myDeden.Kom

Pemulung yang Berusaha Memanfaatkan Limbah Sebaik Mungkin

Archive for November, 2008

Mari Belajar ERP Bagian 1

Posted by kang deden pada 26 November, 2008

Setelah hampir kurang lebih 4 tahun, perusahaan saya membeli aplikasi yang hargannya sama dengan 100 Mobil Kijang Innova, jadi kalo dijajarin tuh mobil bisa buka perusahaan taxi dech, tetapi sangat disayangkan sekali implementornya kurang menguasai penerapan aplikasi tersebut diperusahaan saya, maka akhirnya pekerjaan menjadi terbengkalai dan enggak pernah tuntas tas tas.

Untungnya bos saya tidak ikut frustasi juga, al hasil hati saya tergerak untuk ikut turun dalam masalah tersebut dan bos saya sangat mendukung saya 100 %, hingga hampir 1 tahun lebih saya bekerja untuk memahami konsep bisnis dan memahami bagaimana aplikasi itu berjalan.

Oh iya program ERP itu memang bener-bener hebat,  logika-logika yang dipakainya cantik dan nggak menghabiskan resource otak dalam mengcodingnnya  .. hanya saja nggak bisa kita pelajari bila kita hanya menguasai ilmu komputer saja atau pemograman saja .. ternyata kita harus mau belajar Siklus Bisnis Perusahaan Konsep Teori PORTER yang diterapkan pada perusahaan tersebut, kita harus belajar Akuntansi atau masalah Administrasi Perusahaan, kita harus belajar database sql dan kita harus belajar masalah Networking .. jadi kalo saya tarik kesimpulan maka saya bisa ilustrasikan dalam bahasa awamnya mengenai bagaimana menguasai ERP :

” Diibaratkan kita ini adalah seorang supir, sehari-hari kita mengendarai mobil dan dengan mudahnya apabila kita berpindah ke mobil yang berbeda merk misal biasa kita menggunakan sedan, kemudian kita berpindah ke mobil kijang ya pasti sih akan ada penyesuaian agak kaku-kaku dalam 15 menit pertama, tapi pasti akan langsung bisa, nah coba kalo kita adalah seorang supir yang kemudian disuruh untuk mengemudikan sebuah pesawat terbang misalnya pesawat boing 737 .. pasti akan binggung sendiri saking banyaknya tombol panel yang ada, andaipun belajar pasti nggak dalam waktu 15 menit .. disamping itu kalo pengalaman atau pengetahuan hanya mengendarai wah pasti tidak akan cukup, anda harus mempelajari sistem navigasi, anda harus mempelajari arah dan kecepatan angin, anda harus mempelajari bahasa .. wah ribet deh pokoknya dan butuh keseriusan dan biaya untuk mempelajarinya, nah coba apa yang dipeloleh kalau anda bisa pasti lah pendapatan anda akan lebih tinggi dari sopir mobil .. hehehe “

Itulah sebuah ilustrasi ketika kita ingin beranjak atau belajar mengenai ERP, sayang memang di Indonesia ini banyak sekali perusahaan yang menerapkan aplikasi ERP tapi banyak yang GAGAL juga, kenapa yach ?, tapi memang ngak sedikit juga yang berhasil .. memang dalam penerapan ERP ini kita butuh team implementor yang handal, sertifikat doang ngak cukup meyakinkan loh, yang jelas cari implementor yang berpengalaman dan apalagi kalau pernah sebagai user  .. mungkin pengalamannnya akan lebih “Taste”, kalau kata iklan mah ..

Bersambung …..

Iklan

Posted in ERP, Teknologi Informasi, Umum | 17 Comments »

Tak Hanya Sekedar Tulisan Doang …

Posted by kang deden pada 1 November, 2008

Setelah saya menganalisa dari komentar-komentar yang ada dalam blog saya ini, banyak sekali yang mengomentari dari yang Memuji (terima kasih atas pujiannya, semoga ilmunya bisa bermanfaat), Mendoakan (Amien, semoga doanya tulus dan ikhlas dan bermanfaat bagi yang mendoakan dan didoakannya) hingga yang Mencemooh (semoga menjadi pelajaran atas kekurangan-kekurangan dan dapat memotivasi saya khususnya untuk melangkah kedepan lebih baik) .. kalo dihitung secara metematika 70 % memuji dan 30 % mencemooh atau bisa di katakan meremehkan.

Jelas dari awal blog ini dibuat saya sudah menanamkan bendera bahwa saya adalah seorang PEMULUNG YANG BERUSAHA MEMANFAATKAN LIMBAH .. jadi dari labelnya saja sudah menggambarkan .. nah cuma banyak tulisan-tulisan yang berguna dan beredar di internet .. tapi tidak semuanya sampai ke yang benar-benar memerlukannya.

Untuk itu disinilah saya menggunakan logika saya yang pas pasan ini, dengan merubah sedikit judul sehingga orang-orang dapat dengan mudah membaca tulisan-tulisan tersebut .. “BRANDING” itulah yang terpenting dalam penyampaian informasi .. malahan dengan branding ini tulisan yang tadinya bisa-biasa jadi luar biasa .. bahkan situs/blog asal penulisnya sendiri kurang dikunjungi ..

Tujuannya jelas bukan mencari ketenaran atau apa, tapi itulah fungsinya BRANDING .. jadi jangan sekedar tulisan saja yang dipikirkan tapi judul pun penting, mungkin sangat mudah sekali menulis bahkan bisa berhalaman-halaman .. tapi jika dari 100 halaman itu kita rangkum menjadi 5 kalimat utama .. nah silahkan pikirkan … Kita tau sendiri bahwa Einstein merumuskan suatu rumus yang tadinya panjang menjadi 4 huruf saja .. pasti tahu kan .. makanya TAK HANYA SEKEDAR TULISAN SAJA .. yuk kita sama-sama belajar .. dan tujuannya jelas bukanlah ketenaran saja karena “DIATAS LANGIT ADA LANGIT LAGI

Pressure Your Power, Used Your Power and  Control Your Power

Salam,

Deden

Posted in Cisco, Seputar Internet, Teknologi Informasi, Umum | 7 Comments »