myDeden.Kom

Pemulung yang Berusaha Memanfaatkan Limbah Sebaik Mungkin

Apa Itu Windows Registry ?

Posted by kang deden pada 29 Maret, 2007

Kecanggihan dan kemudahan yang dimiliki oleh OS Windows, adalah memiliki sistem database informasi yang tersusun mengenai konfigurasi perangkat keras, perangkat lunak dan user pemakai .. nah selama ini kita biasanya hanya sebagai pengguna saja .. tahunya asal pakai dan jalan , kadang kita pengen seeh ngoprak-ngaprek tapi intinya takut Error .. untuk itu agar tidak Gaptek lagi  .. ya minimal tahu lah … maka berikut ini ada artikel yang sangat bagus yang membahas mengenai hal tersebut .. dan mudah-mudahan bermanfaat … (Red. Deden)

Apa Itu Registry?

Menurut kamus Microsoft edisi ke 5, registry adalah:

Pusat susunan database yang digunakan oleh Windows 9x keatas untuk menyimpan informasi yang digunakan untuk mengkonfigurasi satu atau lebih pengguna, aplikasi, dan perangkat keras.

Informasi dari registry diakses terus oleh Windows untuk mengetahui profil pengguna, aplikasi yang di install di komputer dan dokumen apa yang bisa dibuat oleh aplikasi tersebut, setting dari folder dan icon, perangkat lunak yang dipasang, dan port yang sedang dipakai.

Registry menggantikan hampir semua .ini file yang digunakan oleh konfigurasi Windows 3.x dan MS-DOS, seperti autoexec.bat dan config.sys. Meskipun registry ini seragam di Windows, tapi tiap versi mempunyai perbedaan sendiri.

Apa yang kita peroleh dengan merubah registry? Yang ketahuan kita tidak akan merubah setting untuk hardware. Jadi kita lebih memusatkan untuk merubah cara kerja aplikasi tertentu atau merubah efek visual atau icon.

Susunan Registry

Registry disusun seperti file folder dan subfolder seperti di Windows Explorer. Bedanya folder ini tidak berisi file tetapi pasangan “kunci-tipe-nilai”, seperti: (kunci)SkypePath (tipe)REG_SZ (nilai)C:\Program Files\Skype\Phone\Skype.exe.

Folder: HKEY_CURRENT_USER
Berisi konfigurasi untuk pengguna yang sedang login. Folder, warna screen, dan setting Control Panel juga disimpan disini. Kunci untuk HKEY_CURRENT_USER sering disingkat “HKCU.”

Folder: HKEY_USERS
Berisi profil semua pengguna yang mempunyai akun di sistem. HKEY_CURRENT_USER adalah bagian dari HKEY_USERS. HKEY_USERS sering disingkat “HKU.”

Folder: HKEY_LOCAL_MACHINE
Berisi konfigurai perangkat lunak dan keras (untuk semua pengguna). Singkat: HKLM.

Folder: HKEY_CLASSES_ROOT
Disingkat HKCR, adalah bagian dari HKEY_LOCAL_MACHINE\Software. Informasi disini digunakan untuk meluncurkan aplikasi yang benar jika anda mengklik file di Windows Explorer. Mulai dengan Windows 2000, informasi ini disimpan baik di HKEY_LOCAL_MACHINE dan juga di HKEY_CURRENT_USER.

HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Classes berisi setting default untuk semua pengguna di lokal komputer. HKEY_CURRENT_USER\Software\Classes berisi setting yang meng-override setting default untuk pengguna yang sedang aktif. HKEY_CLASSES_ROOT menggabung informasi dari kedua sumber ini (HKLM dan HCU).

Untuk merubah setting untuk pengguna yang sedang aktif, perubahan harus melalui HKCU\Software\Classes (bukan HKCR). Untuk merubah setting default harus melalui HKLM\Software\Classes. Jika anda menulis kunci dibawah HKCR, sistem akan menyimpan informasi ini di HKLM\Software\Classes. Jika anda menulis nilai dari kunci dibawah HKCR, dan kunci tersebut sudah ada dibawah HKCU\Software\Classes, sistem akan menyimpan informasi ini disini (daripada di HKLM\Software\Classes).

Folder: HKEY_CURRENT_CONFIG
Berisi informasi tentang profil hardware yang digunakan oleh lokal komputer pada saat start. Singkatan: HKCC.

Wuih. . . sudah punyeng belum? Memang mula-mula semua ini kelihatan terlalu rumit. Tapi kita kan sekarang lagi menjelajahi domain yang baru. Bentar lagi kalian jadi ahli registry. Atau kalau mau jalan singkat coba alternatif.

Persiapan

Sebelum merubah registry, sangat dianjurkan untuk membuat back up. Kesalahan merubah registry bisa mengakibatkan Windows untuk berhenti bekerja atau problem dengan hardware. Belajar mengganti registry yang gampang dulu. Setelah tidak kagok baru mencoba yang lebih canggih.

Untuk mem-backup registry, gunakan Registry Editor lalu ke menu File → Export…

Registry Editor

Registry editor (regedit.exe) sudah ada di Windows. Untuk menjalankan:

  1. Klik Start
  2. Pilih dan klik Run…
  3. Ketik: regedit dan klik OK.

Di aplikasi ini ada dua bagan. Bagan kiri terlihat susunan folder seperti Windows Explorer dan disebelah kanan berisi kunci-tipe-nilai. Di bagan kanan, dengan menggunakan klik-kanan, kita bisa menambah kunci baru, merubah nama kunci, tipe, atau nilai, juga menghapus kunci.

Otak-Atik

Merubah registrasi nama dan organisasi:
Jika salah memasukkan nama registrasi waktu menginstall Windows, kita bisa merubah informasi tersebut, termasuk juga ProductID dan ProductName.

Folder [HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion]
RegisteredOwner (nama pemilik)
RegisteredOrganization (nama organisasi)

Menghindari file yang dihapus masuk ke Recycle Bin:
Setiap kali kita menghapus file, file tersebut akan masuk ke Recycle Bin (tempat sampah). Selama file tadi masih di Recycle Bin, kita bisa mengambil balik (undelete). Ada orang yang sangat konfiden (percaya diri sendiri) bahwa dia tidak memerlukan Recycle Bin, nah trik ini untuk dia. Kunci ini tidak ada sebelumnya, jadi harus dibuat baru dengan klik-kanan (New, DWORD Value).

Folder [HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\
Explorer]
Name NoRecycleFiles
Type REG_DWORD (DWORD Value)
Data 1 (tidak masuk Recycle Bin)
Catatan Buat baru, setelah itu harus logoff supaya bisa dicoba. Untuk batal, tinggal hapus kunci ini.

Untuk contoh yang lebih banyak bisa cek: PC Tools Software

Alternatif Lain

Merubah setting untuk Windows tidak hanya dengan mengganti registry. Microsoft mengeluarkan PowerToys untuk mempermudah prosesnya. Salah satu aplikasi dari PowerToys adalah TweakUI untuk mengganti default user interface, termasuk setting untuk mouse, Explorer, taskbar, dll.

Ada kalanya registry berisi kunci yang tidak terpakai peninggalan dari aplikasi yang telah di uninstall atau dari sumber lain. Kunci-kunci yang tidak terpakai ini memakan tempat dan memperlambat sistem. Banyak aplikasi untuk membersihkan registry, salah satunya adalah CCleaner, selain gratis, CCleaner juga mendapat rating yang cukup bagus dari C/Net.

Sumber : http://pantek.wordpress.com

13 Tanggapan to “Apa Itu Windows Registry ?”

  1. Thank banget untuk Mr. Deden, baru nemu nih saya situsnya dari temen.Makasih banyak, banyak ilmu bermanfaat nih disini

  2. id_donk said

    dari Aceh….thank bgt ya, mr.deden..artikelnya memang yahut…

  3. Abang said

    trims abang deden untuk semua tulisannya..
    tulisan abang deden membuat pencerahan bagi abang yang menekuni IT. Semoga berguna bagi kemajuan teknologi bangsa kita.
    NB : tolong tambahi tulisan berkaitan perkerjaan administrator

  4. Ridwan Setiawan said

    HEBAT

  5. artikel yang disajikan sangat bagus sekali ya tapi sayang kurang……….
    tambah lagi dong yang lebih lengkap seperti membedah keamanannya windows lewat regedit tadi
    ya mas…..
    itusih saran dari adinda yang ingin nyuri trik dari mas juga
    thanks ya mas

  6. eri_xx said

    Thanks

  7. power said

    bagus…. lumayan juga untuk para pemula seperti saya.. cuman klo bisa yang lebih lengkap donk….
    thank’s ya mas…. maju terus.. 🙂

  8. ady said

    bagus banget ni kang….
    kalo ada ilmu yg lainnya tolong di share ya kang…..

    salut…..

  9. nandar said

    saya banyak terima kasih karena dari sini saya mendapatkan banyak pelajaran.thank you

  10. Nick said

    Duh kang Deden makasih berat ya atas adanya tulisan2 nya yg tak ternilai harganya ini, terutama bagi aku pribadi yang buta menjadi melek. Insya-Allah Tuhan akan membalas amal soleh kang Deden.

  11. yellow said

    thanks yah buat infonya bang deden..
    kalo boleh nanya, bang deden tau gak program yang bisa nyatat history registry atau aktifitas registry bila ada perubahan nama registry??
    kan nama registry selalu berubah-ubah, jadi bang deden punya nggak progran untuk mencatat aktifitas perubahan registry?
    terima kasih..

  12. Adi Riyanto S said

    Terkadang ketika ingin meng-install program free trial yang sebelumnya telah kita uninstall, hal tersebut tidak bisa karena dikatakan bahwa masa percobaan telah habis. Apakah kita bisa melkukan modifikasi pada registry, sehingga kita bisa meninstall kembali program tersebut?

  13. Rahim said

    thank ats tulisannya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: