myDeden.Kom

Pemulung yang Berusaha Memanfaatkan Limbah Sebaik Mungkin

Cara Aman Mengotak-atik Setting BIOS PC

Posted by kang deden pada 13 Juli, 2007

Bila Windows adalah wajah ramah yang ditampilkan proyek-proyek komputer kepada dunia, maka BIOS adalah sisi gelap bawah sadar yang bertugas untuk berpikir. BIOS (Basic Input/Output System) adalah kode untuk fungsi-fungsi fundamental PC, seperti mengumpulkan ketukan tombol dari keyboard atau meletakkan pixel ke layar.

Program kecil ini bekerja di balik layar, menterjemahkan perintah Windows yang people-friendly menjadi angka nol dan satu yang hanya dimengerti oleh hardware Anda. Dan sebagaimana alam bawah sadar manusia, BIOS bisa berpengaruh sangat kuat pada tingkah laku dan kinerja PC Anda.

Terapi BIOS

Ketika teknologi baru muncul dan bug tua ditemukan, para pembuat komputer sering menerbitkan versi BIOS yang telah diupdate yang dapat mengatasi problem dan meningkatkan kinerja. Periksa situs Web pembuat PC Anda mengenai update terbaru. Namun pertama-tama pastikan Anda memiliki nomor versi terbaru BIOS; biasanya muncul sekilas di monitor Anda tepat setelah Anda menyalakan sistem. (Tekan tombol Pause bila kilasannya terlalu cepat.)

Mengupdate BIOS mudah, tetapi Anda harus melakukannya dengan hati-hati. Biasanya Anda perlu menjalankan program kecil dari floppy disk saja. Namun bila terjadi masalah, Anda hanya bisa meratapi motherboard yang tidak bisa lagi Anda gunakan. Jadi pastikan bahwa sebelumnya Anda telah membaca semua instruksi di file readme BIOS update. Dan selalu lakukan persis seperti apa yang petunjuk-petunjuk itu katakan.

Jika BIOS adalah bawah sadar PC, maka utiliti Setup merupakan fondasi untuk membangun karakter PC. Utiliti tersebut memiliki setting user untuk mengontrol harddisk, memori, kartu-kartu grafis, power saving, port USB, dan hardware lain. Program tersebut biasanya disertakan dalam disk, tetapi sekarang sudah tersimpan dalam chip ROM yang sama dengan BIOS PC.

Untuk membuka Setup, cukup tekan tombol (atau kombinasi tombol) yang disarankan kepada Anda untuk dimasukkan ketika PC melakukan start up. Masing-masing pembuat BIOS menggunakan tombol yang berbeda — Delete, F1, atau F10. Di layar Anda seharusnya memperlihatkan tombol atau tombol-tombol mana yang perlu ditekan untuk Setup tepat setelah layar menampilkan angka versi BIOS. Jika tidak, periksa dokumentasi sistem Anda.

Karena utiliti Setup dibuat oleh pembuat BIOS dan berada dalam chip yang sama dengan BIOS, ini sering disebut utiliti BIOS Setup. Dan karena utiliti ini menyimpan settingnya di chip clock/calendar — chip complementary metal-oxide semiconductor, atau CMOS — maka sering pula disebut sebagai program Setup CMOS. (Chip CMOS memiliki batere sendiri untuk memelihara setting chip sekalipun PC dimatikan.)

Utiliti Setup memiliki setting hardware yang berlimpah, mulai dari yang terlihat nyata, seperti setting waktu di clock PC, sampai yang tidak kelihatan, seperti jumlah “wait states” yang mengkoordinasi aliran data antara RAM dan CPU.

Pertama, Jangan Merusak

Ketika bekerja dengan utiliti Setup PC, gunakan petunjuk praktis yang sama diajarkan pada awal bedah otak: Bila Anda tidak tahu apa yang dilakukan sesuatu, jangan berurusan dengannya. Kecerobohan mengubah wait state atau setting lainnya dapat menurunkan kinerja atau bahkan menyebabkan sistem mengalami crash.

Jika Anda mengira Anda telah tanpa sengaja mengubah setting ketika sedang bekerja dengan utiliti Setup, segera berhenti dan mulailah dari awal lagi. Semua utiliti Setup memiliki pilihan menu yang memungkinkan Anda keluar tanpa menyimpan perubahan. Anda mungkin melihat pula pilihan untuk mengembalikan setting ke nilai defaultnya. Abaikan opsi ini: Bila vendor PC Anda telah melakukan fine-tune terhadap sistem, setting default si pembuat BIOS mungkin membuatnya menjadi tidak optimal.

Backup setting-setting Anda sebelum membuat perubahan. Bila batere yang menghidupi chip clock/calendar mati, setting-setting Anda mati bersamanya. Bila utiliti Setup Anda mempunyai opsi backup, gunakanlah. Jika tidak, catat setting di kertas — atau tekan key Print Screen untuk masing-masing layar di utiliti tersebut (tetapi ini tidak selalu berfungsi).

Apa yang Dicari

Sebelum mulai, baca sampai selesai user manual yang menyertai PC atau motherboard. Banyak manual menawarkan penjelasan singkat masing-masing setting. Setting bervariasi menurut manufaktur dan model, namun Anda seharusnya menemukan ini di hampir semua PC:

Optimalisasi dan kompatibilitas setting: Utiliti Setup sering berisi setting-setting untuk kinerja hardware. Kadang-kadang ini tidak diatur secara optimal di pabrik, utamanya pada PC yang dibuat berdasar pesanan atau generik. Scan seluruh program Setup. Setting modus AGP dan setting DMA merupakan kandidat utama untuk dioptimalisasi. Setting-setting ini juga berguna untuk troubleshooting hardware yang baru diinstall: Menonaktifkan atau menurunkan setting yang diberikan bisa memicu ketidak-kompatibelan kartu grafis, CD-ROM drive, atau peranti lain yang terjadi sebelumnya.

Setting harddisk: Anda akan menemukan tabel, biasanya pada halaman kedua atau Advanced dan dengan judul “IDE”, yang mendaftar semua parameter konfigurasi untuk EIDE harddisk yang secara langsung terkoneksi ke motherboard. (SCSI harddisk dan EIDE harddisk yang tidak punya kartu ekspansi akan menjalankan program konfigurasinya sendiri.) Sementara kebanyakan PC yang dibuat selama beberapa tahun terakhir dapat dengan mulus mendeteksi dan mengkonfigurasi harddisk baru, sebagian memerlukan instalasi manual. Baca your dokumentasi disk baru Anda mengenai prosedur tersebut dan gunakan opsi-opsi on-screen untuk membuat perubahan di tabel ini.

Floppy disk: Opsi ini memungkinkan Anda menyetel tipe floppy drive (3,5 inci, 1,44MB, sebagai contoh) yang telah Anda tetapkan sebagai drive A: atau B: Anda. Ini merupakan setting yang perlu diperiksa jika Anda mengalami problem floppy-drive. Sebagian utiliti Setup mempunyai setting sekuriti `Floppy Read only` tersendiri yang mencegah data Anda dituliskan ke floppy disk dan dihapus dari PC.

Urutan booting: Setting ini menentukan mana yang pertama kali dilihat PC ketika instruksi boot-up. Contoh: `A: kemudian C:`, `C: kemudian A:`, atau `C:, Zip drive`. Untuk booting dari CD-ROM drive, Zip, atau LS-120, Anda sepertinya harus mengubah setting ini.

Proteksi password: Bila ini diaktifkan, BIOS akan menanyakan password sebelum booting up. Sangat berhati-hatilah dengan yang satu ini: Bila melupakan password, Anda terpaksa mereset jumper motherboard atau mencopot batere CMOS, yang akan menyebabkan Anda kehilangan semua setting, atau Anda bahkan harus membeli motherboard baru.

Setting IRQ: Bila Anda butuh setting IRQ ekstra untuk hardware baru, Anda perlu membebaskan satu IRQ dengan menonaktifkan feature yang tidak digunakan, seperti port serial, port paralel, atau port USB.

Setting port paralel: Pilih modus yang paling cocok untuk hardware. Modus ECP atau EPP dapat sangat mempercepat printer dan peranti lain.

Kipas RPM dan temperatur CPU: Dua parameter kritis ini sebaiknya dicentang secara periodik untuk memastikan mereka berfungsi dengan benar.

Bantuan Hardware Offline
Internet sangat bagus untuk menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan hardware, tetapi menyelidiki situs-situs Web untuk mendapatkan nasihat yang bisa dipercaya cukup menghabiskan waktu. Kadangkala cara tercepat untuk mendapat jawaban adalah cara gaya kuno: dengan buku referensi yang baik. Di bawah ini adalah dua yang terbaik.

