Gimana Sih Kerjanya Flash Disk ??

Flashdisk sering disebut sebagai USB Drive, Pen Drive, Pocket Drive, atau microdisk. Di dalam perangkat ini, tertanam controller dan memori penyimpan data yang bersifat non – volatile alias tidak akan hilang meskipun tidak terdapat daya listrik. Komponen flashdisk lebih sederhana dan relative lebih sedikit dibandingkan dengan hardisk . Hal ini disebabkan karena flashdisk tidak memerlukan piringan, motor, atau part lain yang berkerja secara mekanik. Umur flashdisk saat ini berkisar 10 tahun (masa pemakian normal). Tips buat anda penggunaan flashdisk pada system operasi Windows Me/2000/XP menyarankan pelepasan flashdisk dengan cara yang aman (Safe Removal). Hal ini untuk menghindari data yang masih tersisa dan belum tertulis dari memori cache ke flashdisk. Pencabutan flashdisk secara mendadak dapat mengakibatkan data yang belum selesai ditulis menjadi rusak. Memutus koneksi dengan cara aman akan memperpanjang umur flashdisk karena hubungan baca/tulis antara komputer dan flashdisk diamankan terlebih dulu dan hubungan listrik singkat (yang dapat merusak komponen flashdisk) dapat dicegah.

19 tanggapan untuk “Gimana Sih Kerjanya Flash Disk ??

    1. saya belum terlalu yakin bahwa flash disk yang kecil anak ko bisa menyimpan data?????????????? mohon penjelas yang lebih lanjut………….

  1. Kalo di windows XP fdisk bisa langsung dicabut aja. asal lg ga ada activitas transfer data di fdisk atau tunggu ampe transfer data/copy data selesai. kalo di windows 98 dan 2000 baru deh, sebelom dicabut di matiin dulu ( safe removal)

  2. Yth. Kang Deden
    Mohon agar setiap tanggapan yang bersifat pertanyaan dari artikel Akang
    agar dapat langsung dijawab. Terima kasih

  3. mas aku mau tanya, aku punya flashdisk merknya kingston kuranya 2 GB. pas saya colok ke pc terdetek oleh windows secara normal. Pas saya coba masukkan data ke fd juga lancar2 ajah. Tp keanehan muncul pas fd dicabut terus dicolok lagi, data2 yang dimasukkan tadi hilang malah di fd jadi ada banyak file2 dengan nama tdk jelas dengan ukuran sampai 400 GB (Aneh kan, padahal fd ku cuma 2GB). Sebelum nyabut fd aku sudah klik hardware safely remove dan windows juga sudah ngasih notifikasi aman untuk mencopot perangkat. kenapa ya mas, mohon pencerahanya ke email aku ajah: andri.priyanto2008@gmail.com

    makasih atas perhatianya…

  4. mas,, mau tanya nih ttg flaskdisk …
    1. unsur utama pembangun memori tsb
    2. bagaimana logika 0 & 1 disimpan dimemori tsb
    3. bgimana 0 & 1 disusun d memori tsb
    4. bgimana tknologi pngaksesan datanya (membaca & menulis)
    mohon pncerahan y ya mas…
    trims’

  5. Ga ada hubungannya safe removal dengan arus listrik,coba pake test pen,intinya safe removal itu hanya untuk memutus koneksi data yang masih berjalan,antara hardware dengan windows explore kita dan sistem yg mendeteksi semua driver flashdisk. Jadi intinya,ga akan ada masalah anda mencabut langsung flashdisk anda dari komputer tanpa melalui safe removal.

Tinggalkan komentar