myDeden.Kom

Pemulung yang Berusaha Memanfaatkan Limbah Sebaik Mungkin

Internet Melalui Jaringan TV Kabel, Gimana Yach ?

Posted by kang deden pada 17 Februari, 2007

Sistem pada operator jaringan televisi kabel, yang pada awalnya hanya digunakan untuk mengirim siaran hiburan dan berita saja, pada perkembangan selanjutnya kini mulai dilengkapi dengan layanan Internet. Untuk itu diperlukan modifikasi dan penambahan perangkat-perangkat pendukung. Bagaimana Internet bisa diakses lewat jaringan televisi kabel?

CARA KERJA INTERNET TV KABEL

Internet kabel menggunakan media kabel koaksial sebagai media aksesnya. Asalnya kabel koaksial ini hanya digunakan untuk menyalurkan signal TV saja. Dalam beberapa sistem, kabel koaksial hanya media untuk mendistribusikan sinyal. Di sistem lain, kabel fiber optic ditarik dari perusahaan penyedia layanan TV kabel ke berbagai wilayah utama. Di tempat tersebut kabel fiber optic diubah sinyalnya untuk dialirkan menggunakan kabel koaksial ke rumah-rumah pelanggan. Teknologi yang menggabungkan fiber optik dan kabel koaksial untuk distribusi pelanggan dikenal dengan teknologi HFC (Hybrid Fiber-Coaxial). Teknologi HFC merupakan platform jaringan yang menyediakan tiga saluran sekaligus antara lain saluran TV, akses internet cepat dan telephony.

Bandwidth yang dikirim lewat jaringan TV kabel dibagi menjadi banyak kanal (channel). Lebar tiap kanal dibuat sebesar 6 MHz. Hal ini dikarenakan signal TV menggunakan alokasi frekuensi 6Mhz (standard NTSC) atau 7 atau 8Mhz (standard PAL), untuk disesuaikan dengan bandwidth video standar yang sebesar 4,2 MHz, dan bandwidth HDTV (high definition TV) yang telah dikompresi menjadi 6 MHz. Biasanya tiap kanal digunakan untuk mengirim satu siaran., sehingga dalam satu kabel dapat disalurkan berpuluh siaran TV. Umumnya spektrum frekuensi yang digunakan untuk signal TV berkisar antara 111Mhz – 450 Mhz, padahal kabel koaksial ini mampu membawa frekuensi hingga 1000 Mhz. Jika awalnya semua kanal dipakai untuk mengirim siaran televisi, kini beberapa kanal digunakan untuk akses Internet yaitu menggunakan kanal pada frekuensi yang tidak terpakai yang kemudian digunakan untuk membawa signal data, dan biasanya dibawa pada frekuensi 550 Mhz ke atas.

Beberapa kanal berfungsi sebagai jalur downstream (dari Internet ke pelanggan), dan lainnya berfungsi sebagai jalur upstream (dari pelanggan ke Internet). Lebar bandwidth atau jumlah kanal yang difungsikan untuk downstream lebih sedikit daripada kanal untuk upstream karena kebanyakan pelanggan lebih banyak melakukan download dibanding upload. Traffic yang terjadi pada pelanggan kabel modem umumnya bersifat asimetrik. Trafik downstream bersifat lebih besar daripada trafik upstreamnya, hal ini umum terjadi pada traffic Internet. Trafik downstream memakai besar frekuensi 6 Mhz sehingga bandwidth yang didapat sekitar 27Mbps. Bandwidth sebesar ini dishared (dibagi) bersama-sama dengan pengguna atau pelangan internet TV Kabel lainnya. Sedangkan di sisi upstream, besar frekuensi yang digunakan bervariasi antara 200Khz, 400, Khz, 800 Khz, 1600 Khz, dan 3200 Khz. Apabila 800Khz yang digunakan maka besar bandwidth yang didapat sekitar 2700 Kbps. Hal ini tentu saja mengakibatkan waktu yang dibutuhkan untuk upload (mengirim data dari pengguna ke internet) lebih lama daripada waktu untuk mengirim data dari internet ke pelanggan (download).

Untuk transmisi data internet tersebut, baik upstream maupun downstream, satu kanal digunakan bersama-sama oleh seluruh pengguna layanan. Untuk itu bandwidth upstream yang sempit itu dibagi dalam satuan waktu, yaitu dalam milisecond (1/1000 detik), yang mana dalam satuan waktu tersebut seorang pelanggan dapat melakukan sekali “semprot” data ke Internet.

Agar pelanggannya dapat mengakses Internet, operator TV kabel punya dua pilihan. Pilihan pertama adalah membangun dan mengoperasikan sendiri layanan Internetnya. Artinya, si operator berfungsi sebagai broadband server. Ia dapat menyediakan layanan Internet standar, seperti surfing website, e-mail box, dan chatting. Atau layanan lain seperti menyediakan space untuk menyimpan file-file data, audio, dan video milik pelanggan. Dengan cara ini pelanggan tidak perlu lagi berlangganan ISP (Internet Service Provider) lain. Artinya, ia pun tidak punya pilihan ISP lain selain operator TV kabel yang bersangkutan. Pilihan kedua, operator TV kabel bekerja sama dengan ISP lain. Kerja sama ini dalam bentuk lisensi pengoperasian ISP dan bandwidth. Operator dapat bekerja sama dengan satu atau lebih ISP sehingga pelanggan lebih banyak punya pilihan walaupun tetap terbatas. Di Indonesia, dari tiga operator TV kabel, tampaknya baru satu operator yang telah memberikan layanan Internet dalam bentuk kerja sama dengan dua ISP.

SIFAT-SIFAT INTERNET KABEL

A. Kelebihan Yang dimiliki

Internet lewat jaringan TV kabel mempunyai beberapa kelebihan dibanding Internet lewat jaringan telepon. Salah satunya adalah akses Internet selama 24 jam. Hal ini bisa terjadi karena operator TV kabel mengaktifkan jaringan dan pelayanannya selama 24 jam penuh.

Jika pelanggan menambah fasilitas Internet, para operator TV kabel akan menarik tambahan pada biaya langganan bulanan. Biaya tambahan ini “jatuhnya” lebih murah dibanding ongkos yang harus dibayar jika menggunakan media saluran telepon selama 24 jam untuk satu bulan.

Selain itu, dengan Internet kabel tidak perlu lagi ada proses dialing seperti yang dilakukan pada jaringan telepon. Tidak ada lagi jawaban nada sibuk (busy tone) saat semua saluran telepon ke ISP sedang padat. Dan, tidak ada lagi panggilan telepon yang tidak terjawab karena kita sibuk berInternet-ria.

Kecepatan transmisi data (upstream dan downstream) juga lebih tinggi dibanding transmisi data pada jaringan telepon standar maupun ISDN/Integrated Service Digital Network. Jika kecepatan transmisi data maksimum pada saluran telepon standar sebesar 28,8 kbps (kilo bit per detik), dan pada ISDN sebesar 128 kbps, maka pada jaringan TV kabel dapat mencapai 38 Mbps (Mega bit per detik). Kecepatan transmisi data ini kinerjanya tidak dipengaruhi jauh-dekatnya jarak antara pelanggan dan penyedia layanan.

Dengan kecepatan setinggi itu, kita dapat menerima aliran video audio (audio video stream) yang lebih lancar, tidak diam membeku (freeze). Dengan demikian, teleconference dengan live video-audio bersama rekanan kerja atau video-audio chatting dengan keluarga di tempat yang jauh dapat dilakukan dengan nyaman.

Kecepatan-kecepatan yang sangat tinggi biasanya dapat dicapai jika kabel yang dipakai dalam sistem trunk dan distribusi adalah kabel serat optik. Kabel coaxial hanya digunakan sebagai kabel drop, yaitu kabel penghubung antara pelanggan dan tap distribusi..

B. Kelemahan Yang dimiliki

Bagaimanapun juga penggunaan kanal tunggal ini mempunyai efek bagi para pengguna cable modem. Bila Anda sudah terkoneksi duluan ke Internet melalui sebuah kanal yang masih kosong, maka Anda dapat memanfaatkan seluruh bandwidth hanya untuk keperluan Anda. Namun seiring dengan adanya penambahan pelanggan baru, terutama pelanggan yang boros bandwidth, Anda terpaksa harus berbagi bandwidth dengannya dan Anda akan merasakan penurunan unjuk kerja yang signifikan. Hal ini disebabkan karena penggunaan kanal yang dialokasikan untuk internet digunakan secara bersama-sama oleh semua pelanggan.

Mungkin saja terjadi, pada saat koneksi penuh, unjuk kerja akan jauh dibawah teori. Berita baiknya, penurunan unjuk kerja ini dapat diatasi dengan menambahkan kanal baru dan membagi rata jumlah pengguna tiap kanal yang digunakan untuk transmisi data lewat internet.

PERLENGKAPAN DAN PERALATAN YANG DIBUTUHKAN UNTUK INTERNET KABEL

A. Pada sisi Pelanggan : Modem kabel

Salah satu perangkat pendukung Internet kabel adalah modem (modulator-demodulator) kabel. Ia menghubungkan komputer PC pelanggan dengan saluran TV kabel. Fungsinya adalah sebagai interface antara format standar komunikasi komputer dan format standar komunikasi jaringan TV kabel.

Cable Modem adalah alat yang memungkinkan akses data dengan kecepatan tinggi (seperti, internet) melalui jaringan kabel TV (tidak menggunakan line telepon seperti pada modem umumnya). Cable Modem pada umumnya memiliki 2 (dua) buah konektor, yang satu untuk disambungkan ke outlet jaringan kabel TV dan yang satunya lagi disambungkan ke komputer (PC). Kebanyakan cable modem merupakan peralatan eksternal yang dihubungkan ke PC dengan menggunakan kartu jaringan (10Base-T Ethernet) dan kabel khusus (twisted-pair wiring). Eksternal USB (Universal Serial Bus) cable modem dan kartu internal PCI cable modem pada saat ini masih dalam tahap pengembangan. Kadang-kadang orang suka salah mengerti tentang arti kata “Cable Modem” karena Cable modem bekerja lebih mirip dengan peralatan jaringan (LAN) daripada modem.

Kecepatan cable modem itu sangat bervariatif, tergantung pada sistem yang diterapkan pada modem itu sendiri, arsitektur kabel jaringan, dan tingkat kesibukan jalur data. Pada arah downstream (dari jaringan ke komputer) kecepatannya dapat mencapai hingga 27 Mbps yang dibagi-bagi dengan beberapa user sesuai dengan bandwidthnya. Beberapa komputer dapat melakukan koneksi dengan kecepatan yang tinggi hingga antara 1 sampai 2 Mbps. Bagaimanapun pada umunya produsen dari cable modem tersebut mematok pada kecepatan 500 Kbps sampai 2.5 Mbps.

Masalahnya, komunikasi jaringan TV kabel belum mempunyai standar komunikasi yang baku. Karena itu, sebaiknya modem kabel disediakan oleh operator TV kabel. Pemilihan modem yang tidak sesuai dengan format jaringan jelas menghalangi kita menikmati Internet 24 jam. Namun, jika regulasinya telah disepakati oleh badan-badan yang berwenang, kita bisa membeli modem dengan pilihan model yang lebih banyak. Badan-badan yang biasa mengeluarkan regulasi di antaranya adalah: Federal Communication Commision (FCC), International Telecommunication Union (ITU ), dan Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE).

Pada umumnya cable modem tidak dapat dibeli secara terpisah, hal ini disebabkan karena apabila perusahaan penyedia jaringan kabel tersebut mempergunakan peralatan jaringan dari merek tertentu, maka hanya cable modem merek tersebut yang dapat digunakan. Karena alasan inilah pada umumnya pengguna dari jasa cable modem ini dapat menyewa peralatannya (cable modem), sehingga tidak perlu menghadapi resiko dari produk yang ketinggalan jaman (masalah yang umumnya dihadapi oleh pengguna komputer).

B. Pada sisi penyedia layanan TV Kabel: CMTS dan perlengkapan lainnya

Cable Modem Termination System (CMTS) terletak di headend jaringan TV kabel. CMTS mengambil aliran data sejumlah pelanggan yang dikirim melalui jalur upstream, kemudian mengirimkan ke ISP atau ke koneksi Internet. Pada headend, operator TV kabel juga perlu memiliki (atau menyewa dari ISP) beberapa perlengkapan (hardware dan software) untuk fasilitas Internet.

Perlengkapan-perlengkapannya adalah: beberapa komputer server untuk keperluan accounting dan logging. Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) untuk keperluan assigning dan administrasi alamat-alamat IP (Internet Protocol) bagi pelanggan-pelanggannya. Juga server pengatur untuk protokol yang berjuluk: Data Over Cable Service Interface Specifications (DOCSIS). DOCSIS adalah standar utama yang digunakan Amerika Serikat untuk penyelenggaraan akses Internet bagi pelanggan TV kabel.

Data yang lewat downstream mengalir ke semua pelanggan (yang sedang terhubung) dengan mekanisme seperti pada jaringan ethernet, yaitu sistem jaringan yang banyak digunakan pada Local Area Network (LAN). Pada mekanisme ini, blok data yang ditujukan bagi seorang pelanggan hanya dapat diterima dan dibaca oleh pelanggan yang bersangkutan.

Ketika seorang pelanggan mengirim data ke CMTS melalui jalur upstream, datanya tidak akan dapat dibaca oleh pelanggan lain. Agar bersifat multi-akses, bandwidth upstream yang sempit dibagi menjadi potongan-potongan waktu (dalam orde milidetik).

Pada tiap periode akan dikirim beberapa potongan waktu yang masing-masing berisi satu data dari satu pelanggan. Atau dengan kata lain, pelanggan-pelanggan yang on-line, memakai saluran upstream secara bergantian dalam orde milidetik. Cara pembagian waktu ini dapat bekerja dengan baik jika: jumlah pelanggan yang terhubung (antrean) sedikit dan sebagian besar pelanggan mengirimkan perintah pendek.

Sebuah CMTS mampu menangani 1.000 pelanggan yang terhubung ke Internet melalui kanal tunggal selebar 6 MHz. Karena kanal tunggal mampu dilalui 30 Mbps hingga 40 Mbps, tampak jelas bahwa kecepatan transfer datanya lebih tinggi daripada kecepatan transfer data jaringan telepon.

Akan tetapi, kecepatan itu tidak selalu dapat dicapai karena jaringan TV kabel terdiri atas cabang-cabang. Semua pelanggan pada cabang-cabang menggunakan bandwidth yang sama. Akibatnya, saat jumlah pelanggan yang mengakses Internet bertambah, kecepatan transfer data akan menurun. Ini karena bandwidth untuk Internet dipakai bergantian, sebagaimana pada LAN.

 Gambar jaringan internet melalui TV Kabel:

image003.gif

image004.png

Untuk mempertahankan kecepatan akses yang tinggi, sudah sepantasnyalah jika operator TV kabel melakukan upaya-upaya perbaikan. Misalnya, penambahan kanal untuk Internet, pemakaian serat optik dengan bandwidth yang lebih tinggi, dan server yang lebih cepat dengan kapasitas yang lebih besar. Atau upaya-upaya lain untuk mempertahankan, bahkan meningkatkan kepuasan pelanggan

Sumber : Daniel B. Pratomo (http://web.si.its-sby.edu)

About these ads

89 Tanggapan to “Internet Melalui Jaringan TV Kabel, Gimana Yach ?”

  1. helgeduelbek berkata

    Kang kalau bisa diulas/dicarikan bahasan tentang koneksi internet lewat parabola yang biasa untuk tv itu. Katanya bisa dengan memasang DVB khusus kemudian bisa mendownload dan gratis, hanya saja tidak bisa browsing. Saya dulu sempat ngikuti forum cuman lama gak ikut aktif lagi. Terimakasih.

  2. chandra berkata

    kang untuk perangkatnya apa aja untuk detailnya mempergunakan tv kabel dan di indonesia untuk internet via tv kabel pake apaa

  3. santaka berkata

    saya minta tolong di kirim kan ke email saya gambar-gambar media koneksi karena disini tidak ada gambar media koneksinya

  4. eri berkata

    tolong dikupas tentang jaringan tv kabelnya…

  5. gustiwanen berkata

    kira2 berapa berapa jauh kemampuan rambatnya jika menggunakan kebel koaksial dan berapa besar perbedaan kecepatan akses dibandingkan dengan menggunakan fiber optic

  6. gustiwanen berkata

    kang, kami dilombok banyak menggunakan tv kabel, tapi masih teknologinya sederhana, apa bisa dikoneksikan internet, hanya saja kabel yang kami gunakan semuanya koaksial kabel

  7. salman berkata

    mas, tolong kupas gimana caranya instalasi internet lewat parabola rumahan, apa saja yang diperlukan, dan apakah gratis setelah akses didapat
    thank’s sebelumnya

  8. freeza berkata

    ass ma, klo bsa tolong dibahas dengan bahasa u anak kelas 1 SD mengenai koneksi internet dengan menggunankan receiver parabola rumahan bukan dengan yang berlangganan seperti indovision dan astro. trus apa hardware n software yang harus di tambah trus gmana cara kerjanya

    thanks

  9. clement berkata

    tolong ada data untuk troubleshooting tv kabel secara teknis

  10. neffo berkata

    Mas,….mau nanya kalau saya punya cable modem untuk di share bagaimana caranya…?karena kalau 1 Pc pake USB dan PC yang satunya pake ethernet cable tidak bisa jalan juga……
    Ada yang bilang dipake router…?|||

  11. rifqi berkata

    bagus unutk menambah ilmu…kang kalo bisa di kupas tentang sistem HFC nya

  12. lamsyah berkata

    dirumah saya ada parabola, saya tertarik topik internet lewat parabola,apakah itu gratis?,kalau mau langganan,dimana alamat companynya yg ada dijakarta?tolong jelaskan lebih terperinci,trms kasih banyak yaa…

  13. andri berkata

    mas tolong kupas masalah trobleshooting henpon

  14. andri berkata

    dengan adanya pembahasan ini dapat menambah ilmu

  15. barrier berkata

    Kang kalo boleh saya bertanya, tentang tv kabel yang sudah memberikan fasilitas internet yang di indonesia.

    (trima kasih sebelumnya)

  16. unyil berkata

    mas aq gak nanya!!!!!!!!

  17. Rra berkata

    maaf mas mau nanya, kalau pakai tv kabel yg dihubungkan dengan internet setiap bulannya emang harus bayar berapa? terimakasih.

  18. Rra berkata

    Maaf mas mau tanya, kl pakai tv kabel yg dihubungkan dg internet setiap bulannya harus bayar berapa?

  19. eMDe berkata

    Kang Deden/Mas Daniel….q dah pasang Astro…udah bisa lum bwt internetan??lok Astro dah nyediain fasilitas broadband serve gmn cranya berlangganan/menggunakan??klok msti lwt ISP,ISP apa? Nuwuuun….

  20. hari berkata

    mas gimana caranya biar siaran tv kabel nya biar ngk gerimis2 yar pelangan nya puas nonton acranya trima kasih

    • rano berkata

      mas hari,
      1. frekwensi nya tidak boleh terlalu rapat,jangan sampai bentrok dengan TV telestrial lokal.
      2. DB di het n harus rata maksimal selisih 5 DB
      3. Dijaringan bosternya tidak boleh terlalu rapat,atau terlalu jauh harus di ukur dimana tempat di kasih boster
      4. kualitas kabel juga harus ok
      terima kasih smoga membantu
      heheh jadi admin dah gua
      insyak allah minggu depan blog saya siap mengulas semua maslah jaringan tv kabel dan internet.

  21. kuslan berkata

    masss d rumah saya ada parabola tv g mana caranya tuk konexsi internet’

  22. jitax berkata

    Utk insan per tv kabelan,gabung aja tantowi77.wordpress.com…

  23. yandy berkata

    pakk.. tolong dong muat gambar alat2 yg dibutuhkan untuk internet tv kabel
    makasih..

  24. Devia mayasari berkata

    tolong dong kalau kasih cara2 koneksi ke internet tv kabel yang lengkap,,,gw lagi disuruh guru nehhhh??? thank be4

    Kim Dexiah

  25. Devia mayasari berkata

    tolong dong kalau kasih penjelasan tentang koneksi ke internet tv kabel yang jelas dunkk…coz lagi disuruh ma gurunya niehhh???

    kim dexiah

  26. Devia 'na kibum berkata

    duhh,,,koq cara kerja internet tv kabelnya gak lengkap ciii??? kan aqq jadi bibgung banged niehhh!!!

    tolong ya di perjelas lagi penjelasannya ya???

    quu tunggu lhoh…

  27. jhogie berkata

    mas, saya bisa minta email dan no telpnya untuk masalah teknologi ini saya berminat sekali. mohon infonya

  28. wanto berkata

    kang modem external yang di pake apa bisa modem dsl punya speedy.

  29. romy berkata

    klo mau baca informasi tentang teknologi TV satelit dan TV kabel, baca di
    http://komputerblog.com/2008/10/07/bagaimana-tv-satelit-bekerja/

  30. nurhalis berkata

    wah keren mas..dimana sih biasa nya orang-orang jual perangkat buat internet tv kabel itu ??
    sudah ada belum yang jual ?? tangkiyu mas . .

  31. musta berkata

    mas gk ad foto rangkaian alat net ama gabung perangkat’

  32. [...] KERJA INTERNET TV KABEL CARA KERJA INTERNET TV KABEL<ins [...]

  33. musta berkata

    ada foto alat 2 net ke tv kabelperangkat itu kaya apa ,,

  34. Andre berkata

    kalau pingin mengetahui bagaimana jaringan TV Kabel itu dan komponen – komponen utama sebuah jaringan tv kabel, bisa dibaca di blog kami :

    jawamediaprofile.blogspot.com

  35. Rizal berkata

    tolong donk komponen2 jaringan internet by cable tv (coax)

  36. ipeng berkata

    Mas,

    Kasih tau dunk bagaimana caranya mengkonversi jaringan TV Kabel semisal indovisin
    menjaadi sebuah koneksi internet? dan alatnya apa saja?
    Kasih tau ya mas?

    Thank You

  37. michi berkata

    Thank`z yach………
    boad yang banyak lg donk
    lbh banyak tau kan lbh bertmbh berwawasannya
    hahahah……………………

  38. gimana yach

  39. Billy Turangan berkata

    Mohon informasi perusahaan mana yang bisa buat jaringan TV kabel + internet

  40. lukman berkata

    boleh tuhhhhhhhhhh, klo internet bsa pake parabola rumahaan, mantaaaaaaaabbbbbbbbb, klo ada yang tau bagi yahhhhhhhhhhhhhhhhhh, q pendatang baru ni!!!!!!!!!!!!!

  41. Ziad berkata

    tdk gaga…………………………..

  42. yani berkata

    wangango ziad…… :-P

  43. ZhaY berkata

    kutu busu yani…. :-) :-D B-)

  44. muhammad isa berkata

    bagaimana cara menonton piala dunia pada tahun 2010 ini di televisi dengan menggunakan digital parabola?

  45. selly berkata

    makasih mas infonya..
    ok banget..

  46. ali berkata

    di mana kami bs hubungin,tv cabel+internetan………….

  47. john8baldwin berkata

    Mau nonton siaran TV lebih dari 3.500 chanel tanpa harus berlangganan TV cable dan bayar biaya pemasangan?Cukup sekali download softwarenya di SINI
    Dan nikmati siaran dari seluruh penjuru dunia GRATIS !!!! Setiap hari!!!

  48. iqbhal asrori berkata

    aduh bisa di jelasin gak cara agar bisa internetan dengan modal TV kabel saja,bahasa sederhanan saja .atau yg bisa di mengerti.terima kasih…

  49. tugas tik :”tata cara sambungan internet melalui tv kabel
    nama :yuvita,dina,maya
    kelas ;9H

  50. surya leesmana berkata

    kurang details mas dan bacaan nya panjang bgnet

  51. trio beni berkata

    mas bisa bantu untuk order pemasangan ngak

  52. faRIDH berkata

    HMMM,,,,, MANK MODAL NY CUMAN BELI MODEM AJH EA,,,,

  53. edy susanto berkata

    saya minta tolong di kirim kan ke email saya gambar-gambar media koneksi karena disini tidak ada gambar media koneksinya

  54. hendy berkata

    bagus sekali …. share nya,
    tolong dong topologi nya . .aku skrg jalan kan RTRW net& Hotspot,
    pingin sy untuk memanjakan pelanggan sy ingin kembangkan sekaligus TV kabel + Internet…
    Apakah relefansinya ke pelanggan masih masuk . .(investasinya)
    di tempat sy Langganan internet dr sy 75rb Unlimited (128kbps)
    Langganan TV kabel 40rb/ bln. kacian kan pelanggan
    paling tidak 100rb all in.
    Tolong di email sj, suwun banget Mas/Pak

  55. bobi berkata

    setau saya kalow mau bisa internet lewat Tv kable kita berlangganan dlu kn di tv kable alatnya cuma modem dan pc aj! nanti ada spliter 2w,3w dan 4w…untuk dibagi ke tv dan modem..tersbut! sya mau tnya tlong bahas dari modem ke pc dengan detail!

  56. Layar-iT berkata

    Permisi semuanya ..
    Sepertinya tidak ada tanggapan ni pertanyaan2 dari mas admin.
    Atau ini hanya copas ? Makanya gk tau permasalahannya ??

    Saya akan bahas semuanya ini di
    http://www.layarit.blogspot.com

    Tolong mas admin beri balasan coment2x tu ..
    Thankx

  57. karmiarymanikan berkata

    kalau lewat hand phone bisa di trima enggak siaranya dengan dipotong pulzanya,dn gimna cara mendown loadnya. Trim,s

  58. delon berkata

    makasih ya kak berkat informasi ini saya bsa mngerjakan tugas TIK saya

    skali lgi trimakasih ya kak

  59. manadoparabola berkata

    Emang betul…pembahasannya masih kurang, tv cable plus inet itu sangat di dambakan, cuman pengelola tv cable di negara kita ini msh mikir-mikir dulu, modalnya gede banget lho, sekarang aja telkom yang plat merah dengan IPTV = tv cable plus inet blum menjangkau semua daerah, di ibukota juga blom semua tempat di layani….

  60. Andy berkata

    Saya pelanggan TV Cable and Internet dari First Media, saat ini jaringan internet lancar gak ada masalah, Jaringan TV cablenya juga sebenarnya lancar aja… TAPI.. ketika saya akan coba gunakan TV saya yg Sony, ternyata koneksi first media tidak kompatibel dengan TV saya… saya informasikan TV saya tipe : Bravia 46 inch, Model : KDL 46V5100, saya beli dan bawa dari USA, sebelumnya kami gunakan di USA gak ada masalah, dan karena memang baru, jadi kami bawa ke Indonesia ketika kami kembali. Pertanyaannya : Kenapa Jaringan TV cable first media dgn TV saya gak bisa connect.?? Jika diantara pembaca ada yang punya pengalaman serupa saya, mohon bisa di sharing ke saya. Dan bagi yang bisa membantu mengerjakan agar TV saya bisa connect dengan jaringan First Media dan bisa dipakai seperti TV lainnya mohon saya dikabari. untuk lebih cepat saya sertakan No Cell saya : 081398293071 (Andy). Atas kesediaannya saya ucapakan terima kasih.

    • de2kmas berkata

      setahu saya kalo model di USA itu kan TV buat NTSC dan di indonesia itu rata2 berjenis PAL,dan kemungkinan untuk perangkat FM belum support NTSC,dan semua produk seperti samsung,lg maupun sony sudah dibikin sesuai dengan negara yang akan dipasarkan perangkat itu,coba degh search di wikipedia untuk lebih jelas tentang PAL dan NTSC…CMIIW

      • rano berkata

        Dear mas Andi
        kebetulan saya bekerja di tv kabel internet di pekan baru,biasanya untuk tv merk apapun bisa conect ke tv cabel karna setahu saya
        pirst media adalah tv kabel digital,jadi conect nya melalui video,tinggal mas andi seting di tv pal ,PAL,NTSC,Atau di AUTO NYA saja
        terima kasih semoga membantu.

  61. ruhanda berkata

    Mas Andy,

    Mungkin format yang digunakan berbeda, di US biasanya NTSC sedangkan di sini biasanya PAL

  62. habib berkata

    WAH GAK NGERTI CARANYAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA

  63. lukman berkata

    mas mau tanya, kalau misal nya TV digital dengan menggunakan IP, bagaimana caranya IP tersebut bisa digunakan untuk siaran di internet /online seperti mivo TV.
    Mohon penjelasannya ya,???
    Terima kasih

  64. diana berkata

    apa keunggulannya???????

  65. Faqih berkata

    cara bikinnya gimana?
    https://cdrrpp.wordpress.com

  66. teguh pujo wirawan berkata

    tolong dikirim bagaimana cara membuat jaringan internet lewat tv kabel dan apa ja yang dibutuhkan?

  67. AndreVIIIA2 berkata

    THANGK VERY MUCH…..

  68. alfian berkata

    ,mas kurang lngkap tanpa barangx mas,,,,
    ,karna smbil saya praktekan,,,,

  69. susanto berkata

    mas,,kalau kita aktfin jaringan internet nya..utk nnton pkek tv kabel ny ada pengaruh gk?misal ny gangguan2 apa gto

  70. saya berkata

    jadi + bingung….

  71. aku seneng blog ini bisa ngebantu aku ngerjain tugas TIK, makasi ya

  72. purwanto berkata

    KANG GIMANA KALO MODEMNYA TANPA KABEL .

  73. naldas seru batu berkata

    bang….???akukan sdh punya sentral tv cable dan jg modem tinggal caranya modevikasi gimana.bang tolong ditampakkan alat apa saja /merk produk apa yg bisa kita pakai.kalau bisa struktyrnya juga sekalian gambarkan biar lebih jelas.trim’s bang balas cepat

  74. Salman. R berkata

    Bang gw gk punya tV cabel gmna

  75. jhony berkata

    mas… aku gak mau nanya mas…
    jangan dijawab ya…

    terima kasih…

  76. Hasan Langoday berkata

    Pelajari TV kabel dan buat sendiri Headend serta cara mengatasi troubleshot kunjungi : http://langoday.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 119 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: