myDeden.Kom

Pemulung yang Berusaha Memanfaatkan Limbah Sebaik Mungkin

Sekilas Mengenai Prosesor dan Memory

Posted by kang deden pada 25 Juli, 2007

pintel1.jpg    pamd1.jpg     xeon.jpg   dualcore.jpgcel.jpg


Sebelum kita membeli perangkat dan merakit komputer terlebih dahulu kita harus merancang atau menetukan konfigurasi komputer yang akan dirakit sesuai dengan kebutuhan kita. Dengan kata lain komputer yang kita rakit yang dibutuhkan umpamanya komputer dipakai untuk aplikasi pengolah kata, disain grafis, multi media, dan untuk aplikasi data base kepegawaian atau perkantoran perusahaan dll. karena masing-masin akan membutuhkan perangkat keras yang berbeda.Kemudian juga harus dipertimbangkan kemungkinan untuk meningkatkan kemampuan komputer atau upgrade.


Komponen atau perangkat keras yang harus dipersiapkan dan dirancang diantaranya adalah; prosesor dan memori, mainboard atau mother board, card expansi, disk drive, casing dan perangkat keras penunjang komputer lainnya.
Central Prosesor Unit (CPU) dan Memori

Central Prosesor Unit CPU adalah merupakan otak dari komputer, semakin tinggi kecepatan prosesor semakin tinggi kecepatan kerjanya, sedangkan memori merupakan tempat atau ruang pengolahan data serta tempat menjalankan sistem aplikasi, semakin besar kapasitas memori akan semakin besar pula data yang dapat diolah dan semakin banyak sistim aplikasi yang mampu dijalankan oleh komputer. Jadi prosesor dan memori dijadikan sebagai ukuran kecanggihan komputer yang akan kita rakit.

Kecepatan CPU dipengaruhi oleh tiga faktor utama:

1. Kecepatan Internal (Internal Bus) : yaitu dalam bahasa pasar dikenali sebagai CPU speed. Kecepatan 1GHz, 2GHz dan sebagainya merujuk kepada kecepatan inetrernal. Semakin tinggi maka semakin cepatlah data tersebut diproses
2. Kecepatan eksternal (External Bus) : merupakan kecepatan eksternal CPU harus disokong dengan kecepatan motherboard. Ia juga dikenali sebagai Front Bus. Sekiranya eksternal Bus untuk CPU tersebut adalah 400MHz maka motherboard harus mempunyai kecepatan Bus yang sama. Ekternal Bus berbeda diantara CPU yang berlainan. Semakin tinggi kecepatan eksternal bus maka prestasi komputer meningkat. Internal Bus boleh diibaratkan seperti highway 10 lorong, manakala External Bus pula adalah jalan jalur keluar highway yang hanya mempunyai 2 lorong. Walau besar atau lajunya suatu kederaan di highway, bila tiba lajur keluar kenderaan tersebut terjadi kemacetan. Bayangkan sekiranya lorong lajur hanya satu lorong, maka kesesakkan akan berlaku bukan saja dilorong lajur keluar malah akan menyebabkan highway yang besar akan mengalami kemacetan. Jadi adalah perlu mempunyai External Bus yang besar untuk memastikan tidak akan terjadi kemacetan. Dari Tabel berikut dapat dilihat bahwa Pentium IV mempunyai kecepatan External Bus yang paling tinggi iaitu 400MHz sehingga 533MHz. Jadi tentulah CPU Pentium IV menjadi pilihan yang tepat untuk pemakai komputer yang mementingkan kecepatan.

[Jenis CPU ][Internal Bus] [External Bus ]
Intel celeron, 850MHz – 2.2GHz, 66 – 100MHz 400MHz (1.7GHz keatas)
Intel pentium 3, 450MHz – 1.33GHz , 133MHz
Intel pentium 4, 1.7 – 3.06 GHz, 400 – 533 MHz
AMD Duron, 1.0 – 1.3GHz, 200MHz
AMD Athlon, 1700+ – 2800+, 266 – 333MHz

3. Kapasitas memori Cache (Cache Memory)

Semakin besar kapasitas memori cache maka kemampuan CPU secara keseluruhan akan meningkat. Fungsi utama memori cache adalah untuk menyimpan olahan data yang telah diproses oleh CPU. Sekiranya terdapat olahan data yang sama, maka CPU tidak perlu memproses dari awal olahan data tersebut. Cache juga berfungsi sebagai penimbal (buffer) diantara CPU dengan memori utama kerana kecepatan cache lebih cepat. Sebagai contoh yang menunjukkan fungsi cache memainkan peranan penting di dalam kemampuan komputer. Coba lakukan pemasangan sistem operasi (operating system) Windows 98 dengan memori cache L1 (internal cache) dan L2 (external cache) dimatikan. Waktu pemasangan akan mengambil sekurang-kurangnya 3 jam berbanding sebelum memori cache dimatikan hanya mengambil waktu 45 minit. Ini kerana setiap file di dalam bentuk cab (cabinet) yaitu file tersebut telah dimampatkan (compress). File pertama dibuka agak lambat kerana perlu mengetahui cara-cara untuk uncompress dan file seterusnya CPU tidak perlu lagi belajar cara-cara untuk uncompress kerana telah tersedia disimpan di dalam memori cache. Sekiranya memori cache dimatikan maka setiap file, CPU terpaksa memproses dari awal cara-cara untuk uncompress file tersebut. CPU AMD Athlon dan Intel Pentium IV mempunyai kapasitas External cache yang sama. Untuk itu, pilihan Intel Pentium IV adalah lebih sesuai kerana kecepatan internal dan external Pentium IV lebih pada saat sekarang sangat tinggi.

[Jenis CPU ] [Internal Cache (L1 Cache)] [External Cache(L2 Cache)]
Intel celeron, 32 KB, 128KB
Intel pentium 3, 32KB, 256KB
Intel pentium 4, 12k µop + 8KB, 256KB
AMD Duron, 128KB, 64KB
AMD Athlon, 128KB, 256KB

Memori (Memory) :

Memori berfungsi menyimpan sistim aplikasi, sistem pengendalian, dan data yang sedang beroperasi atau diolah. Semakin besar kapasitas memori akan meningkatkan kemapuan komputer tersebut. Memori diukur dengan KB atau MB.

Jenis memori yang terdapat dipasaran diantaranya :

1. SIMM (Single in-line memory module) 

simm.jpg  simm2.jpg

Mempunyai kapasitasz 30 atau 72 pin. Memori SIMM 30 pin untuk kegunaan PC zaman 80286 sehingga 80486 dan beroperasi pada 16 bit. Memory 72 pin banyak digunakan untuk PC berasaskan Pentium dan beroperasi pada 32 bit. Kecepatan dirujuk mengikuti istilah ns (nano second) seperti 80ns, 70ns, 60ns dan sebagainya. Semakin kecil nilainya maka kecepatan lebih tinggi. DRAM (dynamic RAM) dan EDO RAM (extended data-out RAM) menggunakan SIMM. DRAM menyimpan bit di dalam suatu sel penyimpanan (storage sell) sebagai suatu nilai elektrik (electrical charge) yang harus di-refesh beratus-ratus kali setiap saat untuk menetapkan (retain) data. EDO RAM sejenis DRAM lebih cepat, EDO memakan waktu dalam output data, dimana ia memakan waktu di antara CPU dan RAM. Memori jenis ini tidak lagi digunakan pada komputer akhir-akhir ini .

2. DIMM (dual in-line memory module) 

dimm.jpg dimm2.jpg

Berkapasitas 168 pin, kedua belah modul memori ini aktif, setiap permukaan adalah 84 pin. Ini berbeda daripada SIMM yang hanya berfungsi pada sebelah modul saja. Menyokong 64 bit penghantaran data. SDRAM (synchronous DRAM) menggunakan DIMM. Merupakan penganti dari DRAM, FPM (fast page memory) dan EDO. SDRAM pengatur (synchronizes) memori supaya sama dengan CPU clock untuk pemindahan data yang lebih cepat. dan terdapat dalam dua kecepatan iaitu 100MHz (PC100) dan 133MHz (PC133).

3. DDR SDRAM (double-data-rate SDRAM) 

ddr.jpg  sdram2.jpg

Ciri-ciri DDR SDRAM sama dengan SDRAM, tetapi pemindahan data (data transfer) mendekati kecepatan sistem jam (system clock) dan ini secara teori meningktkan kecepatan SDRAM. Dahulu digunakan sebagai memori untuk card terpisah tetapi pada saat ini pabrik komputer membuatnya pada modul memori untuk motherboard sebagai satu jalan alternatif untuk pengganti SDRAM yang mempunyai 184 pin dan terdapat dalam tiga kecpatan yaitu 266MHz, 333MHz dan 400MHz.

4. DRDRAM (direct Rambus DRAM) 

drd.jpg   drd2.jpg

Dulu dikenali sebagai RDRAM. Adalah sejenis SDRAM yang dibuat oleh Rambus. DRDRAM digunakan untuk CPU dari Intel yang berkecepatan tinggi. Pemindahan data sama seperti DDR SDRAM tetapi mempunyai dua saluran data untuk meningkatkan kemampuan. Juga dikenali sebagai PC800 yang kerkelajuan 400MHz. Beroperasi dalam bentuk 16 bit bukan 64 bit. Pada saat ini terdapat DRDRAM berkecepatan 1066MHz yang dikenal dengan RIMM (Rambus inline memory module). DRDRAM model RIMM 4200 32-bit menghantar 4.2gb setiap saat pada kecepatan 1066MHZ.

Teknik Meningkatkan ukuran atau kapasitas Memori

Seperti yang diketahui memori terdapat dalam berbagai jenis, ukuran dan kecepatan, yaitu :
1. Pemasangan memori jenis SIMM 30 pin memerlukan empat keping untuk dapat beroperasi. Untuk meningkatkan kapasitas memori, empat keping memori perlu ditambah.pada motherboard. Motherboard untuk CPU jenis DX seperti 386DX dan 486DX mempunyai 8 slot, apabila motherboard untuk CPU jenis SX seperti 386SX dan 486SX mempunyai 4 slot.
2. Memori jenis SIMM 72 pin memerlukan dua keping untuk dapat beroperasi. Oleh itu ia memerlukan tambahan memori sebanyak 2 keping untuk meningkatkan kapasitas memori. Motherboard untuk Memori jenis DIMM 168 pin dan DDR SDRAM 184 pin hanya memerlukan sekeping untuk beroperasi.

Kalau kita perhatikan, komputer yang ditingkatkan kapasitasz memori menunjukkan kemampuan yang lebih baik. Membuka aplikasi atau memproses data akan menjadi lebih cepat. Walaubagaimana pun kejadian ‘hang up’, ‘freeze’ dan ‘blue screen’ sering saja terjadi setelah peningkatan memori dilakukan. Ini disebabkan oleh :

1. Modul memori yang ditambah tidak mempunyai kecepatan yang sama dengan card memori yang tersedia. Sewaktu membeli pastikan jenis memori dan kecepatannya apakah sama dengan card memori. Bentu modul memori mungkin saja sama untuk setiap jenis tetapi mempunyai kecepatan yang bebeda.

2. Modul memori menggunakan produk pabrik yang berbeda. Walaupun kita telah memastikan modul memori yang dibeli adalah dari jenis dan kecepatan yang sama tetapi setiap produk mempunyai perbedaannya sendiri.

3. Kerusakkan static kerana kerusakakkan sewaktu proses pemasangan modul memori. Sewaktu proses pemasangan kita mungkin telah memegang modul memori, tanpa menghindari diri dari elektrik statik

Tabel Kecepatan dan Ukuran memori.
Merek, Kecepatan, Ukuran
Kingston, 266MHz, 128/256/512MB
Apacer, 266MHz, 128/256/512MB
Kingston, 333MHz, 256/512MB
Apacer, 333MHz, 256/512MB

Sumber : www.google.com

33 Tanggapan to “Sekilas Mengenai Prosesor dan Memory”

  1. rijaltaufik said

    Mantap Bos artikelnya, ini yang aku cari2 selama ini. Upgrade ilmu dibidang hardware.

    Artikelnya boleh aku copy… kan..?

  2. ANDIKA BAYU CANDRA said

    Menurut, saya situs ini sangat dibutuhkan oleh para pemula, yang belum bisa merakit komputer. Thanks …………………….!!!!!!!!!!!!!!!

  3. supry said

    mas aku tuh mo instal printer LX-300+ di ubuntu, gag bisa2….. gimana ya mas?????
    tolong dong ajarin, klo gag kirim ke mail ku ya mas..

  4. thanks for this artikel,

    bahas juga donk tentang instalasi WAN, tq

  5. ardeee said

    gimana caranya memakai double memory??? yang baik dan benar supaya gak konflik,,,

  6. awania putri Husna said

    waduh thanks banget deh bwat artikelnya,,,
    ini yg gw cari2,,berkat artikel ini gw jadi bsa ngumpulin tugas tepat waktu u/ pertama kalinya deh,,,,hehe

  7. nataludin said

    mohon penjelasan nih, pc saya memory menggunakan DDR II 256 mb dgn merk dynet, kemudian saya tambah dengan DDR II 512 mb merk lain… hanya bisa jalan 1 hari, hari berikutnya saat saya menjalankan program corel draw X3,Adobe photoshop cs3 atau browsing firefox dengan banyak jendela tiba-tiba restart sendiri… Terus pernah saya coba untuk format & install ulang windows XP sp2 dgn memory DDR II 512 Mb, proses install windows tidak berjalan dan banyak file windows yg tidak terbaca. trims atas infonya

  8. ni Nengah said

    saya merasa tertolong dengan situs ini, banyak hal yang telah saya dapat dari sini ttng komputer sebagai seorang pemula, hanya saja tak dijelaskan tentang cara memperbaiki komputer jika terjadi kerusakan dengan segala penyebab yang dapat menimbulkan kerusakan kompter.

  9. yanu said

    Aku masih bingung sama yang namanya prosesor….
    Dapat tugas tapi soalnya cuman gini: “Jelaskan tentang Prosesor!”
    Kalau ada yang puaham betul dan sanggup ngejelasin secara mudah dimengerti, maka toloooong dooooonnngggggg………
    Artikelnya, boleh di Copy kan?….
    Plissss……..
    Maksiiiieeehhhhhhhhh……….

  10. faizar said

    mantap………… om deden artikelnya…. akhirnya aq mengerti jga ni… berkat ni………… tq ya om…

  11. iyin said

    cari ja sendiri…buku kan masih banyak………….he..he….?

  12. Esa said

    jazakallah buat artikelnya. Terima kasih banyak🙂

  13. Eri Kurniawan said

    Makasih buat artikelnya boss, mudah2an bermanfaat & bisa terus tambal artikel barunya demi kemajuan anak bangsa…SUKSESSSSS!!!

  14. ya terima kasih yaaa

  15. […] Memory […]

  16. ieta said

    ,, duch ,, q dpt t9az ,, makalah tentang FUN komp nie ,, ad yg biza bantu gAx yeach ,,,,,,,,,
    tolon9 dunx<,,,,,,,,,,
    klu ad yg mau krim k’ieta yeach,,,,,,,
    nieta.uchy@yahoo.co.id
    muakacieh………………

  17. Fahmi said

    Bagus banget artikelnya
    Basic for beginner
    Mas, boleh gax aq titip artikel di sini & bagi2 ilmu dengan mas

  18. alpin said

    OM SAYA MAU NANYA APA SIH ARTI PROSESOR DLM ARTI LUAS

  19. deky said

    sip banget artikelnya …..!!!!?????????

  20. Firman said

    trimakasih bangat….smga ilmu boss akan semakin bertambah.

  21. alee said

    bro apa seeh yang dimaksud ma procesoor

  22. vina said

    mas de2n,q mw tny gmn ce crnya posting artikel di blog=wordpress.com
    alnya q ru bka,tp lum bs posting.please jwb as soon as possible,coz this very important 4 me.tahnks

  23. vina said

    oy thanks wat artikel ni y.amazing bgt dech.

  24. saiful said

    prosesor kan proses/kayak chip ugak

  25. dadv said

    Mantap ulasannnya

  26. ashmad said

    oke lah klo begitu

  27. alif said

    Trimakasih,informasi ini sangat membantu bagi para sobat semua yang ingin meng upgred komputer

  28. citra said

    trims ya artikelnya ,, bermanfaat banget ..!!! ngebantuin aku buat ngerjain tugas !!!

  29. Aziz said

    Uwiiih hebat éy..ilmu komputer’y!mks bgt y dah mo brbagi,ana jd lbh tw ni tntg ukuran2 prosesor.ana harepin kiriman ilmu yg laen’y aj dech…

  30. lucken09 said

    thanks dengan ini saya dapat referensi mengenai posesor…

  31. androit said

    muantab bos

  32. pranata said

    makasi artikel yang kamu buat sudah membantu saya dalam menyelesaikan tugas saya.

    buat artikel yang baru lagi ya…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: