myDeden.Kom

Pemulung yang Berusaha Memanfaatkan Limbah Sebaik Mungkin

Apa itu DirectX ?

Posted by kang deden pada 17 Juli, 2007

Sejarah DirectX
Setiap game perlu melakukan tugas tertentu secara berulang-ulang. Ia perlu melihat input dari mouse, joystick, atau keyboard, dan ia perlu menampilkan gambar layar dan memutar suara atau musik. Itulah yang dilakukan setiap game pada tingkat yang paling sederhana.
Bayangkan seberapa kompleks ini bagi programer pada awal arsitektur PC sebelum Windows. Setiap programer perlu membuat cara mereka sendiri dalam membaca keyboard atau mendeteksi apakah joystick terhubung, dan hanya digunakan untuk bermain game. Bahkan diperlukan rutin khusus untuk menampilkan gambar paling sederhana pada layar atau memutar suara sederhana.

Pada dasarnya, programer game berbicara secara langsung ke hardware PC pada tingkat dasar. Pada waktu Microsoft memperkenalkan Windows, itu merupakan sangat penting bagi stabilitas dan kesuksesan PC di mana sesuatunya dipermudah baik bagi pengembang dan pemain. Lagipula, siapa yang mau menulis game untuk suatu mesin jika mereka harus menemukan kembali rodanya setiap kali mereka membuat game baru? Ide Microsoft adalah sederhana: hentikan programer berbicara secara langsung kepada hardware, dan sebagai gantinya buat toolkit umum yang dapat mereka gunakan. Dari sini lahirlah DirectX.

Teknologi ini kali pertama diperkenalkan pada tahun 1995 dan menjadi standar untuk pengembangan aplikasi multimedia pada platform Windows. 

Bagaimana DirectX Bekerja?
Secara mendasar, DirectX merupakan interface antara hardware dalam PC Anda dan Windows itu sendiri, yang merupakan bagian dari Windows API (Application Programming Interface).
Mari lihat contoh praktis. Pada waktu pembuat game ingin memutar file suara, ini hanyalah masalah menggunakan fungsi library yang sesuai. Pada waktu game berjalan, ia memanggil DirectX API, yang akan memutar file suara. Pembuat game tidak perlu tahu jenis sound card apa yang dihadapi, apa yang dapat dilakukannya, atau bagaimana berbicara kepadanya. Microsoft telah menyediakan DirectX, dan pabrikan sound card telah menyediakan driver yang berkemampuan DirectX. Ia menanyakan suara yang ingin dimainkan, hanya itu—pada mesin apapun ia dijalankan.

Dari sisi kita sebagai gamer, DirectX juga memberikan kemudahan yang besar—paling tidak secara teori. Anda menginstal sound card baru di tempat yang lama, yang datang dengan driver DirectX. Lain waktu memainkan game Anda masih dapat mendengar suara dan musik, dan Anda tidak perlu melakukan perubahan konfigurasi yang kompleks.

Pada awalnya, DirectX hanyalah toolkit sederhana: hardware masa awal terbatas dan pada waktu itu hanya dibutuhkan fungsi grafis yang sederhana. Seiring dengan perkembangan hardware dan software yang semakin kompleks, demikian juga DirectX. Ia sekarang lebih dari sekadar toolkit grafis, dan ia telah meliputi banyak rutin yang menangani semua jenis komunikasi hardware.

Sebagai contoh, rutin DirectInput dapat menangani semua jenis perangkat input, dari mouse sederhana dengan dua-tombol sampai flight joystick yang kompleks. Bagian lain adalah DirectSound untuk perangkat audio dan DirectPlay yang menyediakan toolkit untuk bermain game secara online atau multiplayer. 

Versi DirectX
Versi DirectX terakhir yang saya  tahu adalah DirectX 9.0c. Ia berjalan pada semua versi Windows dari Windows 98 sampai Windows Server 2003. Namun, ia tidak dapat dijalankan pada Windows 95: jika Anda mempunyai komputer yang menjalankan Windows 95, Anda sudah mentok pada versi 8.0a. Windows NT 4 juga membutuhkan versi tertentu—yaitu DirectX 3.0a.
Dengan banyaknya versi DirectX yang tersedia beberapa tahun belakangan, adalah sulit untuk mengetahui versi mana yang Anda butuhkan. Secara keseluruhan, semua versi DirectX backwardly compatible—game yang membutuhkan DirectX 7 akan dapat berjalan pada versi yang lebih baru, tetapi tidak dengan yang lebih lama.

Banyak game yang secara eksplisit menyatakan bahwa mereka membutuhkan DirectX 9, dan tidak dapat berjalan jika versi terbaru belum diinstal. Ini karena mereka menggunakan fitur baru yang terdapat pada versi tersebut, walaupun developer malas sering menggunakan versi paling terakhir untuk game yang bersangkutan, padahal tidak menggunakan satupun peningkatan baru yang ada. Namun pada umumnya, jika suatu game terikat versi tersebut, Anda perlu meng-upgrade sebelum bermain. Peningkatan pada kode DirectX berarti peningkatan pada banyak game pada waktu Anda meng-upgrade ke DirectX terakhir 

Analisis Masalah DirectX
Menganalisis masalah instalasi DirectX dapat menyulitkan, terutama jika Anda tidak mengetahui bagian mana yang menyebabkan game tidak dapat dimainkan. Untungnya, Microsoft menyediakan utility bernama DirectX Diagnostic Tool. Anda tidak akan menemukan tool ini pada Start Menu pada Windows versi berapapun, dan masing-masing cenderung menginstal pada tempat yang berbeda.
Cara paling mudah untuk menggunakannya adalah dengan membuka dialog Run dari Start Menu, ketik dxdiag dan kemudian klik OK. Pada waktu pertama dijalankan, ia membutuhkan beberapa detik untuk menanyai instalasi DirectX dan memeriksa jika ada masalah.

Tab DirectX File menampilkan versi setiap file yang digunakan. Notes pada bagian bawah perlu Anda lihat, karena file yang hilang atau terkorupsi akan ditandai di sini. Tab Display, Sound, Music, Input, dan Network semua berhubungan dengan bagian tertentu dari DirectX, dan semua kecuali tab Input menyediakan tool untuk mengetes fungsi hardware. Yang terakhir, tab More Help memberikan cara mudah untuk menjalankan DirectX Troubleshooter, cara Microsoft dalam memecahkan masalah umum DirectX.

Meng-upgrade DirectX
Semua versi Windows yang tersedia datang dengan DirectX sebagai komponen inti sistem yang tidak dapat dihilangkan. Namun, banyak game baru membutuhkan versi paling terakhir supaya dapat berjalan dengan baik atau supaya dapat dijalankan.
Biasanya, tempat terbaik untuk menginstal DirectX versi terbaru adalah dari situs Web Microsoft, yang dapat ditemukan di www.microsoft.com/windows/directx. Anda dapat men-download installer sederhana yang nantinya akan men-download komponen yang perlu diinstal oleh sistem, atau men-download langsung paket lengkap untuk instalasi secara offline. Salah satu sumber lain dari DirectX adalah game itu sendiri. Jika game membutuhkan suatu versi tertentu, itu akan ada di CD instalasi dan mungkin otomatis diinstal oleh installer game tersebut.

Sumber : http://dosen.palcomtech.ac.id 

About these ads

41 Tanggapan to “Apa itu DirectX ?”

  1. genta said

    makasih mas, artikele buat aku ngerti apa guna directX sebenernya. Sebelume cuman ngikut maen2 dxdiag :D

  2. supri said

    aku malah belum ngrti lho ma penjelasan nya poin2 nya aja mas,

  3. slamet said

    mas, kalau directx terdapat file yang corrups, langkah apa yang bisa kita lakukan.

  4. Willy said

    Saat ini beberapa Graphic card dah menggunakan DirecX 10 contoh yang gw tau ATI HD series CrossFire edition dan nVidia Geforce seri 8800 Sli terbaru juga dah megunakan directx 10.

    Apa lagi yang udeh di setting CrossFire or Sli tambah mantap kerjanya. 1 untuk phisics 1 untuk render. Jadi kaga kerja keras kalo cuma sendirian. 1 card kerja sbg render and phisics.

  5. agigi said

    terima kasih atas informasi yang anda berikan

  6. aden said

    terima kasih banyak atas informasi yang bermanfaat ini, saya sangat senang sekali.

  7. ADON said

    Mas,koq setiap selesai instal directx 9.0c,tapi directx dikomputer tetap yg 9.0b,gimana neh, ap yang salah dlm mengistalnya,trs gimana neh?,.

  8. wanto said

    masih ga ngerti pak.. saya ga bisa instal directX 9.0c, kejadiannya sama kaya adon

  9. Puji said

    Tetep ja mas msh binggung…
    Komputer saya pake windows 2003
    padahal directx 9oc udh d’install..tp tetep aj ga bs buat maen game…
    Apa ada masalah ma componen directx’nya?

    Wlu udh d’install directx 9oc ga t’detecsi sama game’ny. . .
    Tolong ya mas kasih solusinya..
    Makasih. .

  10. DirectX 10 itu yang terbaru ya??apa masih ada yang paling baru?

  11. Franky said

    Alo mas,
    Saya mau nanya neh. Kemarin saya nyoba2 instal dierectx 10. Kemudian setelah bebrapa hari, ada masalah dengan laptop saya. Kog harddisk saya malah gak mau di defrag?
    Kemudian saya uninstal dierectx ao nya dengan program directx emulator, kemudian di minta restart.
    Setelah restart saya rolling back lagi directx nya dengan meminta dari cd room kog gak bisa ya.
    dia bilang begini “ERROR : COULD NOT FIND DXDIAGN.DLL”. Mohon bantuannya ya MAs.

    Terima Kasih

  12. Franky said

    Terus Mas,
    Saya mau nanya juga neh.
    Kenapa ya harddisk saya gak mau di defrag?

    Thanks

  13. idham said

    mas mw tanya ney…

    terus bedanya antara directX sama openGL apa?

  14. Nhunhu said

    kemarin saya download cyberlink power DVD 6 ,
    tapi pas saya instal ga bisa ,
    trus ada tuLisannya “please install DirectX 9 or above before installing powerDVD. setup will abort.”
    gimana tuh ??

  15. khairur said

    tenk yu mas semoga dg bantuan mas sy bisa menggunakannya

  16. ADA AJAH ^_^ said

    setauku DireX 10 yg terbaru kalo yg 11 bayak yg dicampur virus

  17. yudha said

    kq udah pake DirectX 9.0c di windows XP.. game ga bisa di install.. ada problem teruss.. folder.a berbentuk virus.. crack.a ga bisa di buka ?

  18. wahyu purnama said

    wah, nice tutor nie. tengkyu….

  19. ridwan said

    munanyani…
    kl win 7 perlu directx gak? so’alnya laptopku tak kasih win7 trs tak instal drivernya tapi tampilannya kok malah lonjong. mohon bantuannya.jawaban dikirim ke email juga gak ap2.

    sebelumnya terimakasih.

  20. randy said

    mas. ni aku bka warnet and pengen naruh game di panduan isntal gamenya it suru instal direx9.oc dulu gunanay biar apa sih ????????

  21. virtual said

    saya ada sedikit problem mengenai install offline directX 10 Yang terbaru.. saya hanya dapet dari microsoft.com ..komputer saya dualcore windows xp professional service pack 1.. Saya coba install directx nya kok nggak bisa dan tampil notice ‘THE SOFTWARE YOU ARE INSTALLING HAS NOT PASSED WINDOWS LOGO TESTING TO VERIVY ITS COMPATIBILITY WITH WINDOWS XP. (TELL ME WHY THIS TESTING IMPORTANT) THIS SOFTWARE WILL NOT BE INSTALLED. CONTACT YOUR SYSTEM ADMINISTRATOR’ begitu… ini masalahnya apa dari windows atau versi windowsnya? atau mungkin yang saya download itu directx milik windows vista-? Mohon bantuannya lewat email. Terimakasih indra.Satriawan@gmail.Com

  22. Budi said

    mau tanya donk….
    directx 9.0c ganti directx 8.1 basa gak ya???
    soal nya lagi mau main game tantra nich !^ thx b4 “,

  23. Budi said

    mau tanya donk….
    directx 9.0c ganti directx 8.1 basa gak ya???
    soal nya lagi mau main game tantra nich !^ thx b4 “,

    mohon bantuannya lewat email : budi_mulyana@yahoo.com

  24. Budi said

    mau tanya donk….
    directx 9.0c ganti directx 8.1 basa gak ya???
    soal nya lagi mau main game tantra nich !^ thx b4 “,

    microsoft windows xp
    pentium(R) 4 1.80Ghz
    256MB ram ( directx harus 8.1 =( )

    mohon bantuannya lewat email : budi_mulyana@yahoo.com

  25. indra said

    maksih buat infonya. . . jadi ngrti knp g semua game bisa diinstal ke komputerQ

  26. dhani said

    oh… pantesan game yang q install gkk bsa jln, hahaaha
    bru tahu q

  27. Danny said

    OS nya yg mesti di upgrade kalo mau ada directx yg versi baru…kalo OSnya masih jadul g bisa kan bisa atuh…..win XP SP2 itu sudah directx 9, win7 directx 11….

  28. igjepara said

    mantav bos infonya.. trims

  29. nivi astrio said

    knpa saya tidak bisa telepon vidio di facebook ya,,,
    saya mnta bantuan dari fb kata nya directx nya,,,
    saya gak ngerti,,,

  30. Irkham said

    mkasih atas informasinya … kalo boleh tau … direct yg mna yg cocok bwat semua game ????

  31. ary said

    nice inpo gan,bermanfaat sekali

    • Renggan said

      wah.. Manfaat bgt nih bwt ane..
      BTW ini blog udah Lama bgt.. Tp penulisnya ga bls pertanyaan pengunjung blog :)

  32. yogo said

    mo tanya nih..kalo direct 10 ada nda?trims sbelumny..

  33. stefio zaseca said

    gan trims banget buat infonya, jadi ane lebih tahu arti dirext itu!

  34. saya aja said

    artikel yg bermanfaat, thx bro..

  35. Dini Eka Fajarsari said

    Wah, untung nemu artikel ini, jadi ngerti directx itu apa..Kebetulan anak saya suka main game di komputer, jadi artikel ini sangat membantu dan bermanfaat sekali… Terima kasih atas sharing info dan ilmunya bro.. =) *2 thumbs up*

  36. andrean said

    dirext terakhir saat ini adalah dirext 11.dengar-dengar dirext 11.1 akan muncul bersama windows 8, tapi sampai saat ini windows 8 pun masih memakai dirext 11 sama dengan windows 7.terimakasih gan info dirextnya…..

  37. refla said

    kakak2 yg ganteng and yg kece ,ada yg tau gk knph komputer saya gak bisa buat memain kan smua game kcuali game windows ..??

    smenjak sya baru ganti windows xp nihhh jadi kya gnihh … :(
    klo ada yg tau jwaban nya kasih tau yahhhhh …!!!

    thank’s

  38. FBR 213 said

    Gan kenapa y kalo directx 7.0a diinstal di win xp sp3 pasti gk mau ?? dan kalo di win 7 gk mau juga gan … mohon bantuannya . soalx buat driver stick game ane yg menggunakan convertor usb.

  39. ijin repost bang :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 124 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: