myDeden.Kom

Pemulung yang Berusaha Memanfaatkan Limbah Sebaik Mungkin

Pertanyaan-Pertanyaan Seputar OpenOffice.Org – Calc (Excel)

Posted by kang deden pada 22 Februari, 2007

Berikut Ini adalah langkah belajar OpenOffice.Org Calc, ala Praktisi IT bukan ala seorang pengajar, pertanyaan-pertanyaan dibawah ini adalah pertanyaan yang sering sekali ditanyakan, mudah-mudahan dengan metode ini Anda dapat dengan mudah mempelajari OpenOffice.Org Calc ..(Red. Deden) 

  • 001 – Bagaimana saya membuka file yang bersifat “tab-delimited” pada OpenOffice.org Spreadsheet? Bagaimana jika saya mempunyai jenis pembatas (delimiter) yang berbeda?
  • 002 – Saya melihat ‘###’ pada sebuah sel yang sebelumnya berisi data. Bagaimana saya bisa melihat data tersebut kembali?
  • 003 – Bagaimana saya melakukan wrap terhadap text pada sebuah sel pada spreadsheet saya?
  • 004 – Bagaimana saya memilih sebuah baris (atau kumpulan baris) pada spreadsheet saya agar diulang pada setiap halaman ketika dicetak?
  • 005 – Saya tidak menginginkan huruf besar pada awal frase pada Calc. Apa yang harus saya lakukan?
  • 006 – Bagaimana saya freeze/split baris pertama dan kolom pertama sehingga tetap terlihat ketika saya melakukan scrolling pada spreadsheet saya?
  • 007 – Bagaimana saya mencetak spreadsheet saya dengan benar?
  • 008 – Bagaimana saya membuat sebuah sel judul yang lebar melalui beberapa kolom pada spreadsheet saya?
  • 009 – Bagaimana saya merotasi sebuah judul kolom sehingga sesuai pada kolom yang sempit??
  • 010 – Bagaimana saya membuat sebuah chart pada sebuah spreadsheet yang diupdate secara otomatis ketika data berubah?
  • 011 – Bagaimana saya mengamankan sel pada spreadsheet saya?
  • 012 – Bagaimana saya menampilkan data spreadsheet saya sebagai file teks ASCII?
  • 013 – Sebagian dari baris pada spreadsheet saya bersifat hidden. Bagaimana saya bisa melihat semua baris?
  • 014 – Bagaimana saya memformat sel pada OpenOffice.org Spreadsheet sehingga terdapat penomoran baris secara otomatis?
  • 015 – Apa arti dari kode kesalahan (Err:NNN) pada OpenOffice.org spreadsheets?
  • 016 – Bagaimana saya menggunakan sel dari file Calc yang berbeda?
  • 017 – Bagaimana saya merubah urutan dari sheet pada spreadsheet saya?
  • 018 – Bagaimana saya merubah nama sebuah sheet?
  • 019 – Bagaimana sebuah variabel tanggal disisipkan pada sel sebuah spreadsheet?
  • 020 – Bagaimana menciptakan garis tipis atau batas disekeliling sel saya?
  • 021 – Bagaimana saya menyisipkan sebuah nomor halaman dalam format ‘Page 1 of N’ pada setiap halaman dari sebuah spreadsheet?
  • 022 – Sebuah spreadsheet OpenOffice.org dikonversi dari aplikasi lain. Beberapa baris menghilang! Apa yang terjadi?
  • 023 – Berapa jumlah maksimal sel pada OpenOffice.org spreadsheet?
  • 024 – Bagaimana saya menyisipkan sebuah text insert superscript atau subscript pada spreadsheet saya?
  • 025 – Apakah mungkin untuk membuka file Excel yang diproteksi dengan password pada Calc?
  • 026 – Bagaimana saya menggunakan tanda desimal (titik) ketimbang koma untuk menampilkan bilangan rasional?
  • 027 – Saya ingin memilih dua sel yang tidak bersebelahan, tetapi menahan tombol CTRL tidak bekerja. Bagaimana saya melakukan kegiatan ini?
  • 028 – Bagaimana saya membuat daftar pengurutan saya sendiri?
  • 029 – Apakah terdapat cara lain untuk menggabungkan sebuah file text dengan field yang berbeda (*.txt, *.csv) pada file Calc?
  • 030 – Bagaimana saya melakukan wrap teks pada sel?
  • 031 – Jika sebuah sel rata tengan dan teks lebih lebar dari sel, ia secara otomatis rata kiri. Bisakah saya perbaiki?
  • 032 – Pada MS Excel saya bisa memasukkan teks sehingga melebar ke kiri dan kanan ketika sel kosong; Bagaimana saya melakukannya pada Calc?
  • 033 – Bagaimana saya menggunakan style dan pemformatan?
  • 034 – Bisakah saya menggunakan sebuah file spreadsheet dengan lebih dari 32.000 baris?
  • 035 – Formula saya dari lembar kerja Excel tidak bekerja!
  • 036 – Mengapa Calc menolak membuka file teks saya?
  • 037 – Bagaimana saya menambahkan karakter tambahan pada sebuah sel?
  • 038 – Bagaimana catatan pada sel ditampilkan?
  • 039 – Mengapa menghapus baris terfilter juga menghapus baris lain?
  • 040 – Bagaimana saya menjalankan Calc dan bukan Writer?
  • 041 – Mengapa Calc mencetak semua sheet pada file?
  • 042 – Bagaimana saya mencetak sebagian, tetapi tidak semua sel pada sebuah sheet?
  • 043 – Bagaimana saya mencetak Sheet1 sebagai portrait dan Sheet2 sebagai landscape?
  • 044 – Saya mempunyai format angka khusus yang saya pakai, tetapi Calc melupakannya
  • 045 – Bagaimana saya menggunakan pemformatan kondisional?
  • 046 – Apa cara tercepat untuk menyalin sebuah kalkulasi pada semua baris?
  • 047 – Dimana saya menemukan definisi untuk kode kesalahan?
  • 048 – Mengapa saya melihat teks formula dan bukan hasil formula?
  • 049 – Apakah terdapat cara menambahkan waktu yang lebih besar dari 24 jam?
  • 050 – Dimana saya menemukan informasi lebih banyak tentang Calc?
  • 051 – Bagaimana saya memperluas jangkauan data yang ditampilkan pada bagan saya setelah saya menambahkan data baru pada spreadsheet?

Sumber : http://project.informatix.or.id 

14 Tanggapan to “Pertanyaan-Pertanyaan Seputar OpenOffice.Org – Calc (Excel)”

  1. agorsiloku said

    Suer, pencerahan yang hanya bisa agor ucapkan tengkyu…. semoga amal kang Deden diterima di sisiNya.

  2. kiba said

    kok ada pertanyaan tapi ga ada jawabannya, aku ada tugas dari sekolah tapi nyari disini kok ga ada tolong dipikir-pikir lagi

  3. Lily Mulyani said

    Dimana letak menu paste special value di open office seperti yang ada di Microsoft?

  4. meyva said

    tolong kirim modul open office 2.2 ya,,, butuh banget nich

  5. meyva said

    tolong kirim modul lengkap open office 2.2 ke alamat email saya ya pak.

  6. ANDREY said

    TOLONG KIRIM MODUL LENGKAP TENTANG PFFICE 2.2 KEL EMAIL SAYA YA PLEASS……..

  7. jane yunita said

    pak tolong bantu aku dlm pel.ini
    krn saya tdk mengerti.
    dan kirimkan datanya ke E-mail saya secepat nya karena saya membutuhkannya sekarang………………….
    ya pleass…………………………………
    kalo bisa skrng juga..!!!!!

  8. rudy said

    Tolong minta modul juga ya.
    Yang ada penjelasan fungsi-fungsi di program open office org.calc (if, right, left, concenate, dll).
    Kalo bisa secepatnya.
    Saya ada tugas komputer dan masih belum mengerti.
    Trims.

  9. rico said

    untuk lily, paste spesial di openoffice sebenarnya ada klik kanan aja terus klik paste spesial jangan centang paste all dan formulas terus centang numbers dan klik ok. udah selesai

  10. nash said

    Mau tanya nih, bagaimana cara menentukan rangking dengan excel 2007?

  11. azima said

    mohon bantuan, saya ad kendala menggunakan open office calc, di ms. excel saya sering menggunakan query data.. yg ad di menu “data – import_external_data – new_Database_query” kalo ada yang tau menu tsb d open office tlg d krm ke emil saya ya zyan.gayo@gmail.com terima kasih sblumnya

  12. gondes said

    mohon petunjuk untuk buka file calc yang dipassword, krn pegawai saya sdh keluar dan katanya sdh lupa passwdnya. terimakasih kang… mohon dikasih kabar ke email saya, krn saya tahu hal ini sangat sensitif….

  13. supriyanto said

    mohon bantuannya…
    saya ada masalah di open office calc, ada salah satu file open office calc saya yang berisi daftar mana dan alamat, masalah yang kadang saya hadapi, ada beberapa nama yang berubah sendiri ato tertukar, misalnya pada row 1 nama “MAMAT” dan row 5 nama “UCOK”, suatu ketika nama “MAMAT” berubah menjadi “aUCOK”
    pertanyaan saya adalah…mungkin kah tada nama itu berubah dengan sendiri nya….??
    kalo memang ada kasus seperti yang saya alami bagai mana solusinya…..???
    saya menggunakan linux fedora 12
    saya mohon sekali bantuannya…..terimakasih

  14. susanti said

    saya butuh info tentang paste special dalam open office spreadsheet..tolong dibantu ya…saya butuh sekali,,,

Tinggalkan Balasan

 
