myDeden.Kom

Pemulung yang Berusaha Memanfaatkan Limbah Sebaik Mungkin

Teknologi Informasi Menuju Surga

Posted by kang deden pada 9 Februari, 2007

Memasuki bulan suci Ramadhan, prosesi ritual yang syahdu kembali kita nikmati. Terbayang sejuknya di waktu subuh, setelah shalat subuh, mendengar alunan lafaz bacaan Al Qur’an. Pasti lebih indah lagi jika bisa mengerti & menjiwai isi kitab suci Al Qur’an dalam bahasa ibu kita – di barengi dengan silaturahmi ukhuwwah islamiyah menjadi ciri khas terutama di akhir Ramadhan. Ah lengkap sudah kebahagiaan hidup umat manusia jika saja semua dapat menjalani jalan yang lurus. 

Alhamdullillah, teknologi informasi & internet pada hari ini telah banyak memudahkan & memungkinkan banyak hal, batasan ruang, waktu menjadi hilang. Silaturahmi dapat dilakukan kapan saja. Ukhuwwah Islamiyah menjadi lebih berkualitas seiring frekuensi interaksi bebas hambatan yang dilakukah. Pemahaman arti Islam mengakar, tidak  dogmatik yang sulit diterima logika.


Internet mungkin bisa menjadi tempat yang paling baik untuk mempererat ukhuwwah islamiyah, berbagai forum & komunitas menjamur secara aktif mengajak umat untuk bersilaturahmi. http://www.myquran.com & http://www.pesantrenonline.com adalah segelintir situs Indonesia di Internet yang memungkinkan kita berinteraksi sesama umat sambil mempertebal Iman. Bahasa Indonesia memang menjadi bahasa komunikasi di situs tersebut. Beberapa hal yang mungkin bisa kita lakukan pada saat surfing di situs tersebut, seperti mendengarkan Al Qur’an, hadits, berkumpul dengan komunitas.

Ada beberapa bahasan hangat seperti curhat muslim, remaja islam, malaikat, jin & mahluik gaib, ekonomi islam, pernikahan muslim. Yang mungkin akan sangat membantu adalah link ke berbagai situs muslim lainnya.

 

ti1.JPG

 

Bagi anda yang ingin mempelajari lebih dalam tentang Islam, barangkali situs http://www.al-islam.com yang bermarkas besar di Arab dapat  menjadi panutan. Berbagai pengetahuan tentang Islam dapat di peroleh di situs ini, termasuk dalam bahasa melayu (
Indonesia) – yang termasuk paling saya suka adalah kalkulator untuk menghitung zakat agar kita betul-betul bersih dari kewajiban untuk memberikan yang bukan hak kita kepada yang berhak. Kita tinggal memasukan parameter mata uang Rupiah, jenis haul Hijriah 354 hari atau Masehi 365 hari, menentukan nisab berdasarkan nilai emas satu (1) gram yang berlaku pada hari ini, kemudian kita di bantu mengkalkulasi zakat yang perlu dikeluarkan dari simpanan uang, emas, perak, perhiasan, utang piutang, hasil eksploitasi, perdagangan,  binatang ternak, hasil tambang, hasil pertanian, barang galian.

ti2.JPG

 

Tentunya bagi sebagian besar orang Indonesia untuk mengakses berbagai pengetahuan agama ini amatlah sangat mahal kalau harus dilakukan secara online melalui Internet. Pengalaman saya menggunakan Al Qur’an & Hadits berupa CD-ROM di komputer ternyata jauh lebih menguntungkan. Kebetulan sekali pada hari ini, Al Qur’an (versi 6.5 bahasa Indonesia) dengan tafsir oleh Al Jalalain, Ibnu Kafsir & Al Qurthubi dan Al Hadits kumpulan hadits riwayat Bukhory & Muslim, hadits Qudsi, hadits Mutawir, hadits Marfuk, hadits Mauquf telah tersedia dalam software di CD-ROM yang banyak di toko komputer di Mangga Dua / Glodok kalau di Jakarta. Harus di akui bahwa sebagian berupa bajakan (sayang) & di jual seharga Rp. 20-25.000 / CD-ROM.

ti3.JPG

Bacaan per ayat beserta artinya merupakan fasilitas yang sangat standar bagi Al Qur’an elektronik. Yang menarik kita dapat memilih ayat yang ingin dikumandangkan berdasarkan tempat turun-nya ayat, ber dasarkan urutan waktu turun-nya ayat selain mengikuti urutan juz & ayat yang ada di Al Qur’an biasa (urutan mushaf). Kadang menjadi pertanyaan menarik mengapa Al Alaq 1-5 yang di turunkan pertama kali? Mengapa bukan Al Faatihah?

ti4.JPG

Proses belajar membaca, melafazkan Al Qur’an juga di bantu dengan fasilitas multimedia

ti5.JPG

Bagi yang ingin mempelajari Islam dari Al Qur’an dan meninggalkan pola fikir yang sifatnya dogmatik maka fasilitas mencari yang sangat tematik tersedia di software Al Qur’an ini. Ayat-ayat yang berkaitan dengan tema tertentu dapat dengan mudah di peroleh. Misalnya masalah jihad, hukum jihad, sifat-sifat mujahiddin dapat dilihat & dicari dengan mudah pada ayat berapa saja. Pemahaman secara mandiri menjadi sangat dimudahkan, tidak harus melalui perdebatan  tanpa referensi seperti yang kadang berlaku selama ini

ti6.JPG

Tentunya berpegang pada Al Qur’an semata agak sulit untuk memahami beberapa hal yang sifatnya lebih praktis untuk dilakukan di lapangan. Kitab-kitab hadits sangat membantu untuk memahami langkah praktis yang perlu dilakukan. Al Bayan adalah software hadits yang dikumpulkan & dimudahkan dari beberapa kitab hadits. Bahasa yang digunakan kebetulan bahasa melayu, agak berbeda sedikit dengan bahasa
Indonesia.
 

Topik telah di pilah-pilah dalam beberapa kitab untuk memudahkan pencarian topik. 

ti7.JPG

Seperti hal-nya fasilitas pencarian Al Qur’an, fasilitas pencarian di Al Bayan dapat dilakukan secara tematik.

ti8.JPG

Lengkap lah sudah fasilitas yang kita butuhkan untuk mempertebal Iman selama bulan suci Ramadhan. Semoga tulisan ini dapat membantu dalam mempertebal Iman kita semua secara effisien berbasis teknologi informasi.

Kumpulan Artikel Onno W. Purbo 

3 Tanggapan to “Teknologi Informasi Menuju Surga”

  1. Alhamdulillah, sebagian umat Islam telah memahami urgensi teknologi informasi untuk kepentingan dakwah. Ingatlah peristiwa Rasulullah Muhammad SAW dan Abubakar Shiddiq R.A. ketika dikejar kafir Quraisy. Mereka bersembunyi di gua, dan dilindungi oleh Allah SWT dengan menebar informasi, bahwa tidak ada orang di dalam gua, dengan menempatkan jaring laba-laba di “pintu masuk” gua.
    Untuk konteks saat ini, perhatikan kekuatan informasi, dan perhatikan konsep “web” dalam jaringan internet saat ini.
    Untuk share silahkan klik http://sosiologidakwah.blogspot.com

  2. […] by agusvinus08 on November 20, 2008 Teknologi Informasi Menuju Surga Konsep Dasar IP Address […]

  3. hasan abdulloh said

    wah,syuk ron bgt infomya…..mantab abis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: