myDeden.Kom

Pemulung yang Berusaha Memanfaatkan Limbah Sebaik Mungkin

Linux untuk Pemula Bag. 02

Posted by kang deden pada 15 Februari, 2007

3. Menggunakan Direktori

3.1. Pendahuluan tentang Direktori

Ada perbedaan antara file file dan direktori under DOS dan Linux. Untuk direktori root di DOS, disebut direktori / di Linux. Dengan cara yang sama, kumpulan atau rentetan direktori di DOS di pisahkan dengan tanda \ , sedangkan di Linux dengan tanda /Contoh :

DOS: c:\PAPERS\TI\MID_EOC.TEX

Linux: /home/deden/papers/ti/mid_eocene.tex

Seperti biasa, Direktori induk (parent directory) adalah current directory. Dan ingatlah bahwa sistem tidak mengijinkan kita untuk men- cd,rd, atau md di tempat sesuka kita Masing masing user akan dimulai pada home direktori masing masing, pada contoh diatas adalah

/home/deden

3.2. Hak permisi akses direktori (permission directory)

Direktori direktori di Linux juga mempunyai hak permisi akses. Seperti yang telah kita lihat di bagian “hak permisi akses dan kepunyaan”. Perhatikan direktori baik baik (user, group dan other). Untuk direktori, rx berarti Anda dapat men-cd ke direktori tsb dan w berarti anda dapat menghapus file di dalam direktori (sesuai dengan hak permisi file didalamnya), atau menghapus direktori itu sendiri.Contoh, untuk menjaga user lain agar tidak dapat mengintai

/home/deden/text $ chmod o-xrw /home/deden/text

3.3. Menterjemahkan perintah dari DOS ke Linux

linux4.JPG

Catatan : 

1.      Ketika menggunakan rmdir, direktori yang mau di hapus harus kosong, Untuk menghapus direktori dan semua yang terkandung didalamnya gunakan rm -R (hati hati ini resiko Anda)

2.     karakter ‘~’ adalah bentuk pendek dari nama dari home direktori Anda, perintah cd atau cd ~ akan membawa Anda ke home direktori anda dimanapun Anda berada, dan perintah cd ~/tmp akan membawa anda menuju /home/home_anda/tmp 

3.      cd – akan mengembalikan Anda ke direktori terakhir sebelum current     directory. 

4.  Floppy, Harddisk dan sejenisnya 

4.1.  Mengatur peralatan 

Anda tidak usah berpikir tentang ini, tapi sebenarnya perintah DOS:  FORMAT A:  lebih banyak melakukan pekerjaan dari yang kita lihat,  kenyataannya perintah FORMAT A: itu akan melakukan: 

1.      memformat disk secara fisik

2.      menciptakan direktori A: (=menciptakan filesystem)

3.      membuat disk dapat digunakan langsung oleh user (=me-mountdisk) tiga langgah diatas merupakan bagian bagian yang terpisah di Linux, Anda dapat menggunakan floppy yang mempunyai format ms-dos, meskipun banyak format format lain yang lebih baik dan tersedia bagi Linux —- Format ms-dos tidak mengijinkan Anda untuk mempunyai file yang namanya panjang.  Sekarang ini adalah cara menyiapkan sebuah disket (Anda harus memulai session sebagai root) : untuk memformat stAndar disket/floppy 1.44 MB  di drive A : 

# fdformat /dev/fd0H1440 

untuk membuat filesystem : 

# mkfs -t ext2 -c /dev/fd0H1440 

Atau 

# mformat a: 

untuk membuat filesystem MS-DOS. Dan sebelum Anda dapat menggunakan disket, anda harus me-mount (memuat) disket terlebih dahulu. untuk me-mount disket : 

# mount -t ext2 /dev/fd0 /mnt 

Atau

# mount -t msdos /dev/fd0 /mnt 

sekarang Anda dapat menempatkan file file ke dalam floppy/disket. Ketika semuanya sudah selesai, sebelum mengeluarkan disket anda harus men-unmount-nya  terlebih dahulu.  untuk men-unmount disket : 

# umount /mnt 

dan sekarang Anda dapat mengeluarkan disket tsb. Tentunya, anda anda melakukan fdformat dan mkfs hanya pada disket disket yang belum diformat (unformatted disk), yang belum pernah digunakan. Jika anda ingin menggunakan drive B, gunakan fd1H1440 dan fd1 sebagai pengganti dari fd0H1440 seperti contoh diatas.  Semua yang Anda kerjakan dengan A: atau B: sekarang akan digantikan dengan /mnt Contoh : 

linux5.JPG

Apa yang berlaku bagi disket/floppy juga berlaku untuk alat alat yang lain; dilain hal mungkin Anda ingin me-mount harddisk lain atau CD-ROM, Dan ini adalah cara me-mount CD-ROM : # mount -t iso9660 /dev/cdrom /mnt ini adalah cara biasa untuk memount disk Anda, tapi ada trik trik yang tersimpan.  setiap user dapat diijinkan untuk me-mount peralatan peralatan tsb, caranya : Login sbg root, lalu ciptakan direktori /mnt/a , /mnt/a: dan /mnt/cdrom  tambahkan baris dibawah ini di file  /etc/fstab : /dev/cdrom  /mnt/cdrom  iso9660   ro,user,noauto          0       0

/dev/fd0       /mnt/a:     msdos     user,noauto             0       0

/dev/fd0      /mnt/a      ext2      user,noauto             0       0 

Sekarang untuk me-mount DOS floppy, floppy ext2, dan CD-ROM caranya :          

$ mount /mnt/a:$ mount /mnt/a$ mount /mnt/cdrom 

sekarang /mnt/a, /mnt/a: dan /mnt/cdrom dapat diakses oleh setiap user, dan penulis menemukan bahwa untuk menulis di /mnt/a tidak usah menjadi root.  Dan dibawah ini adalah hal penting untuk dilakukan : 

# mount /mnt/a

# chmod 777 /mnt/a

# umount /mnt/a 

Dan ingatlah bahwa mengijinkan setiap orang untuk memount disk terkadang akan menimbulkan celah di dalam lubang keamanan, hati hati. 

4.2.  Membackup/Kompres File 

Sekarang Anda sudah tahu bagaimana menangani floppy dan lain lain. Dan hal lain yang perlu untuk kita ketahui adalah bagaimana caranya membackup.
Ada beberapa paket program yang dapat membantu anda, Tapi cara yang paling sederhana untuk dapat mengerjakan multi-volume adalah : 

# tar -M -cvf /dev/fd0H1440 /dir_to_backup 

Pastikan bahwa terdapat disket yang telah diformat di Disk Drive Anda, dan beberapa disket lain.  Untuk me-restore (mengembalikan) hasil backup Anda, silakan masukkan disket pertama di disk drive dan lakukan :   

# tar -M -xpvf /dev/fd0H1440

Sumber :   “From Dos to Linux howto” ditulis oleh Guido Gonzato

BERSAMBUNG …..

17 Tanggapan to “Linux untuk Pemula Bag. 02”

  1. […] Linux untuk Pemula : Metode Pendekatan Perintah Ms-Dos Bag. 02 […]

  2. irvan nurachman said

    Keren euy, hayu atuh memajukan teknologi informasi di indonesia. makaci atas semuanya.!!!big cheerz for you.

  3. dewi said

    kok perbedaannya cuma dikit ci buat perbandiangannya????????gimana tu kita pembaca apalagi yang masih awam kurang jelas gituy loe………

  4. Pak Pramono said

    ah rupanya abdi ke tinggalan baru ngintip bagian 01 eh udah muncul bagian yg ke 02 baca aja belum terpaksa deh intip juga yg bagian 02 biar sekalian buat pr makasih ya salam linux

  5. Pak Pramono said

    Met malem semua, bagian 01 & 02 sudah di baca dan di praktek in sekarang saya cari bagian 03

  6. Pak Pramono said

    mana nih bagian 03 nya

  7. Pak Pramono said

    Komentar

  8. Pak Pramono said

    Mana kang deden katanya bersambung saya sudah baca bagian 01 dan bagian 02 sekarang cari bagian yg ke 03 belum dapat juga nih katanya kalau mau belajar linux syaratnya jangan mudah putus asa yah tapi udah beberapa kali komentar belum dapat juga tuh bagian no3 atau mungkin salah ngikutin petunjuknya kali

  9. Pak Pramono said

    […] Linux untuk Pemula : Metode Pendekatan Perintah Ms-Dos Bag. 03 […]
    lagi nyari nih sampai nyerah deh pokoknya.

  10. yudhie(BAJAJ'81) said

    saya butuh bantuan anda. saat saya ingin menginstal ulang xp saya, terjadi satu hal yang tidak saya inginkan. tiba-tiba pada saat proses install ulang tiba-tiba windows logging off. trus langsung muncul tampilan sistem dos. dlam hal ini dos nya Caldera DR Dos. nah sewaktu saya coba boot, cd tetap ada di cd-drive. namun tidak terjadi apa2. saya coba ketik command untuk menjalankan => setup.exe namun kemudian muncul tulisa ‘cannot run this program in DOS mode”. nah saya ingin bertanya bagaimana saya bisa menginstall program xp saya lagi?

    catatan. komputer saya tidak punya floppy drive.

  11. giyo said

    mas tolong perintah2 linux n dosnya ditambah lagi donk,and thanks

  12. […] Linux untuk Pemula Bag. 02 […]

  13. yoes said

    mantap…makasih kang, apalagi buat newbie

  14. Berkunjung dan baca infonya, mudah-mudahan bermanfaat bagi banyak orang, sukses ya.
    I Like Relationship.

  15. RonY said

    Bang mo nnya nih,, gimana cara buat ngembalikan file yang udah kehapus lewat perintah rm -rf,,
    :bingung

  16. ademalsasa said

    Wuih, kreatif! Semoga berguna untuk banyak orang ya, Kang Deden!

  17. abuzidan said

    lam kenal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: