myDeden.Kom

Pemulung yang Berusaha Memanfaatkan Limbah Sebaik Mungkin

Pertanyaan-Pertanyaan Seputar OpenOffice.Org – Writer (Word)

Posted by kang deden pada 22 Februari, 2007

Berikut Ini adalah langkah belajar OpenOffice.Org Writer, ala Praktisi IT bukan ala seorang pengajar, pertanyaan-pertanyaan dibawah ini adalah pertanyaan yang sering sekali ditanyakan, mudah-mudahan dengan metode ini Anda dapat dengan mudah mempelajari OpenOffice.Org Write ..(Red. Deden) 

  • 001 – Bagaimana cara agar saya bisa memberikan tanda revisi (garis warna merah) di OpenOffice.org?
  • 002 – Bagaimana cara agar saya dapat membuat halaman pertama adalah sebuah halaman sampul/judul dan penomoran halaman (Halaman 1) dimulai pada halaman kedua?
  • 003 – Bagaimana cara agar sebuah header tampil hanya pada halaman pertama dokumen?
  • 004 – Bagaimana caranya agar sebuah logo tampak pada bagian atas setiap halaman di dokumen saya?
  • 005 – Bagaimana menonaktifkan pelengkapan kata otomatis?
  • 006 – Bagaimana saya menciptakan sebuah daftar penomoran sederhana yang bersifat outline-style?
  • 007 – Bagaimana saya menggabungkan dua table yang bersebelahan?
  • 008 – Bagaimana saya membuat sebuah indentasi yang menggantung pada dokumen saya?
  • 009 – Bagaimana saya melakukan perhitungan jumlah kata terhadap dokumen saya?
  • 010 – Bagaimana saya menyertakan text dummy pada dokumen saya?
  • 011 – Bagaimana saya membuat label pada OpenOffice.org?
  • 012 – Bagaimana saya menyertakan sebuah halaman Landscape pada dokumen (portrait) saya?
  • 013 – Saya mempunyai sebuah halaman kosong pada dokumen saya. Semua isinya tampak cukup pada halaman sebelumnya. Bagaimana saya menghilangkan halaman tambahan ini?
  • 014 – Bagaimana saya membuat sebuah baris judul tabel diulang pada setiap halaman pada dokumen saya yang menampilkan tabel tersebut?
  • 015 – Bagaimana saya melakukan sebuah pengujian penulisan pada sebuah text multi bahasa?
  • 016 – Bagaimana saya menghilangkan sejumlah hard returns dari text yang di-paste pada dokumen saya (misalnya, dari sebuah alamat email)?
  • 017 – Bagaimana saya memproteksi (mengunci) sebuah section dari text sehingga isinya tidak bisa dirubah?
  • 018 – Saya memiliki beberapa text yang saya inginkan untuk muncul dengan karakter pertama dari setiap kata dalam huruf besar dan sisanya pada huruf kecil. Bagaimana saya melakukan hal ini secara otomatis?
  • 019 – Pada dokumen saya, bagaimana saya mengulang lebih dari satu baris tabel ketika tabel terpotong pada beberapa halaman?
  • 020 – Bagaimana saya menyertakan sebuah Daftar Isi pada dokumen saya?
  • 021 – Bagaimana saya mengupdate daftar isi saya? Saya sudah menambahkan data dan daftar isi yang lama tidak merefleksikan judul baru saya
  • 022 – Bagaimana saya menyertakan sebuah variable untuk tanggal aktual pada footer dari dokumen saya?
  • 023 – Saya mencoba menggunakan fasilitas version controldari dokumen pengolah kata saya, tetapi sebagian dari pilihan menu yang saya lihat sebelumnya tidak tampak. Apa yang terjadi?
  • 024 – Jika saya klik pada bagian tengah dari sel tabel atau pada paragraf kosong, OpenOffice.org menyertakan tab didepan posisi kursor. Bagaimana saya menghentikan hal ini?
  • 025Otomatisasi ini menyebalkan!!
  • 026 – Bagaimana kembali ke format karakter default ketika mengetik ketika saya hendak memformat satu kata dengan mudah?
  • 027 – Bagaimana memformat sebagian dari text (bukan seluruh halaman) pada kolom?
  • 028 – Bagaimana memperbaiki koreksi text dari sebuah hyperlink? (Jika saya klik pada text, maka URL tujuan akan diload)
  • 029 – Bagaimana memindahkan paragraf menggunakan keyboard?
  • 030 – Bagaimana memilih beberapa bagian dari text?
  • 031 – Sekumpulan karakter ‘#‘ pada sebuah baris menghasilkan garis ganda berwarna hitam yang tebal. Bagaimana menghapus garis ini?
  • 032URL (Uniform Reference Locators) tampak digarisbawah dan tampil dengan warna yang berbeda dari text yang lain. Bagaimana saya mengembalikan setting ini?
  • 033 – OpenOffice.org merubah desimal saya menjadi pecahan. Bagaimana mengembalikan setting ini?
  • 034 – Ketika text dengan huruf kecil ditulis, OpenOffice.org merubah huruf pertama menjadi huruf besar. Bagaimana mengambalikan setting ini?
  • 035 – Ketika menggunakan tanda asterisks [ asterisk = * ], OpenOffice.org menghapus tanda asterisk [ * ] dan menampilkan text dalam format tebal (bold). Bagaimana mengembalikan setting ini?
  • 036 – Bagaimana saya menyisipkan sebuah nomor halaman dalam format ‘Page 1 of N’?
  • 037 – Bagaimana saya menyisipkan sebuah karakter khusus?
  • 038 – Bagaimana saya menyisipkan sebuah simbol trademark?
  • 039 – Bagaimana saya menghilangkan sebuah “envelope” dari sebuah dokumen?
  • 040 – Bagaimana saya merubah setting default dari writer?
  • 041 – Bagaimana menghapus sebuah table?
  • 042 – Saya ingin menyertakan sebuah karakter spesial dengan tombol singkat (shortcuts) keyboard. Bagaimana saya melakukannya?
  • 043 – Bagaimana saya merotasi sebuah grafis dengan derajat yang ditentukan?
  • 044 – Bagaimana bisa merubah nomor halaman di halaman pertama dari dokumen saya menjadi sesuatu yang bukan “1”?
  • 045Spasi diantara huruf pada sebuah kata tampaknya terlalu lebar. Akan tampak lebih bagus jika spasi tersebut dikurangi. Bagaimana saya bisa mendapatkan hasil ini?
  • 046 – Apakah terdapat fasilitas seperti Format Painter yang mampu menyalin format satu bagian dari text ke bagian lain?
  • 047 – Bagaimana saya meletakkan sebuah variabel (atau field) waktu/tanggal yang diupdate secara otomatis pada dokumen?.
  • 048 – Bagaimana mencetak sebuah amplop pada OpenOffice.org?
  • 049 – Bagaimana saya membuah nomor halaman yang berganti pada halaman ganjil dan genap
  • 050 – Apa yang serupa dengan mode outline Microsoft Office pada OpenOffice.org?

Sumber : http://project.informatix.or.id 

11 Tanggapan to “Pertanyaan-Pertanyaan Seputar OpenOffice.Org – Writer (Word)”

  1. Effendi Suryanto said

    Maaf mau tambah tanya mengenai nomor halaman untuk mulai tidak dari nomor 1 tapi misalnya mulai nomor 51 gimana caranya?

  2. Effendi Suryanto said

    Maaf tambah tanya untuk memberi nomor halaman pertama tidak dari no 1 tapi mulai dari 51 bagaimana caranya?

  3. hariyono said

    Kang Deden tolong aku mih, aku suka openoffice seperti yang Kang anjurkan untuk berpindah dengan software gratis. Setelah aku download openoffice terbaru dan aku install ke xandros, pada xandros nerwork dalam menjalankan conversi dah jalan tapi hasilnya kok tidak bisa ke buka. Dari .tgz sudah aku konversi ke rpm dan deb. Tapi setelah aku jalankan xandros network yang tidak terhubung ke internet hasilnya kok ada yang unable. tolong aku kasih caranya dan kirim ke email saya Kang

    ma kasih sebelumnya

  4. dawud said

    mau belajar ms office nih….
    mohon di kirimkan tutorialnya donk…
    kirim ke duasekawan_dawud@yahoo.co.id

    tangkyu ya…..

  5. madun said

    kang Dedeng saya mau belajar OpenOffice.org tapi saya sangat kesulitan, tolong dng dikirimkan tutorialnya kalau bisa disertakan gambar and contohnya… ya

    terima kasih

  6. madun said

    kang Dedeng saya mau belajar OpenOffice.org tapi saya sangat kesulitan, tolong dng dikirimkan tutorialnya kalau bisa disertakan gambar and contohnya… ya
    kirim ke madun_13@yahoo.com
    terima kasih

  7. tia said

    apa fungsiopen office writer disertai penjelasan print out dan cara menggunakan tools yang ada

  8. coop said

    gmana cara merakit laptop?

  9. asep said

    gmana cara merakit laptop?apa ada ebook pdf filenya yang membahas cara merakit laptop.thnk ya

  10. cipta said

    kebetulan saya baru belajar open office nie…
    biar formatnya otomatis lansung ke save .doc gimana caranya ya ???
    thanks

  11. srocates said

    Kang, bagaimana caranya untuk membuat ukuran kertas menjadi default, setiap kali membuka new document.

    Terima Kasih

Tinggalkan Balasan

 