Upgrading and Repairing PCs ( www.upgradingandrepairingpcs.com) karya Scott Mueller (US$ 60) merupakan buku klasik yang mencakup segala sesuatu yang Anda butuhkan tentang PC dan hal-hal yang mungkin Anda tidak ketahui. Bila Anda mencari referensi menyeluruh, keluasan dan kedalaman judul ini belum terkalahkan ( www.quepublishing.com).

PC Hardware in a Nutshell ( www.oreilly.com/catalog/pchardnut2) oleh Barbara Fritchman Thompson dan Robert Bruce Thompson (US$ 40) merupakan panduan praktis yang bagus untuk membeli dan menggunakan PC. Dimuati dengan nasehat bergaya ringkas yang secara jelas memberikan informasi yang Anda perlukan, tanpa Anda harus mencari-carinya (www.oreilly.com).

Drive Kotor

Benah-benah di akhir minggu meninggalkan lapisan debu yang menutupi seluruh kantor, dan Anda kuaatir CD-RW drive Anda mungkin kotor. Bagaimana sebaiknya membersihkannya?

Mungkin sebaiknya tidak. Gosokan paling halus sekalipun dapat menghambat laser sensitif pada drive, jadi bila tidak rusak, jangan bersihkan. Bila kinerja menurun, atau bila drive Anda tidak mampu membaca medianya, coba beberapa semprotan yang diarahkan dengan baik dari kaleng semprotan udara — tersedia dengan harga kurang dari US$ 10 di toko-toko komputer. Pastikan menggunakan sedotan plastik yang menyertai kaleng. Dan jaga agar menyemprot pelan-pelan; desakan semprotan yang berlebihan dapat menyebabkan kondensasi yang menumpuk uap lembab pada interior drive. Sebelum menggunakan kit pembersih CD-RW seperti US$ 15 Drive Guardian buatan Kensington ( www.kensington.com/html/1080.html), carilah rekomendasi dari pembuat drive; sebagian merekomendasikannya, tetapi yang lainnya tidak.

Menghentikan Program Tua

Beberapa program software yang benar-benar tua hanya tidak sanggup berfungsi pada PC kecepatan tinggi sekarang ini. Jika Anda memiliki program kuno yang mengunci atau memunculkan pesan error setiap kali Anda hendak menjalankannya, cobalah CPUKiller; utiliti gratis dan mudah digunakan, yang memungkinkan Anda memperlambat PC sesedikit atau sebanyak Anda inginkan. Pergilah ke www.cpukiller.com untuk mendownloadnya.

Sumber : Ilmukomputer.com

About these ads

143 Tanggapan to “Cara Aman Mengotak-atik Setting BIOS PC”

  1. ali301 berkata

    http://www.infokomputer.com/inilah/inilah.php?id=3410

  2. Jogi berkata

    bagaimana jika tidak punya Floppy disk apakah bisa update bios?

  3. AguS.s berkata

    kasih tau dong cara membios pc baru

  4. miswardi berkata

    komputer tidak melakukan deteksi hardware (POST) dan tidak memberikan indikator suara apapun meskipun kompunen seperti RAM, VGA Card saya cabut dari mobo. penyebabnya kira-kira apa ya…?

  5. Pengen nambah ilmu dari rekan-rekan disini, karena saya sangat tertarik dengan artikel-artikel nya yang menurut saya sangat uptodate.

  6. Falah berkata

    Ada yg tau cara mengapus Os gak?

  7. Sigit berkata

    nch Gagoooooeeees Bgetttt

  8. mojorembunclubs berkata

    HAi salam kenal
    makasih ya atas makalah Anda Gua jadi lebih ngerti
    Tapi dari mana anda bisa menempatkan
    iklan linux
    php
    dan sbg?

  9. hari berkata

    pokoke smua yang dibahas oke dech

  10. Azlan berkata

    halo kang deden PC aku ada problem. Tolungin donk. Saat ak utak atik amibios simple setup utility ver 1.24h tiba2 eror NTLDR is missing.? Tolong..trims

  11. Julis Suryadi berkata

    @Atas
    reinstal aja bung! He he

  12. cotsu berkata

    komputer tidak melakukan deteksi hardware (POST) dan tidak memberikan indikator suara apapun meskipun kompunen seperti RAM, VGA Card saya cabut dari mobo IBM saya.
    penyebabnya kira-kira apa ya…?

    Trims

  13. andrij berkata

    gw mo nanya ni? gw pnya msalh pd setting bios yg tlh di setting load best performance?kmudian knp gk muncul start up nya?

  14. acun berkata

    Ikutan komen ya..
    @Azlan
    Kalo anda pake XP, coba langkah2 di bawah ini:
    1. Insert the Windows XP bootable CD into the computer.
    2. When prompted to press any key to boot from the CD, press any key.
    3. Once in the Windows XP setup menu press the “R” key to repair Windows.
    4. Log into your Windows installation by pressing the “1″ key and pressing enter.
    5. You will then be prompted for your administrator password, enter that password.
    6. Copy the below two files to the root directory of the primary hard disk. In the below example we are copying these files from the CD-ROM drive letter “E”. This letter may be different on your computer.

    copy e:\i386\ntldr c:\
    copy e:\i386\ntdetect.com c:\
    7. Once both of these files have been successfully copied, remove the CD from the computer and reboot.

    Coba lihat link dibawah ini juga.
    http://www.ismusurizan.com/how-to-fix-ntldr-is-missing-error-on-windows-xp/

    Semoga berhasil.

    @Cotsu
    Motherboard anda terpasang speaker yg kecil gak? Kadang2 ada PC yg gak ada speaker-nya. jadi walaupun RAM dicabut gak akan ada bunyi. :)

    • ila berkata

      pintre reeeeeeeekkkkkkkk…….

      ka’ acun aQ ngfeeeeeeeeeeeeeenssssss ftone………
      gWantenGg…..

    • Bang Dul berkata

      Nah kaya gini baru orang pinter N bisa : kaya mister Acun, kasih penjelasan g bertele2 kayak yg lain
      kalo yg lain mah kadang suka g bener dengan kasih alamat / linknya….tapi g temu2 g tau….
      saya pernah ikut link yang g jelas malah nyasar ke Papua…..hahhahahahah

    • rimobali berkata

      Ini dia simple banget. thx udah sharing

  15. [...] cara aman mengotak atik bios Cara Aman Mengotak-atik Setting BIOS PC [...]

  16. erwin berkata

    salam kenal
    bisa ngsih tw pengertiannya lebih jelas lagi gak?
    soalx banyak kata2x di bios tu yang aq gak ngerti

  17. Kang Harie berkata

    HARDISK PC SAYA TIDAK2 TDK TERDETEKSI SA’AT SAYA BUKA BIOS, SAYA BOOTING ULANG PAKE CD BOOBABLE TRUS MAU SAYA REPAIR SISTEM WINDOWSNYA TERNYATA MEMANG GAK KEBACA TUH HARDISK… KABEL KONEKSI KE HARDISK “SATA”..

    GIMANA NICH SOLUSINYA… PADAHAL PC SAYA BARU 2 BULAN LO BELINYA.. EMANG SIH RAKITAN… HEHEHE

    THANKS

    HARI

  18. Adriyan berkata

    bagaimana klu biosnya udah ngilang duluan???
    mu re-flash, tpi ga tau merk+type mainboarnya???
    setup BIOSnya mo nyari kmana???
    bingung…
    ada yang tau caranya???

  19. ici berkata

    thank’s kang Deden atas tulisannya

  20. Koko berkata

    Bagai mana cara menyeting Hardist n Bios Supaya maksimal…..?

  21. andrean berkata

    bagimana cara mengatasi PC yang tidak dapat Shut Down dengan normal?
    Ketika saya Shut Down selalu kembali lagi ke OS awal!
    tolong bantuanya dunk….plzzzzzz!!!!

  22. BlogPONSEL berkata

    Coba link ini sm0ga membantu ttp://118.98.171.187/departement/RPL/pcassembly/index.html

  23. phonk berkata

    udah i jalani tapi akhirnya ada yg kurang…..
    suaranya enggak keluar…
    mohon pencerahannya

  24. awalludin berkata

    mas deden yg baik hati..emng cara clear cmos yang baik seperti apa ya?

  25. Baca Ini Bro!!! berkata

    [...] Sumber : kang deden [...]

  26. SyukurM berkata

    Ajarin kita dong memoptimalkan penggunaan BIOS, cara copy, paste dan lain2.
    Sukses Bro…!!!!

    Salam,

  27. fadila berkata

    komputer qu bolak balik mati hidup gara2 nya sering mati lampu, di hdpkn trafonya cpunya hidp tp bentr ja da mati lg itu problemnya ap yach, bantuin aqu yach…

  28. muhammad berkata

    mas.. gimana caranyamenyimpan settingan bios, mohon penjelasan… sebelumnya terima kasih, blognya mantep dan penuh dengan pengetahuan yang menambah wawasana saya. trim’s ya…?

  29. hamzah berkata

    mau nanya!?hardisku portebel kenepa tidak terbaca langsung di komputer tidak seperti kaya flasdisk padahal sudah saya jadikan slave…apa harus ada perubahan dari bios…

  30. karat otak berkata

    mo tanya nich, giman mengurutkan hard disc priority, karena sudah saya coba bolak balik gak bisa masuk windows..

    HD saya ada 3:

    Maxt 200 G ATA (program windows di d sini)
    ST 200 G ATA
    ST 500 G SATA.

    Apakah selain setting HD Priority, apakah ada setting lainnya.

    Windows saya terpaksa saya instal ulang karena terkena virus, dan saya sudah mencoba urutannya bolak balik tetep gak bisa, selalu muncul pesan Safe mode…

    tolong di bantu ya… Terima Kasih..

  31. kamta berkata

    tolong kasih tahu caranya, saya mau install windows XP2 tapi setelah sampai untuk continue, saya enter malah can not continue, atau karena salah setting biosnya ya

  32. bayu berkata

    cara setting, sampe format pC donk <kasih tau langkah2nya..trimz

  33. Lukman berkata

    Thanks infonya …
    ini web servis komputer

  34. feto berkata

    artikelnya menarik untuk saya karena saya masih bingung dalam mengotak-atik settingan BIOS…

    terima kasih atas infonya

  35. yolanda berkata

    tlong kasih tau cra setting bios secara lengkap………..

  36. sarmin berkata

    gmna cra msng front panel yang benar???????????????????

  37. mbah met berkata

    gmna cra memilih komputer yang benar????????????????

  38. [...] [...]

  39. dede berkata

    ya ALLOH berikan petunjukmu knapa bodoh x aq ni ga tau apa-apa????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

  40. Wira berkata

    1.saya br beli MB baru, tp saya coba selama 6 jam langsung bunyi tttiiiiitttt panjang kl memory ga da masalah dah ta coba 1 per 1. knapa?
    2. cara reset bios yg benar gmana, MB apa perlu keadaan mati?

    • mifta berkata

      coba dicopot dulu semua gan..mulai dari Ram, HDD, kabel power, VGA card. Procecor…
      bersihkan konektor2 yg kotor dgan kuass..setelah itu pasang kembali smua komponen satu persatu dengan pelan2 tp pasti :-)
      coba dijumper untuk reset bios….tp klo masih blom bisa copot batre cmosnya untuk ngeresetnya

  41. HENDRI berkata

    bagai mana mengatasi pc saya klo di hidup kan harus tekan tombol f1

  42. nanang berkata

    bagaima ya, cara setting bios ulang, q pasword, malah.. jadi berabe. sekarang malah bios tidak bisa keluar… tau solusinya

  43. agus berkata

    bagaimana cara setting bios untuk dua monitor. vga onboard mati, defalut nya pci yg baru. plis bantuannya. TQ

  44. Mex Accolyend berkata

    bagaimna sih caranya kita menyeting bios agar tamoilan windows kita tidak tampil di menu eksploler

  45. Mex Accolyend berkata

    gimana sih menyeting bios denan benar???

  46. ari berkata

    apa az fungsi dari award&Phoenix Bios>

  47. Anakan kelinciku sering mati karena kembung/mencret . Bagaimana cara menangani kelinci yang baru disapih agar tidak kembung dan mencret? berkata

    Gimana menghilangkn tulsn enpc yg mncl saat komptr dihdpkn?

  48. amar berkata

    komputer gak mau mati setelah di shut down

  49. arya berkata

    komputerku hang tiba-tiba kadang kadang tidak.kira kira apanya ya?

  50. Met Pagi !!

    Aqu memang sangat tertarik dengan beberapa article yang tercantum ini, tapi ternyata setelah aplikasinya aqu hadapi satu masalah bahwa saat aqu shutdown PC qu nggak pernah mati melaingkan restart lagi. Aqu minta penjelasan detail.
    Thanks.

  51. putra berkata

    mas, mau nanya.. klo untuk perpanjang KONTOL, gimana ya caranya, soalnya KONTOL aku kecil nich jadi kadang2 MEMEK selalu cemberut.. Please serius nich…!!

  52. alan berkata

    mau tanya! caranya biar bisa instal xp dengan mobo IBm P III gimana ya! soalnya yang muncul cuma F1 aja dan operating sistem ga ditemeukan

  53. mulyadi berkata

    saya punya masalah di bios,pertamnya di monitor tertulis bahwa tting cmos bios error kemudian saat star komputer terdengar bunyi nyaring dan starnya jadi lama.apa yang harus saya lakukan dan apakah itu ke ramnya yang rusak,karena di daerah sayasering mati listrik,trims

  54. moris berkata

    thank brow atas makalahnya,,,,,
    abiz,, gw sudah mengerti,,,,,

  55. santo berkata

    gimana bos buka bios yang di pasword?…

  56. budi berkata

    kalau untuk insyal komp pke flash disk gmana?

  57. Burhanudin berkata

    Bagaimana Mensiting CMOS ketika dikatakan pada awal Booting CMOS is WRONG

  58. tomi berkata

    saya punya masalah kalo tidak bisa masuk ke desktop tertuliskan a error read harddisk

  59. julie berkata

    benar2 artikel yang bagus.bs memperluas wawasan .thanks . .

  60. den Budi berkata

    okelah.. nyobain boot dari USB dulu ah…

  61. ukie@tkj berkata

    Tq…..

  62. bambang berkata

    kalau harddisk nya gak kebaca apanya ya???

  63. Nanda berkata

    mas…monitor saya power saving mode terus setelah saya meng’enablekan settingan cpu overclocking dan saya kasi nilai 400 pada cpu frequency, maksut saya sih pengen overclock gitu mas…tolong bantuannya gimana caranya agar bisa kembali normal mas…mobo saya ECS A780GM-A…tolong mas yo, ….

  64. dharma berkata

    mas aq mau tanya gimana cara seting bios untuk dua monitor karena klu pkai vga pci vga onboardnya gak ke detect MB biostar P4M800, tolong krm jawabanya ya mas please thanks

  65. tata permana berkata

    thank infonya

  66. ardi berkata

    pak komputer saya seting biosnya semrawu.aku nbingung ini apa bapak bisa bantu saya?kalau gak bisa bantu kirimi nomor cewek jabley aja ya>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

  67. joel berkata

    wah……… ilmu yang sangat berguna
    terimaksih kakak yang baik..!!

  68. jimmy maloali berkata

    pak, komputer saya bisa hidup, tapi nggak’bisa klik star(dibagian starnya seperti tertutup) gimana nih

  69. GUSTAAF ADOLF AKIAAR berkata

    Pak komputer saya dah tak instal ulang dah selesai tapi cd driver windos xp aku keluarkan di komputer meminta cd driv dan kalao aku masukkan bisa bekerja seperti sempurna tapi kalao pertama dak diberi cd driv tidak mengenal Pak tolong informasinya terima kasi banyak sebelumnya

  70. Muhammad Rifal berkata

    klo lain windows, lain gak BIOS nya’..?

    tolong lampirkan la gambar bios satu persatu dari semua settingan,.. trima kasih’

    Wass.

  71. Muhammad Rifal berkata

    sekaligus fungsi-fungsinya (sorry ada yg tinggal).

  72. Donald Hendra berkata

    Bagaimana cara menambahkan satu buah lagi dvd rw ke PC, sebab setelah saya coba paralelkan ternyata tetap PC mendeteknya tetap satu walapun kedua duanya bisa untuk membaca, padahal yang saya inginkan agar bisa digunakan untuk mengopy CD atau DVD, thanks

  73. Tolong dong dikirim artikel, laptop saya masalahnya di re instal repair…dimasukin cd windowsnya gak kebaca, malah disuruh keluar…thanks ya…

  74. aril arya berkata

    tolong dong laptop q telebit g bisa masuk bios jadi mau boting ke cd g bisa tp masuk windows lancar2 ja,please tolong dong ada yang tahu g?

  75. crys berkata

    terima kasih infonya,sangat membantu,,,

  76. dhido berkata

    pak saya dhido, saya ingin mnta tlong sama bpak bagaimana cara menyeting BIOS komputer pentium 3 yang bnar karna komputer saya bermasalah, saya mnta panduannya saya, saya hrp bpk/ibu dpt mmbntu saya,sebelumnya saya ucapkan limpah trima kasih.

  77. [...] Cara Aman Mengotak-atik Setting BIOS PC Filed under: Jaringan by starpies — Leave a comment January 31, 2011 Cara Aman Mengotak-atik Setting BIOS PC [...]

  78. salah berkata

    pak harga monel dipasar brapa yaaaaaa?

  79. Bang Dul berkata

    Nah gini tanda orang pinter n bisa kaya Mister Acun, g bertele2 kasih penjelasan,,,,
    kalo yang lain mah kadang sukah bohong kasih alamat/ linknya tapi kadang kita g temu!!!
    malah pernah saya ikutin link yang dikasih malah nyasar ke papua….wkkwwkkkk

  80. ro'uf berkata

    mas bagaimana bila board tidak bisa booting k’bios dan bila ram d’lpas tdk ada suara beepx…….!!! tlg saranx.
    trim’s

  81. ro'uf berkata

    roup.stmik@yahoo.co.id tlg saranx d’ sare k’fb alamat tersebut trim’s mas

  82. fajar berkata

    hallo teman2 semua dimanapun kalian berada, tetapi kita dengan mudah bisa ketemuan diinternet dengan kecanggihan masa kini. hallo semua dan terima kasih sebelumnya. aku minta tolong deh pada siapapun yang bisa merespon permasalahanku.dr kalangan atas maupun dr kalangan bawah ,dr profesional ataupun dr senior. pertanyaan: “BAGAIMANA CARA MEMPERBAIKI MOTHERBOARD YG SAAT DITOMBOL POWER HIDUP KIPASNYA PROSESORNYA TAPI TIDAK KONEK /MUNCUL BIOS/CMOSNYA” DALAM KURUNG “RAM ,PROSESOR KEADAAN BAIK DAN UNTUK HARDISK BLM DIPASANG” tolong beri solusi yach teman2ku yg baek. trims. taktunggu responnya.

  83. danu berkata

    mas setelah saya mengotak_atik setingan bios,tiba2 kok pas ngerestar pc saya gk nyalah lagi?
    cara mengatasi masalah tersebut gimana? agar pc normal kembali

  84. eky berkata

    lengkap bgt…
    thanks tutornya…

  85. Ricky berkata

    WAktu salah otak atik komputer, saya menekan tombol ctrl+alt+del…
    trus di pengaturan ada salah satu pengaturan hardisk y saya atur “turbo” bkan “auto”. trus monitor nya muncul layar item, bagaimana cara ngembaliinnya ya..
    thanks….

  86. ady berkata

    waktu booting kok cuma usb aj yang deteksi,pdahal smuanya terdeteksi,perintahnya disuruh restart,krusakannya ap?tlong ksih jwbannya

  87. KonnY berkata

    ada nggak Software yang buat mendeteksi kerusakan / tidak konek Hardware?
    contoh : kerusakan USB
    apakah dari kabelnya ato menboard,.?

  88. lathansa berkata

    aku juga mau post

    2 beep panjang dan layar monitor mati., it ap y???
    tolong bales

  89. stapunk berkata

    kenapa setiap kali menyalakan komputer langsung masuk bios, sistemnya ga kebaca, padahal Hdd’y dah terdeteksi d bios?
    mohon petunjuk

  90. semuel berkata

    numpang nanya dong,,cara biar bisa booting dari usb gmn y?
    saya sudah setting boot priority agar first priorityny usb
    juga memastikan “usb legacy support” dan “boot other devices” enabled
    usb yang saya pakai juga saya yakin sudah bootable
    tp sehabis mengubah settingan bios, kmudian restart
    knapa yang muncul justru layar hitam dengan tulisan J_ (underscoreny kedap-kedip)

    mohon petunjuk..

  91. Irawan berkata

    Nanya buat agan-agan smua boleh yahhhhh
    Di Mobo saya setiap booting walaupun sudah ganti baterai dan di reset tapi tetep aja muncul :

    Pressed
    Press F1 to Run Setup

    Minta pencerahan dong heheheheheheheh< Thankz yah :)

  92. Maman Firmansyah berkata

    Terimakasih kang saya sekarang jadi tahu caranya merakit komputer sekaligus belajar seting biosnya tapi belum ta coba maklumlah masih awam…… sekalian minta ijin copy pastenya ya.

  93. I-one p.g berkata

    gan mau nanya nih
    PC saya pada start up pertama langsung masuk ke safe mode
    setiap memilih 1 pilihan safe mode or start windows normaly
    pasti blue screen and ada warning

    ” A problem has been detected and windows has been shut down to prevent damage to your computer
    if tis the first time you have bla….bla…. dan seterusnya
    yg inti nya cek virus, cek hard drive or hard drive controler
    itu kira2 bermasalah dmn ya gan jg mumet ga bisa di instal ulang
    cd windows nya pun nda mau jalan mengcopy flie
    kyk nya seperti memblok gtu.
    mohon pencerahan nya gan e-mail saya di : ip_gultom_85@yahoo.co.id
    terima kasih.

  94. seli_usel berkata

    bagaimana cara nya untuk menguasai semua tentang bios,mas?
    soal nya saya tidak terlalu memahi tentang bios

  95. abast berkata

    bagaimana cara seting bios yang benar ??????

  96. memet berkata

    posting nya sangat bermanfaat….apalg bwat para newbie seperti aq…thanks for the info…*_^

  97. anggun berkata

    matur nuwun kang Deden, ntar sy praktekkan.

  98. wiMPy berkata

    pc saya kog tiba tiba muncul partisi A 3/4 floppy kenapa ya? padahal sebelumnya tidak ada( hanya partisi C dan D) di settingan bios juga udah disabled tp tetep aja muncul partisi A 3/4 floppy td….. tolong donk solusinya …… terima kasih

  99. ilham berkata

    PC saya kok tiba-tiba gk mau hidup kembali, setelah saya menghilangkan password didalam komputer saya dengan cara mencabut batre CMOS dan memasang nya kembali. kira-kira apa nya yang bermasalah gan????

  100. amdhani berkata

    Assalamu’alaikum abang-abang…??
    cpu saya hidup tapi dia tidak tampil ke window…??
    bagaimna permasalahan nya…??

    pas tiba di hardwer monitor saya bingung…??

    tolong balas please…!!

    wassalam..??

  101. han berkata

    TRIMA KASIH SAYA BARU BLAJAR NGISTALL, ILMUNYA SANGAT BRGUNA NI

  102. bima berkata

    bagaimana cara instal sistem operasi sampai muncul instal system

  103. tatar_adi berkata

    Makasih atas ilmunya..

  104. hendi berkata

    Terimakasih nihh. ŮϑªH̶̲̅ bagi2 ilmu.

  105. din berkata

    saya baru bisa computer pada saat saya buka programnya tidak muncul seperti biasa gimana solusinya dong?

  106. Angodi Maniz berkata

    hp mini eror enter current pasword,saya coba msuk bios (f10) jga tidak bisa, pesan kode erornya juga tidak seperti cnuxxxxxx itu juga tidak muncul, tolong sarannya mas…thnkz….

  107. iim berkata

    mas, maf mau tanya, klo ngatur ulang bios. masuk k menu apa ya???, soalnya td aku salah masukin tanggal sama jam nya.. dan klo aku matiin juga langsung masuk, gak lewat bios lagi///
    ..
    makasih

  108. [...] Cara  Aman  Mengotak-atik  Setting  BIOS PC [...]

  109. cecep dudul berkata

    izin kopas

    hehe

  110. RINOE berkata

    aq mau tnya kok mainboard winsonic biosny gk mau jln knapa y?

  111. mifta berkata

    thank gan dapet ilmu dari sini :-)
    oia kalo da dpencet del. f8. f10 juga bios ga kluar gmna solusinya gan :-)mohon dblas trims

  112. Dilah berkata

    Gan kompter gw ngelek gara2 gw bis kotak katik bios gimana ne solusinya
    thks

  113. eri berkata

    kalo cara update BIOS gimana gan..? terus katanya update BIOS itu bisa bikin PC kenceng ya..? beneran ato mitos tuh..?

  114. IT Newbie berkata

    Terima kasih mas infonya.. sangat bermanfaat..

  115. wahyu berkata

    tolong ajarin lla cara seting bios, aku masih anak skolah ingin tw bnyak tntang komputer

  116. erid berkata

    tanya bro, kenapa setingan bios gk mau nyimpan setelah shutdown balik lg ke default. Dan kenapa baru nyalakan pc sbntar langsung mendadak mati gk mau dnyalakan lagi, stelah cukup lama baru lah bisa nyala sbntar trus mati lagi..! Mohon pencerahanya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 119 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: