Langkah Demi Langkah Install Android Di PC atau Laptop

JCD 220V 80W LCD Electric Soldering iron 908S Adjustable Temperature Solder iron With quality soldering Iron Tips and kits
Elecrow Automatic Smart Plant Watering Kit for Arduino Electronic DIY Garden Water Smart Plant Capacitive Soil Moisture Sensor

Setiap hari selalu ada aplikasi serta game baru yang bermunculan untuk sistem operasi Android. Sayangnya, kita tidak selalu bisa mencoba aplikasi dan game baru tersebut karena keterbatasan perangkat yang kita miliki. Akan tetapi, kita tetap bisa mengakalinya dengan cara instal Android di PC menggunakan emulator.

Ya, emulator Android merupakan solusi paling tepat untuk mengatasi keterbatasan memori atau spesifikasi pada perangkat Android kita. Dengan emulator ini kita bisa mencoba berbagai macam aplikasi ataupun game terbaru di perangkat PC ataupun laptop.

400ml Aroma Essential Oil Diffuser Ultrasonic Air Humidifier with Wood Grain 7 Color Changing LED Lights for Office Home
KBAYBO 550ml USB Air Humidifier Aroma Diffuser remote control 7 Colors Changing LED Lights cool mist maker Air Purifier for Home

Macam-Macam Android Emulator Untuk PC

Saat ini terdapat banyak aplikasi emulator Android yang bisa Anda coba. Meskipun fiturnya tidak sama persis dengan perangkat Android sesungguhnya, namun setidaknya kita bisa menjalankan berbagai aplikasi dan game di dalamnya. Berikut adalah beberapa program emulator Android yang bisa dijalankan di komputer:

  • BlueStacks

https://www.bluestacks.com/download.html

BlueStacks App Player merupakan program emulator Android yang paling banyak digunakan saat ini. Program yang sudah ada sejak bulan Oktober 2011 ini telah memiliki pengguna lebih dari 50 juta. Emulator BlueStacks ini akan menghadirkan tampilan tablet di layar PC Anda.

Hampir semua aplikasi Android dapat berjalan dengan baik pada program BlueStacks ini. BlueStacks akan secara otomatis mengubah konfigurasi emulatornya sesuai dengan kebutuhan spesifikasi dari aplikasi yang dijalankan. Untuk beberapa aplikasi dan game tertentu, Anda juga bisanya dituntut untuk memiliki spesifikasi komputer yang mumpuni untuk menjalankannya dengan lancar.

Selain dapat mengunduh aplikasi di Google Play Store, Anda juga bisa memilih aplikasi yang ingin dijalankan pada BlueStacks melalui tampilan menu awalnya secara langsung. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot untuk mencari aplikasi dan game ke situs lainnya. Program emulator BlueStacks ini dapat digunakan pada komputer dengan sistem operasi Windows XP, Vista, 7, 8, dan Mac OS X.

  • YouWave

Jika Anda sering menggunakan perangkat tablet, maka emulator YouWave ini sangat direkomendasikan untuk Anda. Ya, YouWave hadir dengan tampilan dan fungsi seperti tablet sesungguhnya. Sayangnya, untuk menggunakan YouWave ini Anda harus membeli lisensinya terlebih dahulu. Namun Anda tetap bisa mencobanyak terlebih dahulu secara gratis selama 10 hari.

YouWave sendiri hadir dengan dua versi yang berbeda yakni yaitu Basic Edition dan Home Edition. Basic Edition merupakan emulator yang menggunakan sistem operasi Android 2.3 Gingerbread. Sedangkan Home Edition sudah menjalankan OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich dengan fitur yang lebih lengkap.

Untuk cara instal Android di PC menggunakan YouWave, Anda dapat mengunduh berbagai aplikasinya secara langsung melalui Play Store. Selain itu YouWave juga mendukung toko aplikasi lainnya seperti 1Mobile dan Appoke Market. Anda juga dapat menginstal aplikasi berformat APK yang diunduh dari situs semacam Getjar, Slideme, dan lainnya.

  • Android-x86

https://www.android-x86.org/download

Berbeda dengan dua aplikasi sebelumnya yang hanya bisa dijalankan di dalam sistem operasi PC, Android-x86 dapat dijalankan layaknya sistem operasi PC itu sendiri. Ya, Anda dapat menjalankan Android-x86 dengan melakukan booting dari flashdisk ataupun menginstalnya langsung sebagai sistem operasi di PC Anda.

Jika tidak ingin melakukan dua cara di atas, Anda tetap bisa menjalankannya dengan menggunakan program VirtualBox. Berbagai versi sistem operasi Android sudah disediakan untuk Android-x86 ini, mulai dari yang lawas hingga OS Android 4.4 KitKat.

  • Jar of Beans

Program emulator aplikasi Android untuk PC selanjutnya adalah Jar of Beans. Program Jar of Beans ini merupakan emulator Android yang bersifat portable sehingga Anda tidak perlu repot menginstalnya jika ingin menggunakannya. Program ini juga bisa didapatkan secara gratis sehingga cocok bagi Anda yang sekadar mencoba-coba emulator Android.

  • AndroidSDK

https://developer.android.com/studio

AndroidSDK merupakan aplikasi emulator resmi yang dikeluarkan oleh Google. Aplikasi ini cukup rumit untuk digunakan karena memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap. Tidak hanya sebagai emulator saja, AndroidSDK juga biasa digunakan oleh para pengembang dan produsen ponsel untuk melakukan pengetesan aplikasi dan sistem yang mereka buat.

arena kerumitannya tersebut, aplikasi ini sangat tidak disarankan bagi para pemula, apalagi jika Anda hanya ingin mencoba fitur emulatornya saja. Namun jika Anda ingin menguasai pemrograman Android secara lebih lanjut, maka AndroidSDK menjadi aplikasi pertama yang harus Anda kuasai.

KBAYBO Electric Kitchen Water Heater Tap 3000WInstant Hot Water Faucet Heater Heating Faucet Tankless Instantaneous Water Heater
Oral B Electric Toothbrush Heads For Rotary Electric Toothbrush 4pc/Pack Replaceable Teeth Brush Heads

Cara Menggunakan BlueStacks

Dari berbagai macam aplikasi emulator di atas, BlueStacks merupakan aplikasi yang paling mudah digunakan. Namun karena BlueStacks akan secara otomatis menyesuaikan spesifikasi untuk setiap aplikasi, maka kita juga harus memiliki PC atau laptop yang mumpuni untuk menjalankannya. Berikut adalah kebutuhan spesifikasi dari BlueStacks:

  • Processor 1 GHz atau lebih.
  • RAM 2 GB atau lebih.
  • Kapasitas hard disk minimum 800 MB.
  • OS Windows XP, Vista, 7, 8 (32 dan 64 bit).

Pastikan Anda memiliki komputer yang sudah memenuhi spesifikasi tersebut. Jika tidak, beberapa aplikasi atau game yang Anda mainkan akan berjalan kurang lancar alias nge-lag. Jika sudah memenuhi persyaratan di atas, mari kita simak langkah-langkah untuk menginstal BlueStacks di PC:

  • Download BlueStacks

Pertama-tama, tentunya Anda harus mengunduh aplikasi BlueStacks App Player terlebih dahulu. Silahkan unduh aplikasinya di sini.

  • Install

Setelah proses pengunduhan selesai, klik file installer untuk mulai memasang aplikasi BlueStacks ini. Klik “Continue” pada jendela pertama untuk melanjutkan. Pada jendela selanjutnya, ceklis opsi App Store access dan App Notification agar BlueStacks dapat bekerja secara maksimal.

Setelah itu klik tombol “Install”. Proses instalasi kemudian akan berjalan selama beberapa waktu tergantung dari spesifikasi komputer yang Anda gunakan.

  • Instal Aplikasi Android

Setelah proses instalasi selesai, kini Anda dapat mulai menginstal berbagai macam aplikasi dan game Android yang Anda inginkan. Caranya, klik search bar di sebelah kanan atas kemudian ketik nama aplikasi atau game tersebut. Setelah hasilnya muncul, klik tombol “Install”.

Setelah itu, Anda akan diberikan pilihan dari toko aplikasi mana Anda ingin mengunduhnya, apakah 1Mobile, GetJar, Amazon Apps Store, atau Google Play Store. Anda dapat langsung mengunduh aplikasi dari 1Mobile dan GetJar, sedangkan untuk Amazon dan Google Play Anda harus sign-in terlebih dahulu dengan akun yang Anda miliki.

Pilihlah salah satu toko tersebut kemudian klik tombol “Install”. Setelah proses instalasi selesai, Anda kini dapat menjalankan aplikasi dan game tersebut secara langsung di PC. Anda juga dapat mengakses semua aplikasi dan game Android yang telah diinstal di BlueStacks melalui menu “My Apps”

ika Anda memiliki PC atau laptop dengan layar sentuh, maka Anda akan benar-benar merasa seperti menggunakan tablet ketika mengoperasikan emulator BlueStacks ini. Terlebih, emulator ini juga menampilkan tombol softkey di bagian bawah layar seperti layaknya tablet sungguhan.

Itulah cara muda mengisntal dan menjalankan aplikasi Android untuk PC dengan bantuan emulator. Dengan emulator tersebut, kini Anda dapat mencoba berbagai macam aplikasi populer semacam Path dan BBM di PC tanpa perlu memiliki smartphone atau tablet Android. Selamat mencoba cara instal Android di PC!

Sumber : https://carisinyal.com/cara-instal-android-di-pc/

125mm Floating House Number Letters Big Modern Door Alphabet Home Outdoor 5 in.Black Numbers Address Plaque Dash Slash Sign #0-9
Micoe Basin Faucet Bathroom Deck Mounted Ceramic Plate Spool Faucet Contemporary Waterfall Made Cold And Hot Water Basin Fauce
200Pcs Copper Washer Gasket Nut and Bolt Set Flat Ring Seal Assortment Kit With Box M5/M6/M8/M10/M12/M14 for Sump Plugs Water

Tinggalkan komentar