myDeden.Kom

Pemulung yang Berusaha Memanfaatkan Limbah Sebaik Mungkin

Gimana Memilih Komponen Asli atau Palsu ?

Posted by kang deden pada 25 Juli, 2007

Di era Teknologi ini, Siapa tidak kenal dengan Komputer.Ini bukan lagi sebagai alat bantu , tetapi merupakan kebutuhan.Permintaan peralatan ini semakin meningkat.Pasar terbuka lebar.Para pedagang komputer tidak mau ketinggalan momen ini.Mereka bersaing menarik pembeli, dari harga murah sampai dengan mahal.Segala trik di gunakan untuk menarik pasar dan keuntungan.Ironisnya keuntungan penjualan Komputer ternyata tidaklah menjanjikan.kuntungan sangat tipis belum lagi adanya servis dan garansi yang harus di urus oleh pedagang Komputer.Disamping itu Komputer Branded ramai-ramai menurunkan harga.Akibatnya, pedagang mulai mencari solusi untuk mendapatkan keuntungan. salah satunya mengakali komponen yang ada pada komputer itu. Di sini saya akan menulis artikel dimana kita dapat meneliti komponen mana yang asli dan mana yang tidak asli.sehingga anda tidak akan merasa rugi atau dibohongi.

BERIKUT INI ADALAH CIRI CIRI KOMPOPONEN KOMPUTER YANG PALSU :

 1.      Processor 

Processor palsu/remark/overclock biasanya dijual dalam kondisi TRAY / tanpa BOX. Processor Palsu selain kinerja nya rendah, tingkat kestabilan nya juga rendah, ini diakibatkan karena processor tersebut biasanya dalam kondisi ter overclock, sehingga panas yang ditimbulkan menjadi tinggi yang pada akhirnya membuat komputer tidak stabil / sering terjadi hang. Masa garansi processor palsu biasanya paling lama hanya satu tahun, dan harga nya relatif lebih murah.Cara paling efektif dalam membedakan processor asli dan palsu adalah: cek masa garansi nya (processor Intel asli / AMD asli bergaransi 3 tahun), lalu cek serial number nya, serial number ini harus dengan yang tertulis pada box processor. Nb. Istilah palsu di sini adalah komponen yang tidak melalui Quality Control sehingga ketahanan komponen  tidak telalu baik 

2.      MOTHERBOARD PALSU / REKONDISI 

Motherboard ini biasanya dijual tanpa menyebutkan merk nya, dan hanya di sebutkan jenis chipsetnya saja, bahkan terkadang dijual juga sebagai barang second.
cara efektif untuk menghindari motherboard palsu adalah dengan menanyakan merk motherboard, masa garansi motherboard, dan meminta semua kelengkapan motherboard tersebut pada saat membeli, misal box motherboard, cd driver, buku petunjuk instalasi dan lain sebagainya.
cara lain nya adalah dengan melihat serial number motherboard tersebut, serial number yang tertulis di motherboard harus sama dengan yang tertulis di box nya.
masa garansi haruslah minimal 1 tahun dengan minimal garansi 3 bulan pertama rusak di ganti baru.

3. VGA CARD  

Sama seperti hal nya Motherboard, VGA palsu biasanya juga dijual tanpa merk dan hanya menyebutkan jenis chipsetnya saja.
Cara menghindari vga palsu sama dengan di atas, yaitu menanyakan merk vga, menanyakan masa garansi, meminta kelengkapan dari vga tersebut (box,CD Driver, dan buku petunjuknya) dan cek serial number nya.
Cara lain adalah dengan melakukan cross check ke website pabrik pembuat vga card tersebut, karena ada beberapa vga palsu di Indonesia yang dijual dengan merk terkenal, sementara pabrik nya sendiri tidak membuat VGA card dengan jenis tersebut.
masa garansi haruslah minimal 1 tahun dengan minimal garansi 3 bulan pertama rusak di ganti baru.

 

4. CDROM / DVDROM / CDRW 

cara membedakan dan menghindari nya sama dengan di atas.
 

5. HARD DISK  

Garansi Hard Disk original = 1 tahun rusak langsung diganti baru.
 

6. MEMORY  

Sama dengan di atas. Perbedaannya adalah Memory original itu selalu bergaransi seumur hidup / Life Time, dengan kata lain, jika rusak akan langsung diganti baru.
Berikut di bawah ini adalah perincian masa garansi dari berbagai macam peripheral yang asli / original :

Processor Intel (Celeron & Pentium 4 atau seri diatasnya Duo Core Duo) = garansi 3 tahun rusak diganti baru
Processor AMD (Athlon XP, Sempron, AMD64) = garansi 3 tahun rusak diganti baru
Motherboard ASUS =garansi 2 tahun, 3 bulan rusak di ganti baru
Motherboard GIGABYTE =garansi 3 tahun, 1 tahun rusak di ganti baru
Motherboard ECS = garansi 5 tahun, 3 bulan rusak di ganti baru
Motherboard PC PARTNER = garansi 2 tahun rusak di ganti baru
Motherboard DFI = garansi 1 tahun, 3 bulan rusak di ganti baru
Motherboard Intel = Garansi 2 tahun, 3 bulan rusak diganti baru
lain lain minimal garansi satu tahun, dengan 3 bulan rusak diganti baru
 

Masa Garansi ini merupakan masa garansi yang di berikan oleh Pabrik, bukan Toko penjual komputer.Walaupun masa garansi yang diberikan cukup lama.tetapi kenyataannya, sebahagian pabrik tidak menyediakan komponen tsb.ini disebabkan Technologi Computer perkembangannya terlalu cepat.Jadi jika anda membeli komponen komputer perhatikanlah “sesuaikanlah kebutuhan anda”.harga komputer ,berdasarkan komponen yang terdapat didalam komputer.bukan bentuk luarnya. Semoga Informasi ini bermanfaat.

Sumber : http://nasir-maintenancecomputer.blogspot.com

6 Tanggapan to “Gimana Memilih Komponen Asli atau Palsu ?”

  1. gilcosta said

    hai kawan-kawan bagaimana kalau kita membeli sebuah laptop tetapi CD Drivers nya tidak ada bagaimana pak laptop yang saya beli ini palsu atau tidak.totolong di jawap pak yang benar bagaimana pak.

    @ Ada beberapa kemungkinan hal tersebut bisa terjadi, yang pertama adalah “Apakah laptop yang dibeli tersebut Baru/Second atau Apakah laptop tersebut baru sedangkan harganya miring (BM) “, “Apakah anda membeli laptop dengan OSnya apa tidak”, atau kemungkinan terakhir mungkin laptop yang Anda beli tersebut pabriknya sudah bekerjasama dengan OSnya sehingga kebutuhan drivernya sudah tersedia didalam OSnya sehingga tidak memerlukan lagi CD Driver karena sudah Plug and Play … nah itu beberapa kemungkinan, tapi kalo kemungkinan diatas itu tidak sesuai dengan kenyataannya, mending anda kembalikan saja atau minta cd drivernya meski hanya copy-an.. sebelum terlambat .. karena suatu saat kalo tidak segera akan timbul masalah yang akan menimbulkan masalah dan biaya baru .. apalagi kalo awam dalam hal hardware .. so .. mungkin itu saja yang bisa saya sarankan … mudah-mudahan bermanfaat salam .. (Deden)

  2. Kang Deden sangat kreatif, saya pribadi mengucapkan terima kasih tulisan kang deden, Saya di Bengkulu kadang kala memerlukan spesifikasi komputer berikut harganya tetapi sulit untuk mendapatkan informasi tersebut, mohon bantuan kang deden salam sejahtera semoga keluarga besar kang deden tetap dalam lindungan yang Maha Kuasa dan sehat selalu.
    terima kasih Kang.
    (EEF.Bkl)

  3. rijaltaufik said

    Wah…. sayang sekali bos.. aq membaca artikel ini sesudah beli komputer. Dan aku beli kompi dg processor Pentium D 925 [tray]dan garansinya 1 tahun. Setelah dicoba dirumah memang panas (dibanding yang dikantor)tapi belum nemu hang(mudah2an jgn sampai hang ya..).
    Aku coba konsultasi dg rekan2 katanya Pentium dual core memang sedikit lebih panas dibanding yang lain. So, seandainya aku dapat yang ter overclock solusinya gimana nih bos.. ada saran..? atau tau informasi yang mau tukar tambah ? aku di Jakarta.

  4. saeful said

    ma kasih atas pemberitahuan yang anda lakuakn karena menerut saya itu membanytu seklli diriku terutam pemasangan kabel utp yang andaa berikan ma kasih

  5. aku mau tanya…….?pada pihak redaksi ,komputer saya baru beli tapi setelah 2minggu koputerku sering hang dan mati tiba2 padahal komputerku tidak ada virusnya, bagaimna cara menanggulanginya……….?
    itu saja. terimakasih
    balasnya jangan pake’ lama………!

  6. Rahmad f said

    cara mendownload software dari internen gimanaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: