myDeden.Kom

Pemulung yang Berusaha Memanfaatkan Limbah Sebaik Mungkin

Mengenal Teknologi HARD DISK

Posted by kang deden pada 14 Agustus, 2007

Hardisk merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi. Data disimpan dalam lingkaran konsentris yang disebut track. Tiap track dibagi dalam beberapa segment yang dikenal sebagai sector. Untuk melakukan operasi baca tulis data dari dan ke piringan, harddisk menggunakan head untuk melakukannya, yang berada disetiap piringan. Head inilah yang selanjut bergerak mencari sector-sector tertentu untuk dilakukan operasi terhadapnya. Waktu yang diperlukan untuk mencari sector disebut seek time. Setelah menemukan sector yang diinginkan, maka head akan berputar untuk mencari track. Waktu yang diperlukan untuk mencari track ini dinamakan latency.

hd6.jpg

Harddisk merupakan media penyimpan yang didesain untuk dapat digunakan menyimpan data dalam kapasitas yang besar. Hal ini dilatar belakangi adanya program aplikasi yang tidak memungkinkan berada dalam 1 disket dan juga membutuhkan media penyimpan berkas yang besar misalnya database suatu instansi.  Tidak hanya itu, harddisk diharapkan juga diimbangi dari kecepatan aksesnya. Kecepatan harddisk bila dibandingkan dengan disket biasa, sangat jauh. Hal ini dikarenakan harddisk mempunyai mekanisme yang berbeda dan teknologi bahan yang tentu saja lebih baik dari pada disket biasa.  Bila tanpa harddisk, dapat dibayangkan betapa banyak yang harus disediakan untuk menyimpan data kepegawaian suatu instansi atau menyimpan program aplikasi. Hal ini tentu saja tidak efisien. Ditambah lagi waktu pembacaannya yang sangat lambat bila menggunakan media penyimpanan disket konvensional tersebut.  

Sejarah Perkembangan Harddisk

 Harddisk pada awal perkembangannya didominasi oleh perusahaan raksasa yang menjadi standard komputer yaitu IBM. Ditahun-tahun berikutnya muncul perusahaan-perusahaan lain antara lain Seagate, Quantum, Conner sampai dengan Hewlet Packard’s di tahun 1992.  Pada awalnya teknologi yang digunakan untuk baca/tulis, antara head baca/tulisnya dan piringan metal penyimpannya saling menyentuh. Tetapi pada saat ini hal ini dihindari, dikarenakan kecepatan putar harddisk saat ini yang tinggi, sentuhan pada piringan metal penyimpan justru akan merusak fisik dari piringan tersebut.  

hd1.jpg 

Gambar 1 : Evolusi Teknologi Hardisk Menurut IBM

 Dari gambar tersebut dapat dilihat dari tahun 1984 sampai dengan 2006 mendatang, perkembangan teknologi penyimpanan data berkembang cepat. Mulai dari ukuran mikro untuk penggunaan laptop sampai ukuran normal untuk penggunaan PC Desktop.  

Trend Perkembangan HardDisk

 Trend perkembangan harddisk dapat kita amati dari beberapa karakteristik berikut :  

a. Kerapatan Data/Teknologi Bahan

 Merupakan ukuran teknologi bahan yang digunakan seberapa besar bit data yang mampu disimpan dalam satu satuan persegi. Dalam hal kerapatan data dari awal sampai sekarang terjadi evolusi yang sangat kontras. Pada awal perkembangannya kerapannya sekitar 0.004 Gbits/in2 tetapi pada tahun 1999 labortorium IBM sudah ada sekitar 35.3 Gbits/in2. Tetapi menurut http://www.bizspaceinfotech.com akan diperkenalkan apa yang dinamakan TerraBit density. Harddisk pada awal perkembangannya, bahan yang digunakan sebagai media penyimpan adalah iron oxide. Tetapi sekarang banyak digunakan media thin film. Media ini merupakan media yang lebih banyak menyimpan data dari pada iron oxide pada luasan yang sama dan juga sifatnya yang lebih awet.  

b. Struktur head baca/tulis

 Head baca/tulis merupakan perantara antara media fisik dengan data elektronik. Lewat head ini data ditulis ke medium fisik atau dibaca dari medium fisik. Head akan mengubah data bit menjadi pulsa magnetik dan menuliskannya ke medium fisik. Pada proses pembacaan data prosesnya merupakan kebalikannya.

  hd2.jpg 

Gambar 2 Desain karakteristik kebanyakan head baca/tulis  

Proses baca tulis data merupakan hal yang sangat penting, oleh karena itu mekanismenya juga perlu diperhatikan. Dalam pendahuluan sebelumnya terdapat perbedaan letak fisik head dalam operasinya. Dulu head bersentuhan fisik dengan metal penyimpan. Kini antara head dan metal penyimpan sudah diberi jarak. Bila head bersentuhan dengan metal penyimpan, hal ini akan menyebabkan kerusakan permanen fisik, head yang aus, tentu saja panas akibat gesekan. Apalagi teknologi sekarang kecepatan putar harddisk sudah sangat cepat. Selain itu teknologi head harddiskpun juga mengalami evolusi.  Evolusi head baca/tulis harddisk : Ferrite head, Metal-In-Gap (MIG) head, Thin Film (TF) Head, (Anisotropic) Magnetoresistive (MR/AMR) Heads, Giant Magnetoresistive (GMR) Heads dan sekarang yang digunakan adalah Colossal Magnetoresistive (CMR) Heads. Ferrite head, merupakan teknologi head yang paling kuno, terbuat dari inti besi yang berbentuk huruf U dan dibungkus oleh lilitan elektromagnetis. Teknologi ini diimplementasikan pada pertengahan tahun 1980 pada harddisk Seagate ST-251. Kebanyakan terdapat pada harddisk yang ukurannya kurang dari 50MB. Metal-In-Gap (MIG), merupakan penyempurnaan dari head Ferrite. Biasanya digunakan pada harddisk yang ukurannya 50MB sampai dengan 100MB. Thin Film (TF) heads, berbeda jauh dengan jenis head sebelumnya. Head ini dibuat dengan proses photolothografi seperti yang digunakan pada pembuatan prosessor.  (Anisotropic) Magnetoresistive (MR/AMR) Heads, head ini digunakan untuk membaca saja. Untuk penulisannya digunakan head jenis Thin Film. Diimplementasikan pada harddisk ukuran 1GB sampai dengan 30GB. Giant Magnetoresistive (GMR) Heads, merupakan penemuan dari peneliti Eropa Peter Gruenberg and Albert Fert. Digunakan pada harddisk ukuran besar seperti 75GB dan kerapatan tinggi sekitar 10 Gbits/in2 sampai dengan 15 Gbits/in2.

Karena teknologi Giant Magnetoresistive (GMR) mulai ditarik dari pasaran, sebagai penggantinya adalah Colossal Magnetoresistive (CMR).

 Kecepatan Putar Disk

Kecepatan putar pada jaman awal sekitar 3600RPM. Dengan semakin berkembangnya teknologi, kecepatan putar ditingkatkan menjadi 4500RPM dan 5400RPM. Karena kebutuhan media penyimpan yang mempunyai kemampuan tinggi dibuatlah dengan kecepatan 7200RPM yang digunakan pada harddisk SCSI.

 Berikut tabel kecepatan harddisk yang diaplikasikan pada berbagai jenis interface yang berberda :

hd3.jpg 

3. Kapasitas

 Kapasitas harddisk pada saat ini sudah mencapai orde ratusan GB. Hal ini dikarenakan teknologi bahan yang semakin baik, kerapatan data yang semakin tinggi. Teknologi dari Western Digital saat ini telah mampu membuat harddisk 200GB dengan kecepatan 7200RPM. Sedangkan Maxtor dengan Maxtor MaxLine II-nya yaitu harddisk berukuran 300GB dengan kecepatan 5400RPM. Beriringan dengan transisi ke ukuran harddisk yang lebih kecil dan kapasitas yang semakin besar terjadi penurunan dramatik dalam harga per megabyte penyimpanan, membuat hardisk kapasitas besar tercapai harganya oleh para pemakai komputer biasa.  hd4.jpg Gambar 3 Sistem kontrol head  Pada tiap piringan penyimpan terdapat satu head. Untuk menjangkau tengah pinggir piringan digunakan sliders sebagai perantaranya.

hd5.jpg

Teknologi Harddisk masadepan

 Harddisk dimasa mendatang salah satunya dititik beratkan pada kecepatan akses dan kapasitasnya. Hal ini dapat dilakukan dengan mereduksi komponen mekanis dari fisik harddisknya. Komponen mekanis yang tidak mampu bekerja pada frekuensi tinggi digeser dengan komponen yang bersifat elektris yang mampu bekerja dalam orde MHz bahkan GHz.

Dapat dilihat saat ini sudah dirilis berbagai macam media penyimpan elektronis dalam bentuk kecil. Misalnya USB Drive dan MultiMedia Card. Bila nantinya teknologi ini diterapkan dan dapat harganya terjangkau, kemampuan komputer dari sisi kecepatan akses baca/tulis media penyimpan akan meningkat pesat. Otomatis kemampuan PC Server untuk melayani request dari client akan meningkat.

Berikut Ini Beberapa Rangkuman Referensi Singkat Mengenai Hard Disk ;

INTERFACE HARD DISK IDE (Integrated Drive Electronics) ;

standar lama yang masih ada. Murah, dan terintegrasi dengan MB merupakan alasan teknologi ini teta p ada.Jumlah IDE ada 4 buah tiap MBKoneksi dengan kabel pipih 80 pininterface yang bottleneck dan menghambat panas 

SCSI (Small Computer Standard Interface)

Kecapatan 160 mb/detik Jenis SCSI (SCASI I, Wide SCSI, Ultra wide)Menggunakan card tersendiriMB teknologi baru sudah menyertakan card SCSInya .

SCSI biasanya digunakan untuk system server, yang menuntut kinerja tinggi Sistem SCSI dikenal dengan teknologi RAID,sistem penyusunan, penulisan, keamanan dengan beberapa HD.

RAID (Redudancy Array of Independent Disk), merupakan sekumpulan diskdrive yang dianggap oleh OS sebagai drive tunggal.Recovery dan security menjadi prioritas.

 

Pemasangan Harddisk

Kabel IDE terdapat strip warna merah Power supply ditancapkan bersebelahan atau sejajar dengan warna merah pada kabel IDEJika salah komputer tidak akan bootingLakukan deteksi HD lewat BIOS 

Proses Baca Hardisk 

Saat sebuah sistem operasi mengirimkan data kepada hard drive untuk direkam, drive tersebut memproses data tersebut menggunakan sebuah formula matematikal yang kompleks yang menambahkan sebuah bit ekstra pada data tersebut.Bit tersebut tidak memakan tempat: Di kemudian hari, saat data diambil, bit ekstra tersebut memungkinkan drive untuk mendeteksi dan mengkoreksi kesalahan acak yang disebabkan oleh variasi dari medan magnet di dalam drive tersebut. Kemudian, drive tersebut menggerakkan head melalui track yang sesuai dari platter tersebut. Waktu untuk menggerakkan head tersebut dinamakan “seek time”. Saat berada di atas track yang benar, drive menunggu sampai platter berputar hingga sector yang diinginkan berada di bawah head. Jumlah waktu tersebut dinamakan “drive latency”. Semakin pendek waktu `seek` dan `latency`, semakin cepat drive tersebut menyelesaikan pekerjaannya. Saat komponen elektronik drive menentukan bahwa sebuah head berada di atas sector yang tepat untuk menulis data, drive mengirimkan pulsa elektrik pada head tersebut. Pulsa tersebut menghasilkan sebuah medan magnetik yang mengubah permukaan magnetik pada platter. Variasi yang terekam tersebut sekarang mewakili sebuah data. Membaca data memerlukan beberapa proses perekaman. Drive memposisikan bagian pembaca dari head di atas track yang sesuai, dan kemudian menunggu sector yang tepat untuk berputar di atasnya. Saat spektrum magnetik tertentu yang mewakili data Anda pada sector dan track yang tepat berada tepat di atas head pembaca, komponen elektronik drive mendeteksi perubahan kecil pada medan magnetik dan mengubahnya menjadi bit. Saat drive tersebut selesai mengecek error pada bit dan membetulkannya jika perlu, ia kemudian mengirimkan data tersebut pada sistem operasi. 

hd8.jpg 

Sectors dan Tracks 

Tracks adalah bagian dari sepanjanjang keliling lingkaran dari luar sampai ke dalam.Sedangkan sector adalah bagian dari tracks.Sectors memiliki jumlah bytes yang sudah diatur. 

Ada ribuan sector dalam HD

1 sectors normalnya menyimpan 512 byte informasi 

hd7.jpg 

Bahan Pembuat Hardisk 

Saat ini hd dibuat dengan teknologi material media magnetik disebut thin film.Lebih rapat, masa pakainya, kecil, ringan dari bahan oxide 

hd10.jpg

Mekanisme Kerja Hard Disk

Proses baca tulis dilakukan oleh lengan hd dengan media Fisik magnetikHead hardisk melakukan konversi bits ke pulse magnetik dan menyimpannya ke dalam platters, dan mengembalikan data jika proses pembacaan dilakukan Hard disk memiliki “Hard platter” yang berfungsi untuk menyimpan medan magnet.Pada dasarnya cara kerja hard disk adalah dengan menggunakan teknik perekaman medan magnet. Cara kerja teknik magnet tersebut memanfaatkan Iron oxide (FeO) atau karat dari besi, Ferric oxide (Fe2O3) atau oxida lain dari besi. 2 oxida tersebut adalah zat yang bersifat ferromagnetic , yaitu jika didekatkan ke medan magnet maka akan ditarik secara permanen oleh zat tersebut.

 

Referensi :

http://www.pcguide.com/ref/hdd/

http://www.fadli.za.net/howto/hardisk.htm

http://www.bizspaceinfotech.com/q0202/hard_drive.htm

http://www.wdc.com

http://www.digit-life.com/articles2/seagate-barr7/

About these ads

222 Tanggapan to “Mengenal Teknologi HARD DISK”

  1. nyarillah berkata

    kagag lngkap ttu mna, juMLah piringaN(cd)

    tyuz kapasitas dari iiank kciL mpe iank bsaR .

    bsuG d’Lngkapin iia .

  2. yoppie ariesthio berkata

    bagus!web ini sangat bagus dalam pengajaran murid2nyasaya sungguh bangga indonesia membuat web ini untuk perkembangn teknologi indonesia yg masih di bawah rata2

  3. ALAMSYAH berkata

    tolong donk berikan informasi untuk kami, berapakecepatan HDD sekarang ini. tolong kirimsecepatnya yach darialamsyah smk neg.1 majene

  4. djanuar berkata

    situs ini sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas TIK saya.sbg seorang siswa dbthkan referensi yang mumpuni untuk dijadikan pedoman untuk pembelajaran. mohon ijin sebelumnya untuk mengedit sebagian isi dari situs ini untuk tugas saya. wss djanuar,3sma sby

  5. sugeng berkata

    bagus menambah pengetahuan dan skill tentang komputer, mudah2an bisa lebih berkembang dan lebih luas pembahasan mengenai informasinya seputar dunia it

  6. arjuna berkata

    sangat bagus .di sini di jelaskan tentang cara kerja harddisk yang di mana masih banyak orang yang belum tahu cara kerja nya walau pun ia punya

  7. Cyrus berkata

    NIce….

  8. alamsyah berkata

    sampai sekarang ini perkembangan hdd sampai berapa kecepatannya

  9. alamsyah berkata

    KENAPA HDD SAMPAI SAAT INI SELALU ITU-ITU SAJA TIDAK ADA PERKEMBANGAN YANG MUUNCUL LAGI TANYA ALMSYAH OKE!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1

  10. norbertus deutz berkata

    tolong dilengkapi tentang hard disk laptop & hard disk external donk yaaaahc biar tambah lengkap

  11. adam berkata

    tolong dong bikin perbandingan jenis/merk harddisk yang terbaru… baik dari segi memori, kualitas, dan harga….

  12. MI berkata

    OK D

    THX YAchh

    doain aja slesai nich tugas!!

  13. KRISMANTO ATAMOU berkata

    tolong jelaskan tentang perbandingan kapasitas tiap jenis hard disc

  14. Ade Sulyansah berkata

    Bagaimana cara memperbaiki harddisk yang tidak booting, mohon petunjuk selengkapnya

  15. iqbal berkata

    wow, lengkap juga brainstorming tentang hard disk nya.
    cuma, gini nih…ada gak solusi untuk membuat sebuah storage hard disk yang di share tanpa limit koneksi dari OS windows XP home.

    misalkan HDD itu mempunya IP sendiri yang unlimited connection gitu deh..

    klo ada yang tau, maw donk tutor nya send ke : geht_nocht@yahoo.com

    thx yah kalo ada yang mau bantu-bantu

  16. achmad yulianto berkata

    terima kasih saya ucapkan karena informasi yang di cakuip di atas cukup lengkap sehingga saya tidak bingung dalam mengerjakan tugas presentasi yang di adakan di my school

    tapi ada yang kurang
    coba kalo isi yang ada dilam harddisk itu di jelaskan satu persatu pasti lebih komplit lagi

  17. edy pranajaya putra berkata

    sangat bagus buat nambah pengetahuan tentang komputer N kalau bisa tolong dong han ajarnya tentang multimedia.Ok tanks

  18. Agus Tri Susanto berkata

    Bos, ente punya harddisk nganggur ta? klo ada aku pinjam po’o

  19. RizaL berkata

    Bagus….!
    tolong dong perkembangan terbarunya….!!!
    aku tgu info nya…
    Thank’s

  20. fila berkata

    kenapa seeh?data di komputer gw dah dihilangin virus… trus udah dibalikin pake get data back… tapi yg tampil cuma filenya aja… isinya gak ada sama sekali..?

  21. minar berkata

    bagus buat referensi tugasku…thanx

  22. paijo berkata

    Artikelnya menarik, saya sangat saluut/ setujuu

    Ada tambahan,
    Yg sering pakai portabel hard disk, hati-2 mecolokkan kabel power 12 V dan 5 V.
    Walaupun soketnya sdh betul (tdk terbalik) tapi , kabel AC dulu yg dicolokkan , Hardisk anda kemungkinan akan rusak, akibat shock listrik. Prosedure yg benar soket 12 V kemudian colokan 220 V.
    Saya tdk tahu cara menyelamatkan data saya di hard disk ???
    Mungkin ada teman yg tahu ??

    Apakah hanya kontrolnya atau direlakan hilang datanya ???

    terima kasih

  23. dira ranza berkata

    aq nyari cara pembuatan ama cara kerja disket.tp koq g da y!!!

  24. HARIS berkata

    web ini sangat bagus, saya terkesan cukup lengkap tentang penjelasannya, karena selama ini saya belajar 2kali, cari referensi di wikipedia English trus diterjemahkan ke bhasa Indonesia, tolong beri penjelasan2 tentang hardware yang lain, co2k banget bagi yang baru belajar komputer.

    Thanks

  25. vc berkata

    aduh keliatannya udah kumplit nehhh (walaupun lom g baca(hehehe….)) thanks lah pokoke…. tq abis

  26. NUR FATKHUDIN AKHMAD berkata

    Tolong dong kasih tau teknologi komputer..Dan nama pabrik yg menciptakan hard disk..Thanks
    by nurdin di RIAU RENGAT

  27. kurniawan berkata

    bagus tuk artikel. tak kasih nilai 90 besok lagi bang

  28. Alif berkata

    saya punya hard disk tp boarnya hangus
    apa bisa di perbaiki
    trims.

  29. Nico Ximenes berkata

    Makasih ya ats penyelasanya.
    udah membantu kami mengerti tentang bagian -bagian hardisk
    kalo bisa penyelasan lebih lanjut mengenai perkembngan HDD sekarang.

  30. reza berkata

    Thank’s bgd ya atas solusi n penjelasannya,sehingga mmbwt saya mengerti,sekali lagi terima kasih banyak!!!!!!

  31. Om Bayu berkata

    Sama-sama

  32. Nona Aiy berkata

    Keren keren…
    mantap deh :)

  33. Amoer_seta berkata

    ya penjelasan kurang detail….soalnya kami baru pemula

  34. herman lasrin berkata

    artikelnya menarik untuk dibaca, terima kasih semoga senantiasa sharing dengan info yang menarik berikutnya. mau nanya nih, saya punya flashdisk vantech 1 GB, bbrpa waktu yg lalu tiba-tiba gak bisa dibuka/tidak terbaca, padahal banyak data penting di dalamnya. ditunggu infonya, ma kasih

  35. nurul hakim berkata

    tr

  36. nurul hakim berkata

    terima kasih atas semua tentang hardisknya … sedikit membantu saya dalam pencarian sejarah (terutama tentang hardware pc)tolong perbanyak lagi yaa. situs2nya oke salam kenal

  37. ru74r berkata

    artikelnya menarik……top dech….

  38. miss.hope berkata

    thanx banget nich atas penjelasanya, lumayan membantu bwt tugas orkomnya n uts kali ini….
    @lfred….”

  39. meong berkata

    top buaaaaaaaaaaaaaaaaaangetttttt lengkap abizzz”
    !!!

  40. charimoe berkata

    terima kasih atas semuanya.ini sangat membantu saya….

  41. charimoe berkata

    terima kasih atas semuanya.ini sangat membantu saya….pokoknya top lah….
    seperti kata meong itu….

  42. u-by berkata

    NUHUN pisan kang,,, makasih banget,,, sangat membantu banget buat saya,, gila lh,, TOP abizzz

  43. hmm... berkata

    makasih bUanget ya???
    untung q dpat web ney!
    xlo ndak, waduh..
    saya g tau mo gmana??
    udah waktunya mepet..
    sekali lge Thank You!! =)

  44. rosyidi berkata

    menurut saya keterangan anda kurang lengkap, tolong dilengkapi.terimaksaih

  45. artikelnya menarik untuk dibaca, terima kasih semoga senantiasa sharing dengan info yang menarik berikutnya.

  46. RuFI berkata

    TerimA KasiH AtaS WeB nya……..

    InI SangaT MembantU SayA dalam MengerjakaN TugaS dari Dosen SayA……..

    THANK`S…….

  47. dani berkata

    tolong muat perkembangan harddisk dari awal hingga tahun 2008
    thanks

  48. Wandi berkata

    apa itu ata dan sata pada hardisk????

  49. enita berkata

    tolong dong aq mau nanya tentang spesifikasi HDD mulai dari awal sampai 2008 tentang thecnologi,type dan motherboard memory bus type dan width(data bytse

  50. yoshua berkata

    ini aku maw tanya…Hardisk ku error..selagi instal setelah ada bacaan ” Press any key boot from CD” dia langsung blank…setahuku se MBR hardisku Error(bener ga??)..kira2 tools nya apa ya bisa memperbaiki hardisku?

  51. Pras berkata

    maksih ya

  52. Harri berkata

    informsinya ditambah ya

  53. Uus Mulyana berkata

    tolong dong infomasikan tentang sistem kerja dari flash disk, cdrom,
    terima kaish

  54. moed_locker berkata

    makalah kurang lengkap, tolong di tambahin…

  55. wesly berkata

    Hii abang admin… makacih ya, atas ilmunya

  56. try berkata

    eh klo fungsi tiap bagian2 hardisk itu apa yach….? plese…

  57. fajar berkata

    Wah, terima kasih banyak atas infonya. Saya pendatang baru lho, masih perlu banyak belajar. Bener2 mulai dari nol(0).

  58. [...] Posted by agusvinus08 on November 20, 2008 Mengenal Teknologi HARD DISK [...]

  59. arif berkata

    bisa direfill gak?kasih tau dunk..

    via email juja blehh

  60. curutz berkata

    manteb kang…makasih yach atas infonya

  61. curutz berkata

    manteb kang…makasih yach atas infonya, bermanfaat banget!!!

  62. arjack berkata

    Thanks berat yah ^^

  63. Pembelajar.net berkata

    Halo,

    Pembelajar.net mengundang Anda untuk bergabung.

    Pembelajar.net situs social bookmarking dengan tujuan mulia dimana para anggota bisa membagikan artikel artikel yang menarik dan layak ditampilkan sebagai artikel terpilih dengan para anggota lainnya

    Kenapa Anda memilih Pembelajar.net ?

    - Pembelajar.net akan menjadi sumber informasi artikel pembelajaran dari seluruh website/blog Indonesia karena kami akan selalu memverifikasi terlebih dahulu, apakah link artikel yang dimasukkan adalah artikel yang bermanfaat.

    - Artikel pilihan di Pembelajar.net merupakan pilihan pembaca yang menjadikan Pembelajar.net sebagai website pembelajar online pertama dimana artikel- artikel tersebut dijamin kebenaran dan keasliannya karena verifikasi dari para anggota yang ngevoting artikel tersebut.

    - Pembelajar.net tidak mencuri artikel Anda tapi justru membantu mempromosikan blog/website Anda

    Tunggu apa lagi ?

    Lihat berita http://www.pembelajar.net/ atau langsung join http://www.pembelajar.net/register

    Salam,
    Pembelajar.net

  64. Anhar Tasman berkata

    Lengkap nih artikelnya!

  65. jumadi berkata

    informasinya bagus dan jelas untuk dipraktekan,saya jadi ingin mereview artikel ini di blog saya.semoga tetap exist

  66. Ruli berkata

    Menanggapi banyaknya nada-nada sumbang tentang keberadaan Everesta Media dengan biaya recovery data yang sangat mahal yaitu 5 juta, yaitu katanya terjadi karena kerusakan fisk yang fatal pada harddisk. Ada pengalaman yang justru tidak masuk akal. Saya Ruli, tinggal di Serpong (BSD), 38 tahun. Karyawan salah satu Bank Swasta di Jakarta Barat. MOHON MAAF kalau tulisan ini bukan bermaksud menjelek-jelekan orang atau organisasi tertentu. Tapi untuk penyeimbang berita saja.

    Ada suatu cerita. Boleh percaya boleh tidak. Tepatnya di awal Februari 2008 lalu, saya pernah menemukan masalah. Sore hari, laptop Toshiba saya tiba-tiba hang. Seperti biasanya saya segera matikan listriknya, lantas saya restart ulang. Biasanya mau lagi berjalan normal. Tetapi sekarang ini sepertinya lain, hanya tampilan ‘blue screen’ dengan tulisan bahasa aneh, agak sedikit bunyi aneh klak-kletek, dan saya pun tidak tahu artinya. Lantas saya copot hardisknya untuk di-copy ke PC, dengan memakai external case SATA ke beberapa computer PC, ternyata sama saja & ada bunyi kletak-kletek dan tulisan : “Primary Master Failure press F1 to continue”.
    Akhirnya, saya membawa ke beberapa tempat recovery data di daerah Harco Elektronik dan Mangga 2 Mall. Seperti biasa, saya menunggu beberapa hari. Tetapi saya tidak menegerti, ternyata mereka gagal menyelamatkan data saya dengan alasan bahwa kerusakannya adalah pada piringan/disk hardisk saya sudah parah (tergores). Saya pun mengambil harddisk SATA Seagate Momentus saya, dan mencoba merecover lagi ke beberapa tempat lain. Ternyata sama. Mereka gagal. Sama saja, terakhir saya coba lagi membawa ke jasa recovery data di bilangan Mall Ambasador, Jl.Setiabudi Sudirman, daerah Jakarta Barat juga, dan banyak tempat lain. Ternyata hasilnya sama saja. Padahal mereka juga mengaku-ngaku adalah master, ahlinya atau yang terbaik.

    Entahlah saya hampir putus asa. Saya sudah bingung harus kemana lagi saya antar harddisk saya agar dapat diselamatkan data – data penting di dalamnya. Saya juga hampir putus asa. Akhirnya saya coba terus mencari di Internet, di salah satu situs iklan gratis tampa daftar, saya menemukan Everesta Media, salah satu jasa penyelamat data, situsnya http://www.everezta.com. Awalnya saya sempat ragu – ragu dengan sosok Everesta Media. Karena sebelumnya, saya sempat membaca beberapa tulisan-tulisan bernada sumbang tentang Everesta dari berbagai pihak! Mengatakan, bahwa tempat Everesta Media tidak meyakinkan sekali! Tetapi, saya coba untuk tidak mudah percaya langsung dengan tulisan mereka. Karena belum ada buktinya bagi saya! Ya. Coba-coba dululah siapa tahu lain apa yang banyak pihak propagandakan. Mungkin juga, sosok Everesta tidaklah seperti tulisan yang pernah saya baca. Di tengah keputus-asaan, karena Everesta juga saya pikir akan sama dengan yang lain sebelumnya. Awalnya iseng-iseng saja kalau saja mereka bisa. Saya coba -coba menelpon ke pihak Everesta Media. Ternyata, mereka meminta saya mengantarkan harddisk saya ke tempat mereka di daerah Lenteng Agung arah Depok. Akan tetapi kalau diambil oleh mereka, dikenakan biaya, yaitu untuk biaya pengecekan dan transportasi, yaitu sebesar tujuh puluh lima ribu rupiah dibayar di muka. Awalnya saya ragu-ragu dan ciriga. Akhirnya, dari pada repot – repot pikir saya, karena juga saya juga agak sibuk waktu itu. Saya meminta mereka segera datang mengambil harddisk tersebut untuk direcover ke kantor saya. Saya pun harus bersabar lagi menunggu jawaban dari pihak mereka.

    Keesokan harinya, saya ditelpon pihak mereka / Everesta Media, walau sempat tidak percaya. Mereka mengabarkan kepada saya, bahwa harddisk SATA saya dapat diselamatkan mereka, karena belum sempat dibongkar dalamnya. Katanya keberhasilan recovery data minimal 80% bukan 100%, juga waktunya agak lama minimal satu minggu, alasannya bahwa kerusakan harddisk saya tergolong sangat parah secara fisik (katanya ada sudah bunyi, head bacanya rusak, tidak terdetek BIOS lagi dan sudah banyak “bad sector area”). Mereka mengajukan biaya recovery data sebesar 5 juta rupiah. Jumlah yang sangat mengejutkan saya. Alangkah kagetnya saya! Saya tidak percaya!!! Mahal sekali! Mahal sekali mas!!!! Padahal tidak seperti di tempat – tempat lain yang pernah saya tanya, jauh lebih murah! Karena mahalnya saya bingung sekali, takut sekali telah ditipu oleh Everesta Media! sempat saya berpikir akan membatalkan saja. Karena terus penasaran di hati saya, saya coba lagi tawar harganya agar dapat lebih murah. “Jangan mahal-mahal pak…..!” Entahlah, mereka tetap keras kepala! Tetap saja, tidak mau agar biayanya lebih murah, alias tidak dapat ditawar lagi biayanya. Karena terpaksa juga & pasrah, mau tidak maulah! harus kemana lagi saya coba merecover data saya dengan harga jauh lebih murah, Sementara mereka belum tentu menjamin sanggup! Sebagaian besar mereka telah menyerah tak sanggup/ gagal. Akhirnya dengan terpaksa, saya menyetujui juga dengan biaya 5 juta rupiah secara tunai dibayar. Asalkan data-data saya benar – benar telah berhasil diselamatkan! Itu janji saya pada pihak Everesta Media.

    Bingung dan sangat mencurigakan juga cara kerja Everesta Media seperti apa. Terpaksa harus menunggu lebih seminggu tampa ada kejelasan atau kabar. Tak sabar, akhirnya setelah 8 hari, mereka (pihak Everesta Media) tiba-tiba menelpon lagi kepada saya, dan memberitahukan bahwa sudah selesai semua data saya diselamatkan, diminta saya segera membuka e-mail saya, karena laporan datanya sudah dikirim. Segera saya cek e-mail saya, ternyata benar data saya sudah ada semua. Diminta juga, saya segera menyiapkan biaya recovery data tunai 5 juta rupiah. Astaga mahal sekali!!! Sebelum saya mengetujui saya harus cek lagi lebih detail apakah benar – benar data saya sudah ada. Saya mencoba mengingat satu – persatu data – data penting saya, yang sebagian besar saya sudah tak ingat lagi satu persatu. Ternyata benar! Aneh, sangat tidak dapat dipercaya!!! mereka telah berhasil menyelamatkan data-data saya! Atau mungkin Everesta sedang kebetulan ‘hoky’ jadi dapat menyelamatkan data-data saya. Aneh! Mungkin saja….! Percaya tidak percaya! Tidak seperti banyak nada sumbang tentang Everesta lantaran tempatnya tidak meyakinkan yang masuk gang itu (mobil tidak bisa masuk)! Tak terkecuali photo-photo anak saya waktu lahir dulu.Sangat mahal bagi saya, biaya recovery datanya! tidak seperti di tempat-tempat lain yang pernah saya tanya. Walaupun, pertama-tama saya curiga takut ditipu oleh pihak Everesta karena sosok tempatnya tidak meyakinkan. Sebenarnya jujur dalam hati kecil saya, terpaksa harus puas juga dengan harga 5 juta rupiah. Saat ini, sangat tidak penting seperti apa tempat Everesta Media, siapa – siapa saja yang anggotanya, bagaimana cara kerja mereka, dan berapakah personil dari Everesta Media itu?! Justru yang terpenting bagi saya Everesta Media adalah lebih dan memiliki nilai tambah dari dari yang lain! Karena sudah terbukti telah berhasil menyelamatkan data-data penting saya, bahkan yang sudah lama dihapus sekalipun. Sementara di tempat lain sudah gagal / menyerah.Terserah anda mau dibilang kebetulan Everesta sedang beruntung /hoky.

    Ruli, Serpong (8-1). Percaya atau tidak cerita. Terserah anda, jangan tuntut saya telah menipu anda di hari akhir kelak! Mau dianggap fiktip belaka silahkan. Karena kebenaran cerita ini tidak akan pernah dibuktikan! Jangan tanya saya fiktip atau tidak! Hanya saja.Terima kasih kalau anda telah mau membacanya.

    • yayat berkata

      Saya percaya, mas. Ada begitu banyak orang lebih mementingkan skill dan kemampuan daripada penampilan. salah satunya ya eversta.com……

  67. Agus Setiawan berkata

    Saya sebagai anak murid yang belum tau apa apa saya ingi belajar banyak tentang komputer makanya itu kalau misalnya ada sesuatu yang sekiranya penting tolongt di upload ya, makasih

  68. @lv14n berkata

    tlong beri tahu hard disknya super komputer agar perusahaan mudahmencari hard disknya

  69. alem berkata

    thanls ya tas info na
    dan kayak mana script visitorna

  70. hmbc berkata

    asiik juga….tp klo bs kalimatnya yg biasa ha…jgn terlalu baku… jd kaku bacanya…

  71. [...] Mengenal Teknologi HARD DISK Mengenal Teknologi HARD DISK [...]

  72. Ilham Prasetyo berkata

    bagus nih materinya ……..!!!!!!!!!

  73. [...] Obama: Perubahan Telah Datang ke Amerika! Mengenal Teknologi HARD DISK [...]

  74. irwandi berkata

    berapa kapasitas hdd yang cukup untuk server

  75. [...] sumber :kLik [...]

  76. [...] sumber: Klik [...]

  77. [...] 2 06 2009 Mengenal Teknologi HARD DISK [...]

  78. [...] Mengenal Teknologi HARD DISK [...]

  79. aden berkata

    waduh…,klo bisa nanti di lebih lengkapin lagi ya…
    soalnya kasian yang di kasih tugas sama gurunya tuk browsing tentang hard disk…
    thank’s

  80. [...] Mengenal Teknologi HARD DISK [...]

  81. [...] Mengenal Teknologi HARD DISK [...]

  82. octavia berkata

    [...] HARD DISK [...]

  83. [...] HARD DISK [...]

  84. bonz berkata

    thank’s

  85. [...] Mengenal Teknologi HARD DISK [...]

  86. Mas Tirta berkata

    Saya doa’akan Kang Deden ditambah rejekinya Oleh Allah dari jalan yang tidak disangka-sangka dan masuk sorga. Amiin.

  87. it indofood berkata

    Harddisk adalah suatu media penyimpanan data. Bayangkan jika tiba-tiba harddisk anda rusak, mungkin karena terjatuh, koslet atau faktor lainnya. Apa yang harus anda lakukan? APakah anda harus coba-coba selamatkan data anda sendiri atau…? Saran kami adalah segera anda amankan harddisk anda. Carilah info tempat recovery / penyelamatan data yang benar2 terbaik dan tercaya. Bagi kami, IT perusahaan Indofood group (menara Indofood – Sudirman Jakarta), telah menyerahkan semua pada EVERESTA MEDIA. Yang situsnya http://www.penyelamatandata.com Memang banyak vendor penyelamatan data di Mangga Dua atau tempat lain. Pengalaman kami mereka cuma dapat bongkar dan memperparah kerusakan hard disk. Sampai detik ini, tidak ada kami dapati yang seperti Everesta Media yang rata – rata sudah berhasil menyelamatkan data penting perusaan kami. Selama menjadi mitra kerja kami dalam penanganan penyelamatan data (data recovery), pihak Everesta Media sangat memuaskan. (IT Indofood Group. Indofood Tower – Jl.Jend. Sudirman Jakarta ).

    • asuma berkata

      aneh nih…
      bukannya bermaksud apapun ke pihak mana pun, hanya merasa aneh saja.
      perusahaan korporasi sekelas Indofood yang notabene udah pake server dengan O/S AS/400 v6.1 sebagai core dan backup data ke tape, kok pake penyelamat data ya???
      seharusnya backup data dilakukan ke “disk to disk” atau “disk to tape” ya atau backup ke CD/DVD untuk PC.
      saran aj buat temen2:
      sebaiknya backup data dilakukan secara teratur misal 1 bulan sekali, 3 bulan sekali, terserah anda. semakin penting/berubah data anda, sebaiknya semakin sering backup.
      media backup bisa apa aj misal CD, DVD, Tape(bukan tape buat dengerin musik lho dan Tape mahal tapi OK punya), harddisk external/flashdisk (gak disaranin karena bisa ke virus).

      itu saja saran saya.

      semoga bermanfaat.

      thanks.

  88. irham berkata

    y saya pikir web ini mengajarkan kita untuk mengenal bagian-bagian komputer.
    tapi sayang web ini kurang d pergunakan oleh indonesia dan kurang lengkap pula.

  89. [...] Teknologi Hardisk By oxitommy Mengenal Teknologi HARDISK [...]

  90. putri berkata

    saYA SAgt Sng Bsa b’GAbuNg Dlam SituS Ni
    KrnA Tu sgT m’BntU sAya Dlam mmPElajri lbih JauH B’gmNA PErKmBgan2 duNIa KoMputeR n SjRAh NA pulA

    gOod Luck :)

  91. Bijaksana berkata

    Kalo bisa hard disk itu di buat sebesar-besarnya seperti punya kuda . . .

  92. RIZWAR berkata

    thanks yaa,,,atas semuenye,,,
    pi masih kurang lengkap tuh,,,
    lengkapin yaa ? soalnya masih banyak yg ku butuhin ttg harddisk…

  93. [...] harddisk Mengenal Teknologi HARD DISK [...]

  94. andini berkata

    thanks ya situs ini ngebantu banget, kalau bisa tambahin informasi tentang segala macam yg berbau teknologi. semoga situs ini semakin disukai org amiiin………….!!!!!!!

  95. NOOR berkata

    mungkin juga dapat di jelaskan apabila hardisk sedang tidak dapat terdetek misalnya.jadi apqabila ada penjelasan tentang itu kita kan tidak perlu takut soal kemungkinan dardisk tak terdetek ..trimakasih

  96. hadi berkata

    bagaimana caranya melihat isi harddisk menggunakan kabel data ide

  97. [...] Oleh ITATSUKI Leave a Komentar Kategori: Uncategorized Mengenal Teknologi HARD DISK [...]

  98. abdullah berkata

    keren bgt….

  99. abdullah berkata

    ya keren bgt,,,,,

    dpt membantu w bikin makalah…..

  100. Pepen berkata

    bagaimana cara memperbaiki hardisk yang terkena air.,.,.,.,.?????

  101. andi mahendra berkata

    aku mahasiswa tingkat 2 di salah satu universitas di Indonesia…
    aku cuma pengen tanya bgmana membuat read-write head tidak terlalu banyak seeking??
    apakah ada cara yang lebih efisien untuk menambah performance com tanpa harus mengupgrade hardwere??
    saya pikir bisa dengan cara menggunakan kurangnya seeking pada head….
    makasih sebelumnya….^^

  102. ariz berkata

    mbak atau mas, saya ijin copas sedikit ya buat tugas kuliah saya.

    terima kasih kalau mbak/mas berkenan..

    sumber akan saya tulis di blog saya..

    thks

  103. chafid berkata

    hmmmmm makasih inponya

    hehehe

  104. chafid berkata

    hmmmmm

  105. banktoy berkata

    tanks mas… info yang menarik ^_^

  106. dancok plecet berkata

    mas q jalok komputer

  107. ticer berkata

    trims infonya
    numpang sedot …

  108. agung_Bali berkata

    lebih keren lagiiiiiii

  109. [...] Mengenal Teknologi HARD DISK [...]

  110. eghaattacker berkata

    terimakasih infonya,,, sangat berguna untuk tugas saya..

  111. itcom berkata

    nice info, salam kenal

  112. vcdanakmuslim berkata

    Kayaknya ilmu gue belum sampe deh. untuk memehami kinerja Hardisk. spertinya sangat2x rumit. gue taunya sih pake hardisk and kalo rusak gue utak-utik. kalo ga bisa juga gue lem BIRU… tapi saat-saat mau rusak guw backup dulu semuanya termasuk data2x web project gue. kan susah minta lagi ke penyedia hostingnya….

  113. astri berkata

    SUSAH JG bLajr TIK nIe. mEndiNGF MTK dACh..

  114. ukie berkata

    bgus Web nya!!

    Tq yach… yg bwt Web ene,,smua yg aq btuhkn ad dsni dari Teknologi + Sjarah + Prkmbangan + Kinerja bagian2 HDD dan Prbndngan Kcpatan!!

    Thanks..

  115. adli berkata

    bisa dilengkapi lagi datanya, secepatnya

  116. adli berkata

    bisa lebih lengkap lagi nggak

  117. [...] lain seperti file musik, video, ataupun data-data yang lain. untuk lebih detailnya silahkan buka disini. Apabila terjadi kerusakan pada harddisk maka BIOS (Basic Input Output System) tidak akan [...]

  118. [...] Hardisk merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi. Data disimpan dalam lingkaran konsentris yang disebut track. Tiap track dibagi dalam beberapa segment yang dikenal sebagai sector. Untuk melakukan operasi baca tulis data dari dan ke piringan, harddisk menggunakan head untuk melakukannya, yang berada disetiap piringan. Head inilah yang selanjut bergerak mencari sector-sector tertentu untuk dilakukan operasi terhadapnya. Waktu yang diperlukan untuk mencari sector disebut seek time. Setelah menemukan sector yang diinginkan, maka head akan berputar untuk mencari track. Waktu yang diperlukan untuk mencari track ini dinamakan latency.Sumber [...]

  119. indah berkata

    Bagi teman – teman yang pernah mengalami harddisk, flasdisk, MMC rusak
    - no detect- partisi hilang- terformat- fdisk- virus- corrupt
    - delete- hidden..dll…..bisa dikonsultasikan atau di recovery data
    bisa datang ke ertech komputer.
    Alamat nya: jl.karang rejo x/36 surabaya (daerah ketintang)
    Hub : 031 72357968/081330029001
    Saya dulu pernah menyelamatkan harddisk no detek
    Disini memang spesialis recovery data. masalah harga bisa di nego,
    Trims ertech berkat ertechcom dataku kembali normal.
    Semoga sukses…..teman2…!!

  120. wijaya berkata

    computer aku gak bisa loging.ada tulisan disc error
    apakah itu hhd.dan gimana cara memperbaikinya

    tolongya kasih tau caranya

  121. echoboys berkata

    bos..kalo ngatasin masalah harddisk yang bad sector gak mau booting gimana caranya yaph????

  122. [...] { September 30, 2010 @ 4:15 am } · { Uncategorized } Mengenal Teknologi HARD DISK [...]

  123. Pandu sanjaya .. berkata

    kpan sch gw pnya laptop ????

  124. RAM berkata

    Thanks, I have finish my task with this….

  125. replika nokia berkata

    Nice info hardisknya, salam kenal

  126. Viona_37th berkata

    Nice info brooo…keep in posting muacchhh

  127. maya berkata

    Bagi teman – teman yang pernah mengalami harddisk, flasdisk, MMC rusak
    - no detect- partisi hilang- terformat- fdisk- virus- corrupt
    - delete- hidden..dll…..bisa dikonsultasikan atau di recovery data
    bisa datang ke ertech komputer.
    Alamat nya: jl.karang rejo x/36 surabaya (daerah ketintang)
    Hub : 031 72357968 / 081330029001
    Saya dulu pernah menyelamatkan harddisk no detek
    Disini memang spesialis recovery data. masalah harga bisa di nego,
    Trims ertech berkat ertechcom dataku kembali normal.
    Semoga sukses…..teman2…!!

  128. Karen_duit berkata

    kasi tau juga dunk caranya beli harddisk biar ga keblusuk hehe

  129. heru berkata

    weh boleh ikut belajar gak tentang hardisk

  130. om yuli berkata

    kirimin harga hardisk skrg yg 200GB ke atas

  131. yoga berkata

    situs ini sangat-sangat membantu saya

  132. prikirtiew berkata

    kok separo jawabannya

  133. muhammad berkata

    mantaaaappp

  134. R0990 berkata

    situs ini kurang memuaskan

  135. Yusuf Aruan berkata

    menurut saya informasi dari situs ini cukup memuaskan…
    bagi orang yang berkata situs ini tidak memuaskan ialah orang2 yang kurang mengerti ttg teknologi

  136. dila berkata

    jellllaaaasssss….

  137. Rizaldy Mustika berkata

    ada yang tau nggak,.klo bios mengalami gangguan untuk mengembalikannya gimana ya…

  138. [...] Mengenal Teknologi HARD DISK [...]

  139. Erwin Simar berkata

    terbantu bgt ne, akhirnya gue bisa merakit pc,
    belajar IT gak terlepas dr perkembangan dunia…..

  140. [...] Hardisk merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi. Data disimpan dalam lingkaran konsentris yang disebut track. Tiap track dibagi dalam beberapa segment yang dikenal sebagai sector. Untuk melakukan operasi baca tulis data dari dan ke piringan, harddisk menggunakan head untuk melakukannya, yang berada disetiap piringan. Head inilah yang selanjut bergerak m … Read More [...]

  141. WASIS berkata

    SAINSNYA KOX GX ADA

  142. Abdullah berkata

    ALhamdulillah bisa di mengerti namun gambarnya kiurang banyak……..biar lebih jelasss..!! Smk DT!!!

  143. deden zm berkata

    _nudah di mengerti ea artikel nya thanks……

  144. peyank berkata

    makasih mas udah share ilmu nya

  145. sigit berkata

    tq for your knowledge, it’s very usefull for me.

  146. arra berkata

    thanks fren,, coba gw baca dr dlu nilai ujian SMA gw pasti tinggi2,,,

  147. arra berkata

    nice info,, walau masih bnyak yg binggung tp thanks ytach,,

  148. halo smua yg ada di forum juga kepada personil2 Everesta ..
    Saya ingin sekolah atau kursus atau apalah nama nya ,, yg penting saya ingin memperdalam ilmu tentang hardisk ..
    kalau boleh tau , apakah Everesta menyediakan sekolah atau kursus mengenai Haridsk ??

    Trimakasi,

    Best regards

  149. [...] https://dedenthea.wordpress.com/2007/08/14/mengenal-teknologi-hard-disk/ [...]

  150. Dasmun berkata

    mo tanya seputar HD,.,.
    saya pake Komptr P.4 dgn dua HD,.(HD1:System, HD2: Data)
    kemarin HD2 saya ngga’ bsa d buka,.,.
    dah d Format ngga’ bsa,alias ngga’ sukses Formatnya,.,.

    kira2 gmna caranya biar bsa b’fungsi Normal kembali y,.,.
    klo bsa data2nya d kembalikan,.

    klo da yang bsa,.,.ajarin saya dong,.,.,. k E-mail: conan_detektif64@yahoo.co.id

  151. Arif berkata

    Terima kasih infonya

  152. kasfia jihan berkata

    kalau bagi saya,itu merupakan situs plng lengkap……

  153. guntur desyana berkata

    ………

  154. Ryan berkata

    Saya mau tanya,,,
    Kl di AMI bios ada peringatan S.M.A.R.T kan itu status hardiskx BAD Trus gmana cranya agar hardiskx bisa bener ??? kl ada saran bonkgar hardisk saya akan coba,,, THANKS B4

  155. urang kampung berkata

    informasi yang menarik. web ini sangat berguna untuk ane yang masih awam.

  156. refa berkata

    apa keterangan di atas itu lengkap semua ta?????????????????????????????????

  157. wawa berkata

    Thanks atas pelajarannya n sekarang gw akan lebih menghargai si mekanik penyimpan data (HDD) krna pekerjaannya yang sangat berat n gg boleh ada kesalahan sama sekali n gg pernah di gaji sama kta hehehehe… thanks….

  158. kutapost berkata

    mantab bro…truskan ilmunya….lumayan ne kuliah gratis…hehehehe

  159. rambo berkata

    crew’zex

  160. Asep M.K berkata

    bagus bgt..
    sangat membantu pengerjaaan tugas sya..
    makasih yah :)

  161. ong'o berkata

    Thank’s ini sangat membantu menambah pengetahuan saya..

  162. deniarto berkata

    bagus tuch tulisannya itung-itung nambah pengetahuan ttg harddisk……..

  163. [...] Nb: ada Blog bagus nih Gan ngebahas tentang HDD, langsung cek TKP gan, klik di sini [...]

  164. [...] Mengenal Teknologi HARD DISK [...]

  165. funkynetter.com berkata

    pak;;kalau HDD saya bunyinya cetok cetek;;; itu sudah gak bisa di benerin lagi yak pak?

  166. yuli berkata

    oke keren postingannya…

  167. funkynetter.com berkata

    bisa gak yak piringan hardisknya di ganti; karena jatuh jadi no detect.

  168. saya sangat senang bisa mengenal hardisk lebih dalam lagi,,

  169. [...] Mengenal Teknologi HARD DISK [...]

  170. Marthen berkata

    nar dan sagat nar, krna, gtu sa bsa mnti dan memhdi apa tu hardisk…

  171. kerenn..mas brow,,

  172. Fadillah berkata

    Lumayan lengkap bos, siiip

  173. pytbyt berkata

    keren.. cukup lengkap dan sangat bermanfaat sekali.. klo boleh, saya minta ijin ping n copas ya :)

  174. [...] Untuk referensi dan sumber lengkapnya ada di sini. [...]

  175. MEGA berkata

    NI SAYA PAK MEGA AYU SEPTIANI NAK KLZ 10 DKV 2

  176. david ansyar sanchez berkata

    kak deden tlong jlaskan ya tntang harddisk

  177. mnm berkata

    bagaimna kalo partyusi ya kak/////////////////////////////////

  178. seli_usel berkata

    wahhhh bagus banget mas ,
    mana lengkap banget lagi

    semua dalam harkdisk dijelasin dengan jelas.

  179. Rudi berkata

    Bermanfaat sekali

  180. Reungit Leungit berkata

    BAGUSS..

  181. [...] Sumber : https://dedenthea.wordpress.com/2007/08/14/mengenal-teknologi-hard-disk/ [...]

  182. tomy berkata

    Thanks banget yg tlah buat artikel ini…I understand now…

  183. [...] lain seperti file musik, video, ataupun data-data yang lain. untuk lebih detailnya silahkan buka disini. Apabila terjadi kerusakan pada harddisk maka BIOS (Basic Input Output System) tidak akan [...]

  184. rudy berkata

    trimz :) Master Info hdd amat berguna

  185. yayan berkata

    sangat bagus untuk ilmu pengatahuan saya tx ……… sobat

  186. findi berkata

    Wooww…. ini lngkap skli …. :)
    AQ suka….

  187. ayu berkata

    bahasanya tingkat tinggi… mungkin karena saya orang awam… tapi saya ingin tahu….

  188. azhri berkata

    bagus nieh buat pendidikan…..gue suka situs ini….

  189. lukman berkata

    gan da yang tau cara pembongkaran hardisk sama cd rom ???????

  190. [...] Mengenal Teknologi HARD DISK  [...]

  191. achmad berkata

    Lengkap bro,, thx.. :)

  192. ade lidraa berkata

    mantep mz broooo

  193. ika berkata

    bagus banget. berguna buat saya. thanks

  194. [...] https://dedenthea.wordpress.com/2007/…ogi-hard-disk/ [...]

  195. dhikaandesker berkata

    ttnkks infonya,kunjungi juga almat kmi di motogp.unsri.ac,id

  196. Good day! I just wish to give a huge thumbs up for the
    nice information you’ve right here on this post.
    I will probably be coming back to your blog for extra soon.

  197. sherly berkata

    gwe pngen lbih tau apa itu hard disk

  198. oiks berkata

    tulisan yang bagus tapi kok saya agak kurang mudeng, apa mungkin karena bahasanya terlalu teknis sehingga orang awam seperti saya ini kurang bisa menangkap pesannya :D btw keren kok. thx 4 sharing :)

  199. exploits berkata

    Amazing blog! Do you have any recommendations for aspiring
    writers? I’m hoping to start my own site soon but I’m a little
    lost on everything. Would you advise starting with a free platform like WordPress or go for
    a paid option? There are so many choices out there that I’m totally overwhelmed ..
    Any ideas? Cheers!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 119 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: