myDeden.Kom

Pemulung yang Berusaha Memanfaatkan Limbah Sebaik Mungkin

Mengenal Hardware dan Topologi Jaringan

Posted by kang deden pada 11 Desember, 2006

1. Pendahuluan
Sejak memasyarakatnya Internet dan dipasarkannya sistem operasi Windows95 oleh Microsoft, menghubungkan beberapa komputer baik komputer pribadi (PC) maupun server dengan sebuah jaringan dari jenis LAN (Local Area Network) sampai WAN (Wide Area Network) menjadi sebuah hal yang biasa. Demikian pula dengan konsep “downsizing” maupun “lightsizing” yang bertujuan menekan anggaran belanja khususnya peralatan komputer, maka sebuah jaringan merupakan satu hal yang sangat diperlukan. Dalam makalah ini akan dibahas sebagian komponen yang diperlukan untuk membuat sebuah jaringan komputer.

2. Sejarah Jaringan
Konsep jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Harvard University yang dipimpin profesor H. Aiken. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan dengan kaidah antrian.
Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal. (Lihat Gambar 1.) Untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), maka untuk pertama kali bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer. Dalam proses TSS mulai nampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.

gbr1.gif

Memasuki tahun 1970-an, setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing). Seperti pada Gambar 2., dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer. Dala proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain proses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat.

gbr2.gif

3. Model referensi OSI dan Standarisasi
Untuk menyelenggarakan komunikasi berbagai macam vendor komputer diperlukan sebuah aturan baku yang standar dan disetejui berbagai fihak. Seperti halnya dua orang yang berlainan bangsa, maka untuk berkomunikasi memerlukan penerjemah/interpreter atau satu bahasa yang dimengerti kedua belah fihak. Dalam dunia komputer dan telekomunikasi interpreter identik dengan protokol. Untuk itu maka badan dunia yang menangani masalah standarisasi ISO (International Standardization Organization) membuat aturan baku yang dikenal dengan nama model referensi OSI (Open System Interconnection). Dengan demikian diharapkan semua vendor perangkat telekomunikasi haruslah berpedoman dengan model referensi ini dalam mengembangkan protokolnya.

Model referensi OSI terdiri dari 7 lapisan, mulai dari lapisan fisik sampai dengan aplikasi. Model referensi ini tidak hanya berguna untuk produk-produk LAN saja, tetapi dalam membangung jaringan Internet sekalipun sangat diperlukan.

Standarisasi masalah jaringan tidak hanya dilakukan oleh ISO saja, tetapi juga diselenggarakan oleh badan dunia lainnya seperti ITU (International Telecommunication Union), ANSI (American National Standard Institute), NCITS (National Committee for Information Technology Standardization), bahkan juga oleh lembaga asosiasi profesi IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) dan ATM-Forum di Amerika. Pada prakteknya bahkan vendor-vendor produk LAN bahkan memakai standar yang dihasilkan IEEE. Kita bisa lihat misalnya badan pekerja yang dibentuk oleh IEEE yang banyak membuat standarisasi peralatan telekomunikasi seperti yang tertera berikut ini.

Working Group Bentuk Kegiatan

Working Group Bentuk Kegiatan
IEEE802.1 Standarisasi interface lapisan atas HILI (High Level Interface) dan Data Link termasuk MAC (Medium Access Control) dan LLC (Logical Link Control).
IEEE802.2 Standarisasi lapisan LLC.
IEEE802.3 Standarisasi lapisan MAC untuk CSMA/CD (10Base5, 10Base2, 10BaseT, dll.)
IEEE802.4 Standarisasi lapisan MAC untuk Token Bus.
IEEE802.5 Standarisasi lapisan MAC untuk Token Ring.
IEEE802.6 Standarisasi lapisan MAC untuk MAN-DQDB (Metropolitan Area Network-Distributed Queue Dual Bus.)
IEEE802.7 Grup pendukung BTAG (Broadband Technical Advisory Group) pada LAN.
IEEE802.8 Grup pendukung FOTAG (Fiber Optic Technical Advisory Group.)
IEEE802.9 Standarisasi ISDN (Integrated Services Digital Network) dan IS (Integrated Services ) LAN.
IEEE802.10 Standarisasi masalah pengamanan jaringan (LAN Security.)
IEEE802.11 Standarisasi masalah wireless LAN dan CSMA/CD bersama IEEE802.3.
IEEE802.12 Standarisasi masalah 100VG-AnyLAN
IEEE802.14 Standarisasi masalah protocol CATV

4. Ethernet
Ethernet adalah sistem jaringan yang dibuat dan dipatenkan perusahaan Xerox. Ethernet adalah implementasi metoda CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection) yang dikembangkan tahun 1960 pada proyek wireless ALOHA di Hawaii University diatas kabel coaxial. Standarisasi sistem ethernet dilakukan sejak tahun 1978 oleh IEEE. (lihat Tabel 2.) Kecepatan transmisi data di ethernet sampai saat ini adalah 10 sampai 100 Mbps. Saat in yang umum ada dipasaran adalah ethernet berkecepatan 10 Mbps yang biasa disebut seri 10Base. Ada bermacam-macam jenis 10Base diantaranya adalah: 10Base5, 10Base2, 10BaseT, dan 10BaseF yang akan diterangkan lebih lanjut kemudian.

Pada metoda CSMA/CD, sebuah host komputer yang akan mengirim data ke jaringan pertama-tama memastikan bahwa jaringan sedang tidak dipakai untuk transfer dari dan oleh host komputer lainnya. Jika pada tahap pengecekan ditemukan transmisi data lain dan terjadi tabrakan (collision), maka host komputer tersebut diharuskan mengulang permohonan (request) pengiriman pada selang waktu berikutnya yang dilakukan secara acak (random). Dengan demikian maka jaringan efektif bisa digunakan secara bergantian.

Untuk menentukan pada posisi mana sebuah host komputer berada, maka tiap-tiap perangkat ethernet diberikan alamat (address) sepanjang 48 bit yang unik (hanya satu di dunia). Informasi alamat disimpan dalam chip yang biasanya nampak pada saat komputer di start dalam urutan angka berbasis 16.

48 bit angka agar mudah dimengerti dikelompokkan masing-masing 8 bit untuk menyetakan bilangan berbasis 16 seperti contoh di atas (00 40 05 61 20 e6), 3 angka didepan adalah kode perusahaan pembuat chip tersebut. Chip diatas dibuat oleh ANI Communications Inc. Contoh vendor terkenal bisa dilihat berikut, dan informasi lebih lengkap lainnya dapat diperoleh di http://standards.ieee.org/regauth/oui/index.html

Daftar vendor terkenal chip ethernet

Nomer kode Nama vendor
00:00:0C Sisco System
00:00:1B Novell
00:00:AA Xerox
00:00:4C NEC
00:00:74 Ricoh
08:08:08 3COM
08:00:07 Apple Computer
08:00:09 Hewlett Packard
08:00:20 Sun Microsystems
08:00:2B DEC
08:00:5A IBM

Dengan berdasarkan address ehternet, maka setiap protokol komunikasi (TCP/IP, IPX, AppleTalk, dll.) berusaha memanfaatkan untuk informasi masing-masing host komputer dijaringan.

10Base5
Sistem 10Base5 menggunakan kabel coaxial berdiameter 0,5 inch (10 mm) sebagai media penghubung berbentuk bus seperti berikut. Biasanya kabelnya berwarna kuning dan pada kedua ujung kebelnya diberi konsentrator sehingga mempunyai resistansi sebesar 50 ohm. Jika menggunakan 10Base5, satu segmen jaringan bisa sepanjang maksimal 500 m, bahkan jika dipasang penghubung (repeater) sebuah jaringan bisa mencapai panjang maksimum 2,5 km.

gbr3.gif

Dalam berikut, antara NIC (Network Interface Card) yang ada di komputer (DTE, Data Terminal Equipment) dengan media transmisi bus (kabel coaxial)-nya diperlukan sebuah transceiver (MAU, Medium Attachment Unit). Antar MAU dibuat jarak minimal 2,5 m, dan setiap segment hanya mampu menampung sebanyak 100 unit. Konektor yang dipakai adalah konektor 15 pin.

gbr4.gif

10Base2
Seperti pada jaringan 10Base5, 10Base2 mempunyai struktur jaringan berbentuk bus. Hanya saja kabel yang digunakan lebih kecil, berdiameter 5 mm dengan jenis twisted pair. Tidak diperlukan MAU kerena MAU telah ada didalam NIC-nya sehingga bisa menjadi lebih ekonomis. Karenanya jaringan ini dikenal juga dengan sebutan CheaperNet. Dibandingkan dengan jaringan 10Base5, panjang maksimal sebuah segmennya menjadi lebih pendek, sekitar 185 m, dan bisa disambbung sampai 5 segmen menjadi sekitar 925 m. Sebuah segmen hanya mampu menampung tidak lebih dari 30 unit komputer saja. Pada jaringan ini pun diperlukan konsentrator yang membuat ujung-ujung media transmisi busnya menjadi beresistansi 50 ohm. Untuk jenis konektor dipakai jenis BNC.

gbr9.gif

gbr10.gif

10BaseT
Berbeda dengan 2 jenis jaringan diatas, 10BaseT berstruktur bintang (star) seperti berikut. Tidak diperlukan MAU kerena sudah termasuk didalam NIC-nya. Sebagai pengganti konsentrator dan repeater diperlukan hub karena jaringan berbentuk star. Panjang sebuah segmen jaringan maksimal 100 m, dan setiap hub bisa dihubungkan untuk memperpanjang jaringan sampai 4 unit sehingga maksimal komputer tersambung bisa mencapai 1024 unit.

gbr7.gif

gbr8.gif

Menggunakan konektor modular jack RJ-45 dan kabel jenis UTP (Unshielded Twisted Pair) seperti kabel telepon di rumah-rumah. Saat ini kabel UTP yang banyak digunakan adalah jenis kategori 5 karena bisa mencapai kecepatan transmisi 100 Mbps. Masing-masing jenis kabel UTP dan kegunaanya bisa dilihat

Kategori Aplikasi
Category 1 Dipakai untuk komunikasi suara (voice), dan digunakan untuk kabel telepon di rumah-rumah.
Category 2 Terdiri dari 4 pasang kabel twisted pair dan bisa digunakan untuk komunikasi data sampai kecepatan 4 Mbps.
Category 3 Bisa digunakan untuk transmisi data dengan kecepatan sampai 10 Mbps dan digunakan untuk Ethernet dan TokenRing.
Category 4 Sama dengan category 3 tetapi dengan kecepatan transmisi sampai 16 Mbps.
Category 5 Bisa digunakan pada kecepatan transmisi sampai 100 Mbps, biasanya digunakan untuk FastEthernet (100Base) atau network ATM.

10BaseF

Bentuk jaringan 10BaseF sama dengan 10BaseT yakni berbentuk star. Karena menggunakan serat optik (fiber optic) untuk media transmisinya, maka panjang jarak antara NIC dan konsentratornya menjadi lebih panjang sampai 20 kali (2000 m). Demikian pula dengan panjang total jaringannya. Pada 10BaseF, untuk transmisi output (TX) dan input (RX) menggunakan kabel/media yang berbeda.

gbr11.gif

gbr12.gif

5. Desain Jaringan

Pada saat kita telah mengetahui perangkat pendukung untuk membangun sebuah jaringan, maka langkah selanjutnya adalah mendesain jaringan sesuai yang kita perlukan. Apakah jaringan yang akan kita bangun akan berbentuk garis lurus (bus), bintang (star), lingkaran (ring), ataukah jaring (mesh) yang paling rumit? Juga apakah kecepatan transmisi jaringan kita merupakan jaringan rendah sampai menengah (beberapa M s/d 20Mbps), jaringan berkecepatan tinggi (ratusan Mbps) atau berkecepatan ultra tinggi (lebih dari 1Gbps)? Demikian pula media apa yang akan kita gunakan, apakai berbentuk jaringan kabel (wireline) atau memanfaatkan gelombang radio (wireless)? Yang terakhir, apakah jaringan kita untuk jaringan utama (backbone LAN) ataukah jaringan biasa (floor LAN) yang tentu saja memerlukan prasarana yang berbeda. referensinya sebagai berikut.

Jenis LAN Topologi Bus
Star
Ring Token Ring
Token Bus
Mesh
Kecepatan Menengah (beberapa s/d 20 Mbps)
Tinggi (100 s/d ratusan Mbps)
Ultra (lebih dari 1 Gbps)
Media transmisi Kabel (wireline)
Gelombang radio (wireless)
Tingkatan LAN Utama (backbone LAN)
Biasa (floor LAN)

6. Penutup

Demikianlah setelah kita membicarakan dan mengenal beberapa alat dan sarana untuk sebuah jaringan, diharapkan akan lebih membuka wahana dan pengetahuan kita dalam merencanakan pembuatan sebuah jaringan. Setelah itu kita akan berusaha menelusuri lagi pembicaraan dari segi software, bentuk jaringan dan beberapa pemanfaatannya dalam tulisan selanjutnya dibagian ke-dua.

Penulis: Harry Prihanto
 Referensi:

  1. UNIX User Japan, Ed. 7, Vol. 5, No. 70, Mei 1998.
  2. O. Koizumi, “Zukaide wakaru LAN nosubete,” Nihon Jitsugyo Shuppan, Tokyo Agustus 1998.
  3. Linux Japan, Ed. 2, Vol. 1, No. 4, Januari 1999.
  4. H. Koyama, et.al, “Linux nyuumon,” Toppan-shuppan, Tokyo, Oktober 1996.
  5. Maebara, “Linux de Internet,” Fuki-shuppan, Tokyo, April 1996.
  6. http://www.datatelsup.com/, http://www.3com.co.jp/, http://www.sun.com/, http://www.dell.com/
  7. http://www.ieee.org/, http://www.linux.or.id/, http://www.pii.or.id/elektro
About these ads

86 Tanggapan to “Mengenal Hardware dan Topologi Jaringan”

  1. kiki amalia said

    artikelnya udah bagus, cuma ditambah lagi dengan bagaimana cara menghubungkan diri ke internet secara jelas.
    terima kasih

    >> Haloo mba Kiki, makasih komentarnya, maksudnya cara menghubungkan diri ke internet itu pake os apa, windows, linux apa FreeBSD
    kalo menggunakan windows .. sebenernya sangat mudah mba bisa klik ini http://home.pacific.net.id/roaming/local-win2000.html

  2. Deni plc said

    kang ini deden ijo bukan….
    >> Sepertinya bukan soalnya dari kecil ngak pernah saya di panggil “Deden Ijo” .. salam kenal

  3. mudiyanto said

    Bukan komentar, ini mau tanya, kita didalam satu jaringan (pu.go.id – OS Windows XP)apakah bisa menghubungi salah satu komputer untuk memberikan peringatan atau say hello. Terima kasih.

    >> Sejauh ini saya ketahui untuk OS Windows XP menggunakan perintah NET SEND pada posisi command prompt contoh perintahnya NET SEND komputerdeden Hello Nama Saya Deden atau bila di server untuk memberikan pesan ke semua user bisa menggunakan NET SEND /user Perhatian : Server Akan Di Shut Down Dalam Waktu 2 Menit

  4. artikelnya sangat bagus,dan saya mau tanya.perangkat apa saja yang dibutuhkan dalam membangun jaringan serta perangkat tambahannya?

  5. u supriyanto said

    keren abissss dahhhhh…………. pleace bisa kan kirim tulisan 2 yang keren2 ini ke E-mail gue thx’s b4

  6. ryuku said

    Saya mau nanya tentang masalah ini

    Sebuah bank mempunyai ratusan cabang di semua propinsi. 90% transaksi bersifat lokal (antar cabang di propinsi tsb). Direksi ingin spy tiap cabang dpt terhubung on-line, namun tidak perlu langsung ke kantor pusat di Jakarta. Dgn topik topologi (pertimbangan geografis/traffic), serta struktur sarana telekomunikasi yg tersedia atau ditambahkan, …..

    Bagaimana merancang jaringan WAN yang cocok untuk kasus diatas…….

    Terima kasih….

  7. WIDA said

    KEREN BANGET SOALNYA LENGKAP Q JADI BUAT TA DAPAT BAGUS MAKASIH YA

  8. muhtadi said

    test

  9. andi bagus said

    sip mas :) trims rujukan artikel ini bisa meringankan tugas saya di kampus mengenai jaringan komputer ^_^

  10. sam_cs said

    informasi seputar komputernya bagus buangeeeeet, trims ya?

  11. adi said

    woow,bagoes jack!!!
    buat lagi oii
    u are my love

  12. nanang n said

    masis kurang lengkap datanya n supaya dikasi gambar yang sempurna n banyak.

  13. makasi artikelnya.,..

  14. yenz said

    Saya mau bertanya bagaimana cara menghubungkan 5 gedung di 5 kota menjadi satu kesatuan. Dimana setiap gedung memiliki 5 divisi yang masing-masingnya memiliki 20-30 orang.Terima kasih.Mohon jawabannya dikirim ke e-mail saya,atau saya mohon bantuannya untuk informasi site yang bisa saya kunjungi.

  15. andilian prasetio said

    SANGAT MENAMBAH WAWASAN BAGI PARA PELAJAR YANG MEMBACANYA KARENA MASUK KE DALAM MATERI PEMBLAJARAN

  16. suparno said

    Terima kasih banyak hal yang dapat dijadikan bahan belajar untuk anak didik kami di situs ini, semoga sukses amiin

  17. Yozaniar said

    Sangat bagus dan bermanfaat, seperti siswa kami yg sedang belajar ttg jaringan lokal. salam kenal dari kuningan.

  18. adi rama said

    tolong di perjelaskan tentang kelebihan & kekurangan macam2 topologi.

  19. caQiess* said

    Thax dah bantu nyelesein makalah gwe. tpi aquenya jdi puzing, mesq seneng abizzz..*

  20. caQiess said

    Thax dah bantu nyelesein makalah gwe. tpi aquenya jdi puzing, mesq seneng abizzz..

  21. tonie wonk said

    trimakasih atas semua saran yang telah diberikan
    saya harap dengan ini semua yang
    telah diberikan itu menjadi petunjuk saya belajar
    dan memotivasi saya untuk bisa meraih citacita

  22. manfaat, kelebihan, dan kekuranggan topologi jaringan apaan seeh

  23. This is very nice and informative post. I have bookmarked your site in order to find out your post in the future.

  24. alexa vega said

    allow!!!!!!!!!!!mw kacih saran ne!artikelnya kurang lengkap,contohnya kelebihan n kekurangannya……matur nuwun,,,,

  25. coolblack said

    Isinya bagus,,,, mengingat kembali ke tahap awal…
    welldone.

  26. nuki said

    isinya sudah lumayan, tapi kenapa koq g’ da tentang pembagian masing2x topologi dari jaringan LAN teurs huga tidak ada penjelasannya

  27. ricky said

    gambar topologinya harus diperjelas dan diberi katerangan agar mudah dimengerti .Terima kasih

  28. Intan said

    Topologi jaringan mesh sebenatnya apaan, sech????

  29. Intan said

    O, setelah bacam baru aku ngerti!!! TQ ya!!! Buy!!!

  30. bagus, cuman mana spesidikasi jaringannya

  31. sby said

    bolehlah isi dari webnya, cuman gitulah doang. tipsnya udah gue coba cuman ga berhasil. anda harus berusaha lagi . saya mohon berikan tips yang berguna dan berkualitas.

  32. jacky said

    mas aku bisa tolong dijelaskan atau dikasih tau link tentang cisco yang jelas dan bisa belajar dari awal sampai kita mahir. terimakasih

  33. [...] pada 21 September, 2007 pada 13:28 pm dan diberkaskan di dalam Jaringan. Buat Penanda Halaman Tautan Permanen. Ikuti komentar apa pun di sini dengan Pengumpan RSS untuk tulisan ini. Tulis komen atau tinggalkan [...]

  34. [...] ditulis pada 11 Desember, 2006 pada 1:27 pm dan diberkaskan di dalam Jaringan. Buat Penanda Halaman Tautan Permanen. Ikuti komentar apa pun di sini dengan Pengumpan RSS untuk tulisan ini. Tulis komen atau tinggalkan [...]

  35. ragil said

    thx’s bgt artikelnya ya! tapi kurang di update!

  36. cEWEX+ said

    mAKACI YA ARTIKELNYA BAGUS WALAUPUN ADA KEKURANGANNYA.
    bUAT LEBIH BAGUS LAGI YA MASSSS.

  37. ………. lw bkn artikel ato bikin cerita , sumpah bgt artikel lw buruk dan g ngerti……… thanks

  38. ……..he..he..he.. you cant see me …

  39. Yusuf said

    Hoe
    jawab sekarang jenis – jenis hardware yang dibutuhkan dalam sebuah jaringan .aku lagi ujian. cepaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaat. tolong
    eamil : husen.yusuf@yahoo.com

  40. Eka W said

    Thank Berat Info nya…

  41. bunga said

    yua…
    kurang lengkap mass

    tapi dah lumayan sih,tugas saya dapet poin bagus

  42. boenk said

    berbahagialah hidupnya bagi orang yg diberi keluasan ilmu,setiap satu ilmu yg diberikan kepada orang lain maka ia akan keberkahan hidupnya di dunia dan akhirat. !!!!!!! padi semakin berisi semakin merunduk!!!!!!!

  43. ica said

    mukasih atas penjelasanya…
    boleh minta tolong ga??
    klo jenis-jenis transmisi itu kaya gimana truz, unk apa, n gambarnya gmana????
    jelasin dunkk…
    via e-mail aja annisa_suliastini_2007@yahoo.com

    thank’s before…

  44. kuyax said

    thank,s bisa tambah lagi ng informasinya, buat tambahan laporan saya. peace

  45. Rizal said

    Makasih,artikelnya ^_^

  46. miez said

    mas,tlong donk di perjelas lgi bahasannya yyyyyyupz…..
    thank’s maz….]

  47. miez said

    maz,tlong donk krimin artikel tentang jaringan peer to peer ma client server(perbedaannya,kelemahannya dan keuntungannya)skrg pleaz d e-mail
    miez_seiko@yahoo.co.id
    makasih bnyak y maz

  48. jiL said

    tenks…

    tugas saya uda dapet.

  49. jacob said

    kang. tolong kasih tahu Q. bgmna cara merakit jaringan LAN antar dua komputer! dan bgmna cara membuat printter dgn sistem jaringan. jd’e printer tsb dpt digunakan secara langsung pada beberapa komputer min.2 komputer. bagaimana? tolong yang Kang kasih tahu caranya? kirim ke Emailku yang Kang? thank’s 1000X

  50. macasih atas semuanya anda telah memberikan ilmu pengetahuan dengan gratis,
    dengan ini saya dapat mengetahui ntentang komputer.

  51. terima kasih atas semua yang anda tuliska
    ini dapat mengasah otak ku

  52. wahyu said

    kenapa kurang lengkap tulisan anda ya,penjelasan mengenai topologi nya mana??

  53. dena-dena-dena said

    bagus juga lah ni website , moga sukses !!!

  54. zaenal said

    Bagus banget sih website tp kalau pengen lebih bagus lagi ya ditulis
    lebih rinci dari mulai perakitan sampai instalasi dan pemakaian.. trims..

  55. YANG PUNYA said

    nggggganu,, heek heek…

  56. bagus jfg..
    tp kurang penjelasan..
    thx uwd ngbntuin…

  57. aku pengen ada pngrtian n pnjlasan dari topologi jaringan LAN..
    kayaknya masi ad yg krang..
    tlg d kbulin yaah..
    ada tugas nih..

  58. Aulia said

    Beuh leungkap nih….

  59. indrai said

    nuhun kang deden,

  60. @rbie said

    assalamualaikum wr wb
    5kasih q jd tau dech …..
    infonya krg lengkap
    wassalamualaikum wr wb

  61. nafa said

    ass.
    thanx bwt tulisannya……..
    keren kok….
    smoga anda mncptkn tulisan yang slalu brmnfaat
    yupzzzzzzzz

  62. cut risan said

    ass…kang mxih bgt y p3mbelajarannya n’ karang sy dah jd lbh mngrti tentang hardware n’jaringannya…..s x gi mxih bgt kang y???”Allah menyukai orang2 yang membagi2kan hartanya palagi ilmu yang sangat bermanfaat bagi semua insan………………………………………………………..wass’

  63. [...] mengenal hardware Mengenal Hardware dan Topologi Jaringan [...]

  64. sejagad said

    maaf nggu??
    sata dah baca semua cara2 nya,n saya tambah bingung,pas aya pratekan
    eh saya g bisa masukan nama komputer lain,kan saya g tau(lom kenalan….ma tuch kom)
    saya mau nanya ne giman cara tau nam komputer yabg da dalam satu jaringan ?

  65. [...] Posted by agusvinus08 on November 20, 2008 Mengenal Hardware dan Topologi Jaringan [...]

  66. [...] Mengenal Hardware dan Topologi Jaringan [...]

  67. wew said

    cupu banget ini yang buat blog, cuma copy paste……….
    nyesel banget ngeklik blog ini

  68. azghal said

    koq penjelasan tentang topologi jaringannya ga lengkap????

  69. [...] Mengenal Hardware dan Topologi Jaringan [...]

  70. Adiputra said

    salam..
    mas tanya..dasar untuk belajar jaringan itu apa ya mas..
    kalo belajar pemrograman kan algoritma, nah kalo jaringan itu ada algoritmanya gak trus apa ja yang harus dikuasai..

    tnx

    ad1.putr4@yahoo.co.id

  71. spendoeta boy said

    wah…..
    makasih ya mas
    untung ada artikel ini
    kalo gak
    aku bakal digorok dan jadi korban idul adha
    amit amit deh….
    wasaalam

  72. Segala sesuatunya tidak ditulis secara terperinci dan kurang jelas.saya berharap jika ingin memasukkan data-data,sebaiknya dibuat perincian yang jelas dan gunakan bahasa yang baku.

  73. landri said

    tolong dilengkapi dengan topologi jaringan,keuntungan & kelebihan serta gambarnya.

    da tugas ni…….

  74. yanuar said

    makasip karena artikel ini meringankan tugas liburan saya

  75. rizal said

    dang sepzzzzzzzzz

  76. ferawati said

    Cara proses instalasi software dan hardware dalam pembuatan jaringan LAN Topologi Star gimana??tolong di jawab bagi yg tau di emailq:ferawati_klsxiia4@yahoo.co.id.thx

  77. [...] Topologi Jaringan Mengenal Hardware dan Topologi Jaringan [...]

  78. bryan said

    siiip bangetz ,tapi biar tambah keren coba kasih gambar nya

  79. budi said

    gax pasti

  80. [...] Mengenal Hardware dan Topologi Jaringan [...]

  81. marthoo said

    payah u semua

  82. lulu said

    Krnk pham mkcut’A

  83. den Budi said

    waduw… bingung oe’

  84. MadeIT said

    Baca juga artikel tentang network disini http://madeit.co.cc/computer-network-part-13//

  85. sumardy said

    bsa mta tlong tambah lagi informasinya gak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 124 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: