan lebih jauh lagi tentang jaringan?? saya minta tolong penjelasan dari anda,, jika ada kata yang mungkin tidak baik saya minta maaf dan trima kasih sudah memberi informasi tentang ini,,semoga bermanfaat buat saya dan yang lain.nya

    di balas ya…. thank’s……

  136. Good write-up, I am regular visitor of one’s blog,
    maintain up the nice operate, and It is going
    to be a regular visitor for a lengthy time.

  137. Agen Bandarq online, Poker online, Capsa Susun, DominoQQ, AduQ, Bandar66 Terpercaya di Indonesia
    INFODOMINOQIU – Agen Bandarq online, Poker online, Capsa Susun, DominoQQ, AduQ, Bandar66 Terpercaya di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s